PENGARUH EFIKASI DIRI AKADEMIK TERHADAP FLOW AKADEMIK MAHASISWA DI JAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Derry Atika Wijayanti, Gantina Komalasari, Ernita Zakiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri akademik terhadap flow akademik mahasiswa di Jakarta pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 333 orang mahasiswa dari perguruan tinggi di wilayah DKI Jakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengukur efikasi diri akademik adalah Academic Self Efficacy Scale dan The FLow Inventory for Student. Analisis regresi satu prediktor digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri akademik terhadap flow akademik mahasiswa di Jakarta pada masa pandemi covid-19. Efikasi diri akademik mempengaruhi flow akademik sebesar 39.1%.

Kata Kunci: efikasi diri akademik, flow akademik, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Aisah, Narinda, & Pratiwi, W. D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Mahasiswa Unsika pada saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 131.

Asiah, N. (2021). Gambaran Proses Pembelajaran E-learning Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Jakarta. Majalah Kesehatan Pharmamedika, 12(2), 54–65. https://doi.org/10.33476/mkp.v12i2.1748

Chandra, R. I. (2013). Dukungan sosial dan flow akademik pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah, 2(1), 1–19.

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

detiknews. (2020, September 2). Timeline Setengah Tahun Covid-19 di Indonesia. Detik.Com. https://news.detik.com/berita/d-5156199/timeline-setengah-tahun-covid-19-di-indonesia

Elias, S. M., & MacDonald, S. (2007). Using past performance, proxy efficacy, and academic self-efficacy to predict college performance. Journal of Applied Social Psychology, 37(11), 2518–2531. https://doi.org/10.1111/j.1559-1816.2007.00268.x

Ermiş, E. N., & Bayraktar, S. (2014). Flow Experiences in University Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 830–834. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.329

Feist, J., Feist, G. J., & Roberts, T.-A. (2018). Teori Kepribadian Edisi 8 Buku 2. Penerbit Salemba Humanika.

Firman, F., & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Handayani, D., Hadi, D.R., Isbaniah, F., Burhan, E., Agustin, H. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(1), 9–12.

Hidayati, N., & Aulia, L. A.-A. (2019). Flow akademik dan prokrastinasi akademik. Jurnal Psikologi, 6(2)(September), 128–144.

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541.

Jusuf, H., Sobari, A., & Fathoni, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa SMA Di Era Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 15–24. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.212

Kurland, R. M., & Siegel, H. I. (2016). Attachment and Academic Classroom Behavior: Self-Efficacy and Procrastination as Moderators on the Influence of Attachment on Academic Success. Psychology, 07(08), 1061–1074. https://doi.org/10.4236/psych.2016.78107

Maharani, T. (2020). Survei Kemendikbud: 90 Persen Mahasiswa Pilih Kuliah Tatap Muka. https://nasional.kompas.com/read/2020/07/09/12330921/survei-kemendikbud-90-persen-mahasiswa-pilih-kuliah-tatap-muka

Markamad, A., & Khuzaemah. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Flow Akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 201–206.

Ningsih, I. P., & Rahadi, D. R. (2020). Perilaku Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB), 33(2), 102–108.

Purwati, E., & Akmaliyah, M. (2016). Hubungan antara Self Efficacy dengan Flow Akademik pada Siswa Akselerasi SMPN 1 Sidoarjo. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 249–260. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.1113

Rustika, I. M. (2016). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1–2), 18–25. https://doi.org/10.22146/bpsi.11945

Santoso, M. (2014). Self-Efficacy Dan Flow Akademik Ditinjau Dari Temporal Motivation Theory Pada Mahasiswa Fakultas psikologi. Calyptra: Jurnal Ilmiah Universitas Surabaya, 3(1), 1–12.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Yokoyama, S. (2019). Academic self-efficacy and academic performance in Online Learning: A mini review. Frontiers in Psychology, 9(JAN), 1–4. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.02794

Yuwanto, L. (2011). The Flow Inventory for Student: Validation of The LIS. Anima, Indonesian Psychological Journal, 26(4), 281–286.

Yuwanto, L. (2018). Academic Flow and Cyberloafing. 8(4), 173–177. https://doi.org/10.17265/2159-5542/2018.04.006

Zajacova, A., Lynch, S. M., & Espenshade, T. J. (2005). Self-efficacy, stress, and academic success in college. Research in Higher Education, 46(6), 677–706. https://doi.org/10.1007/s11162-004-4139-z




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v6i2.13922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By