STUDI KASUS TENTANG SISWA “ZF” YANG MENGALAMI KEJENUHAN BELAJAR DI SMA SETIA DARMA PALEMBANG PADA MASA COVID-19

Hartati Hartati, M Ferdiansyah, Syska Purnama Sari

Abstract


Siswa “ZF” merupakan salah satu siswa yang mengalami perubahan yang signifikan selama pembelajaran daring, dan mengarah kepada kejenuhan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui gejala-gejala prilaku siswa “ZF” yang mengalami kejenuhan , dan faktor-faktor penyebab siswa “ZF” mengalami kejenuhan belajar daring serta mengidentifikasi upaya yang telah dilakukan  guru bimbingan dan konseling untuk mengatasi kejenuhan belajar daring siswa”ZF” di SMA Setia Darma Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan melakukan wawancara yang mendalam (indepth Interview). Informan kunci pada penelitian ini adalah siswa ‘ZF’ yang duduk di kelas XI IPA, dan informan pendukung dalam penelitian ini adalah Waka Kesiswaan, Wali Kelas dan Guru Bimbingan dan Konseling. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  gejala kejenuhan belajar yang terjadi pada siswa “ZF” adalah karena kelelahan emosional, menurunnya prestasi belajar, dan berkurangnya keaktifan belajar. Sedangkan faktorrpenyebab kejenuhan belajar pada siswa “ZF” disebabkan oleh keterbatasan teknologi, sulitnya jaringan, kuota yang terbatas, harus berbagi gawai, tugas yang banyak dan tuntutan belajar yang monoton. Upaya penyelesaian yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling adalah baru sebatas pada nasihat dan motivasi kepada siswa “ZF”dan panggilan kepada orang tua.

 

Kata Kunci : Kejenuhan Belajar, Pandemi

Full Text:

PDF

References


Agustina Poppy, Bahri Syaiful.2019. Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kejenuhan Belajar Pada Siswa Dan Usaha Guru BK Untuk Mengatasinya.http://jim.unsyiah.ac.id. Diakses pada tanggal 3 Maret pukul 14.25

Damayanti Anita, Suradika Agus, Asmas Tasyfi Barkidzki.2020. Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Melalui Aplikasi ICANDO Pada Siswa Kelas 1 SDN Pondok Pinang 08 Pagi.http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslir. Diakses pada tanggal 3 Maret 2021 pukul 14.25

Ferdiansyah.2015. Dasar Penelitian Kualitatif.Bogor: Herya Media

Jauhari, Heri.2010.Panduan Penulisan Skripsi Teori & Aplikasi.Bandung:Pustaka Setia

Pawicara Ruci dan Conillie Maharani.2020. Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19.Jurnal Pendidikan Biologi vol.1 No.1 Januari-Juli 2020

Purnamasari, Deti Mega.2020.Saatnya kerja di rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah.https://nasional.kompas.com.Diakses pada tanggal 3 Maret 2021 pukul 14.25

Mubarak,Muhammad Ilham 2018.Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Games Pada Sisa Kelas XI Akutansi SMK YPKK 2 Sleman.Jurnal Ruci Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Vol.3 No.3 Hal.143-154

Sutarjo,IPE.2014. Efektivitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi Dan Brain Gym Untuk Menurunkan Burnout Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP.https://ejournal.undiksha.ac.id. Diakses pada tanggal 3 Maret 2021 pukul 14.25




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v6i2.13921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By