PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP LAYANAN DAN PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Feri Rahmawati, Alfiandy Warih Handoyo

Abstract


Salah satu permalasahan utama dalam layaanan BK di SMPN 22 Kota Serang adalah belum pernah memiliki guru BK. Dampak yang muncul dari tidak adanya guru BK adalah minimnya pemahaman peserta didik mengenai fungsi dan peran BK. Tujuan dari penelitian ini adalah meingkatkan gambaran dan pemahaman siswa tentang layanan BK di SMPN 22 Kota Serang. Tindakan yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah sosialisasi program dan aplikasi layanan BK. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pra eksperimen dengan melibatkan 138 peserta didik lintas kelas yang dipilih secara acak. Hasil penelitian membuktikan bahwa dari 5 aspek semua mengalami peningkatan hanya pada aspek layanan konseling yang peningkatannya tidak terlalu signifikan. Terbukti layanan sosialisasi bisa meningkatkan pemahaman siswa terhadap layanan BK.

 

Kata Kunci: Layanan BK,  Sosialisasi, Pemahaman siswa


Keywords


Layanan BK, Sosialisasi, Pemahaman siswa

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2002). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative. Prentice Hall Upper Saddle River, NJ.

Darmawani, E. (2018). Metode Ekspositori dalam Pelaksanan Bimbingan dan Konseling Klasikal. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 30–44.

Desmita, D. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik. Remaja Rosdakarya.

Farozin, M. (2012). Pengembangan Model Bimbingan Klasikal untuk Meningkatan Motivasi Belajar Siswa SMP. Cakrawala Pendidikan, 1, 86382.

Indonesia, P. P. R. (2005). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayakan. (2016). PEDOMAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH.

Mahanggi, D. R. A., Nusantoro, E., & Kurniawan, K. (2014). Kebijakan Kepala Sekolah Terhadap Pelayanan Bimbingan Konseling di SMA Negeri Se-Kabupaten Purbalingga. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1).

Mulyani, N. (2019). Pengembangan profesionalisme guru pada mtsn 1 serang melalui peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 87–96.

Nursallim, M., Pratiwi, T. I., & Setiawati, D. (n.d.). STUDI TENTANG ALOKASI JAM MASUK KELAS BAGI BK DAN DAMPAKNYA DI SEKOLAH MENEGAH NEGERI SE-KECAMATAN SUMBERREJO BOJONEGORO.

Prastuti, A., & Naqiyah, N. (2018). Pengembangan Modul Pengenalan Karier Bagi Siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar Negeri Wiyung 1 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 8(2).

Rahman, A. (2015). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Belajar di SMK Negeri 1 Loksado. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 1(3).

Safithry, E. A. (2015). Peran Bimbingan Dan Konseling Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas VII-8 SMPN 3 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2014/2015. Anterior Jurnal, 14(2), 171–179.

Saragi, M. P. D., Iswari, M., & Mudjiran, M. (2016). Kontribusi Konsep Diri Dan Dukungan Orangtua terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Koselor: Jurnal Profesi Konseling, 5(1), 1–14.

Sepfitri, N. (2011). Pengaruh dukungan sosial terhadap motivasi berprestasi siswa MAN 6 Jakarta.

Shurur, M. (2015). Hubungan Antara Keterbukaan Diri (Self Disclosure) dan Intensi Memanfaatkan Layanan Bimbingan Konseling Terhadap Perilaku Agresif. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(4).

Sidik, F. (2016). Guru Berkualitas Untuk Sumber Daya Manusia Berkualitas. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 109–114.

Ummah, K., Ilyas, A., & Sukma, D. (2013). Layanan Informasi Oleh Guru BK untuk Mengetahui Persepsi Siswa Tentang Penginformasian Hasil Tes Inteligensi. Konselor, 2(1).

Yulmi, D., Efni, C. E., Ulfah, S., Dinung, A., & Krimah, H. (2017). Kerjasama Personil sekolah dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v5i2.10113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.