KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING DITENGAH WABAH COVID-19

Arga Satrio Prabowo, Putri Dian Dia Conina, Evi Afiati, Alfiandy Warih Handoyo

Abstract


Pengalihan pembelajaran daring dengan memanfaatkan jaringan internet dan berbagai aplikasi pembelajaran yang mendukung tentu memerlukan berbagai keterampilan, keahlian, komitmen, dan regulasi diri yang baik sehingga guru memiliki kesiapan untuk menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Sampel dari penelitian ini adalah guru yang mengajar di sekolah yang berada di wilayah Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, dan Provinsi Jawa Barat yang berjumlah 257 orang, dan akan dipilih secara convenience. Analisis penelitian yang digunakan pada penelitian yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap responden penelitian, hanya 14.78% responden penelitian yang siap menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Sementara itu, 70,42% responden merasa kurang siap, dan sisanya 14,39% merasa tidak siap untuk melaksanakan pembelajaran secara daring.


Keywords


Pandemi Covid-19, Kesiapan Guru, Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Achmad, A. F. (2020). Literasi Digital Indonesia Ketinggalan Jauh di Dunia. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia. Retrieved from https://inet.detik.com/cyberlife/d-4933782/literasi-digital-indonesia-ketinggalan-jauh-di-dunia

Borotis, S., & Poulymenakou, A. (2004). e-Learning Readiness Component : Key Issue to Consider Before Adopting e-learning Intervention. Retrieved from www.eltrun.gr: http://www.eltrun.gr/papers/eLReadiness_ELEARN2004.pdf

Dianawanti, V. (2020, April 13). Riset Tunjukan Gaya Hidup Orang Indonesia Berubah Karena Virus Corona Covid-19. Retrieved April 13, 2020, from Liputan6: https://www.liputan6.com/bola/read/4225707/riset-tunjukkan-gaya-hidup-orang-indonesia-berubah-karena-virus-corona-covid-19

Hashim, H., & Tasir , Z. (2014). E-Learning Readiness: A Literature Review. Johor Bahru, Malaysia.

Hootsuite & We Are Social. (2020). Digital 2020 Indonesia. New York: Hootsuites & We Are Social.

Hung M.-L., (2015). Teacher Readiness for Online Learning: Scale Development and Teacher Perception. Computers & Education. doi:10.1016/j.compedu.2015.11.012.

Kaur , K., & Abas, Z. (2004). An Assessment of e-Learning Readiness at the Open University Malaysia. International Conference on Computers in Education (p. 42). Melboune: ICCE.

Kerlinger, Fred N. 2004. Asas-asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta : UGM Press.

Nasir, M. (2019, Mei 2). Baru 20 Perguruan Tinggi Terapkan E-learning. Retrieved from www.medcom.id: https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/8kowxwWk-baru-20-perguruan-tinggi-terapkan-e-learning

Sugilar. (2014). Pemanfaatan UT-Online Untuk Mahasiswa Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 15(1), 43-53.

Suharwoto, G. (2020, Desember 4). Mayoritas Guru di Indonesia 'Gaptek'. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia. Retrieved April 25, 2020, from https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/akW5D04N-mayoritas-guru-di-indonesia-gaptek




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v5i2.10107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By