PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULASI TERHADAP SIKAP KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK

Taufik Agung Pranowo, Iis Lathifah Nuryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMK Islam Sudirman, 2) untuk mengetahui kondisi sikap kewirausahaan siswa di SMK Islam Sudirman dan 3) untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik simulasi terhadp sikap kewirausahaan siswa di SMK Islam Sudirman. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan model eksperimen. Populasi dalam penelitiani ini berjumlah 110 siswa kelas X, sedangkan sampel penelitian berjumlah 10 siswa. Analisis data menggunakan rumus Wilcoxon. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMK Islam Sudirman sudah berjalan tetapi belum terfokus pada pengembangan perilaku secara khusus hanya terfokus pada peningkatan siswa untuk mengikuti tata tertib, 2) Kondisi sikap kewirausahan yaitu 32 (untuk nilai tertinggi) dan 6 (nilai terendah) untuk sikap kewirausahaan, dan 3) Hasil pelaksanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi menunjukkan diperoleh hasil asymp sig sebesar 0,03<0,05. Kesimpulan penelitian ini, bahwa bimbingan kelompok dengan teknik simulasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap kewirausahaan siswa di SMK Islam Sudirman.

Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik simulasi, sikap kewirausahaan

Keywords


imbingan kelompok, teknik simulasi, sikap kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Alma, B. 2010. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Nurihsan, A. J. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Program Pendidikan Profesi Konselor Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNP.

Suryana, Y., Dan Bayu, K. 2010. Kewirausahaan: Pendekatan dan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Prenada Media Group: Jakarta.

Suryana. 2011. Kewirausahaan (Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses). Jakarta: Salemba Empat.

Tarmizi. 2010. “Program Bimbingan Karir untuk Mengembangkan Sikap Wirausaha Siswa SMA”. Tesis. Bandung: Program Bimbingan dan Konseling Sekolah Pascasarjana UPI.

Winkel, W. S. Dan Hastuti, S. 2010. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v5i2.10112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.