GAMBARAN TINGKAT PTSD GURU SELAMA MASA PEMBELAJARAN ONLINE LEARNING

Alfiandy Warih Handoyo, Sigit Setiawan

Abstract


Artikel ini merupakan survey terhadap tingkat stres guru fisika selama melakukan online learning. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah melihat gambaran tingkat PTSD para para guru di wilayah Provinsi Banten. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metiode survey online dan berdasarkan hassil survey terdapat 30 orang responden yang mewakili beberapa wilayah Provinsi Banten. Hasil survey menunjukkan bahwa dari 6 gejala tahapan stres, tahap 1 dialami oleh 9 orang atau 30% partisipan. Gejala tahap 2 menjadi gejala yang paling banyak dialami yaitu 24 orang atau sekitar 80 %. Gejala tahap 3 juga dialami oleh sebagian besar partisipan yaitu 18 orang atau 60%. Gejala tahap 4 dialami oleh 13 orang atau 43,33%. Sejala stres tahap 5 dan 6 merupakan gejala yang paling sedikit dialami yaitu 8 dan 3 orang atau hanya 26,33 % pada tahap 5 dan 10% pada tahap 6.

Keywords


Stres, Guru, Belajar Daring

Full Text:

PDF

References


Afiati, E., Handoyo, A. W., Muhibah, S., & Al Hakim, I. (2020). TERAPI BERMAIN BAGI SISWA KORBAN BENCANA TSUNAMI DI KECAMATAN SUMUR BANTEN. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(1).

Agung, I. M. (2020). Memahami Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Psikologi Sosial. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 68–84.

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I), 6. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-7-I-P3DI-April-2020-1953.pdf

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.

Astini, N. K. S. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255.

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 112934.

Chakraborty, D., & Yolmo, N. L. (2020). Fright of Covid-19 and its Future: A Review. J Palliat Care Med, 10(369), 2.

Daschmann, E. C., Götz, T., & Stupnisky, R. H. (2011). Testing the predictors of boredom at school: Development and validation of the precursors to boredom scales. British Journal of Educational Psychology, 81(3), 421–440.

Eren, A. (2016). Unidirectional cycles of boredom, boredom coping strategies, and engagement among prospective teachers. Social Psychology of Education, 19(4), 895–924.

Gray, C., Wilcox, G., & Nordstokke, D. (2017). Teacher mental health, school climate, inclusive education and student learning: A review. Canadian Psychology/Psychologie Canadienne, 58(3), 203.

Hakim, G. R. U., Tantiani, F. F., & Shanti, P. (2017). EFEKTIFITAS PELATIHAN MANAJEMEN STRES PADA MAHASISWA. Jurnal Sains Psikologi, 6(2), 75–79.

Handoyo, A. W. (2017). EFEKTIVITAS PELATIHAN PENGASUHAN ANAK BAGI IBU KORBAN ERUPSI MERAPI. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hanum, L., Daengsari, D. P., & Kemala, C. N. (2016). Penerapan Manajemen Stres Berkelompok dalam Menurunkan Stres pada Lanjut Usia Berpenyakit Kronis. Jurnal Psikologi, 43(1), 42–51.

Hanurawan, F. (2012). Strategi pengembangan kesehatan mental di lingkungan sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 14(2), 93.

Harding, S., Morris, R., Gunnell, D., Ford, T., Hollingworth, W., Tilling, K., Evans, R., Bell, S., Grey, J., & Brockman, R. (2019). Is teachers’ mental health and wellbeing associated with students’ mental health and wellbeing? Journal of Affective Disorders, 242, 180–187.

Hawari, D. (2011). Manajemen Stres, Cemas, dan Depresi. Balai Penerbit FK UI.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa.

Matthiesen, S. B., & Einarsen, S. (2004). Psychiatric distress and symptoms of PTSD among victims of bullying at work. British Journal of Guidance & Counselling, 32(3), 335–356.

Mumtaz, N., Saqulain, G., & Mumtaz, N. (2020). COVID-19 Rehab Fright Management. Pakistan Journal of Medical Sciences, 37(1).

Nimrod, G., & Rotem, A. (2010). Between relaxation and excitement: Activities and benefits gained in retirees’ tourism. International Journal of Tourism Research, 12(1), 65–78.

Nurpina, S. (2016). Pengaruh Penghargaan (Reward) Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Kerja Guru SMA Negeri Di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 1337–1345.

Parker, P. C., Perry, R. P., Chipperfield, J. G., Hamm, J. M., & Pekrun, R. (2018). An attribution-based motivation treatment for low control students who are bored in online learning environments. Motivation Science, 4(2), 177.

Putri, H. E. (2018). PENGARUH TEKANAN KETAATAN DAN SELF-EFFICACY TERHADAP AUDIT JUDGMENT DENGAN KOMPLEKSITAS TUGAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA BPK RI PERWAKILAN SUMATERA BARAT). Jurnal Akuntansi, 6(3).

Rahman, F. A., & Bhakti, C. P. (2020). Implementasi Eksplorasi Karier Siswa di Era New Normal. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 36–42.

Ramadhana, M. R. (2020). MEMPERSIAPKAN KETAHANAN KELUARGA SELAMA ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Kependudukan Indonesia, 61–68.

Ramadhani, M., & Ardias, W. S. (2020). EFEKTIVITAS PELATIHAN MANAJEMEN STRES DALAM PENURUNAN STRES KERJA PADA ANGGOTA BADAN SEARCH AND RESCUE NASIONAL (BASARNAS) KOTA PADANG. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 2(1), 28–39.

Reinke, W. M., Stormont, M., Herman, K. C., Puri, R., & Goel, N. (2011). Supporting children’s mental health in schools: Teacher perceptions of needs, roles, and barriers. School Psychology Quarterly, 26(1), 1.

Sandra, R., & Ifdil, I. (2015). Konsep Stres Kerja Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 80–85.

Santosa, I. M. E. (2017). Pengaruh Teknik Manajemen Stress Terhadap Penurunan Tingkat Stress Pada Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha Puspakarma Mataram. PrimA: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 2(2).

Schafer, W. E. (2000). Stress management for wellness. Harcourt College Pub.

Segarahayu, R. D. (2013). Pengaruh Manajemen stres terhadap penurunan tingkat stres pada narapidana di LPW Malang. Jurnal Psikologi, 1(1).

Setiawan, S., & Handoyo, A. W. (2020). PELATIHAN KETERAMPILAN KESEHATAN MENTAL BAGI GURU MENGHADAPI STRES DALAM MASA PEMBELAJARAN DARING. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 350–354.

Shalev-Shwartz, S. (2011). Online learning and online convex optimization. Foundations and Trends in Machine Learning, 4(2), 107–194.

Smith, S. J., Basham, J., Rice, M. F., & Carter Jr, R. A. (2016). Preparing special educators for the K–12 online learning environment: A survey of teacher educators. Journal of Special Education Technology, 31(3), 170–178.

Suranadi, L. (2012). MANAJEMEN STRES MAHASISWA BARU. Jurnal Kesehatan Prima, 6(2).

Thompson, N. L., Miller, N. C., & Franz, D. P. (2013). Comparing online and face-to-face learning experiences for nontraditional students: A case study of three online teacher education candidates. Quarterly Review of Distance Education, 14(4), 233.

Wardhani, R. D. K. (2017). PERAN KESEHATAN MENTAL BAGI GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 1(2).

Yu, J., Fei, K., Fox, A., Negron, R., & Horowitz, C. (2016). Stress eating and sleep disturbance as mediators in the relationship between depression and obesity in low-income, minority women. Obesity Research & Clinical Practice, 10(3), 283–290.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v6i1.12074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.