PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF PADA LAYANAN INFORMASI KARIR SISWA SMK NEGERI 2 KOTA TANGERANG SELATAN

Wildatun Mukaromah, Sudadio Sudadio, Sholih Sholih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan guru untuk menyampaikan informasi karir kepada siswa kelas XI Di SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan menggunakan media yang mudah digunakan, menarik, serta dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis serta mendeskripsikan kelayakan media video interaktif pada layanan informasi karir. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan model Borg dan Gall yang telah disederhanakan oleh Puslitjaknov, yaitu analisis produk, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi, serta uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Subjek uji coba dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa kelas XI Multimedia 2. Berdasarkan hasil uji kelayakan dari ahli materi menunjukkan nilai sebesar 86% dari ahli media 88%, dan dari respon siswa terhadap media video interaktif menunjukkan nilai rata-rata 84,5% yang berarti media video interaktif yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan pada layanan informasi karir.

Kata Kunci: Media, Video Interaktif, Layanan Informasi Karir


Full Text:

PDF

References


Alhadi, S., Supriyanto, A., & Dina, D. A. M. (2016). Media in guidance and counseling services: a tool and innovation for school counselor. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 1(1), 6. https://doi.org/10.23916/schoulid.v1i1

.35.6-11

Aminnurrohim, A. W., Saraswati, S., & Kurniawan, K. (2014). Survei Faktor- Faktor Penghambat Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 57–63.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.

RajaGrafindo Persada.

Mahadewi, D. (2012). Buku Ajar: Media Vedio Pembelajaran. Undiksha.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran.

Referensi.

Purwono, J. dkk. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Departemen Pendidikan Nasional.

Sankey, M. D., Birch, D., & Gardiner, M. W. (2011). EDICT-2011-1255.pdf.

(3), 18–35.

Saraswati, A., & Ratnaningsih, I. Z. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas Xi Smk N 11 Semarang. Empati, 5(3), 430–434.

Susilana, Rudi dan Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. CV. Wacana Prima.

Tarsidi, D. (2010). Teori Perkembangan Karir Diintisarikan dari Zunker , Vernon G . ( 1986 ). Career Counseling : Applied Concepts of Life Planning . Second Edition . Chapter 2 : Theories of Career Development . Monterey , California : Brooks / Cole Publishing Company. 1–31.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. PT. Bumi Aksara.

Winkel, W. S. dan S. H. (2013). Bimbingan

dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi.

Yusuf, S. dan J. N. (2012). Landasan Bimbingan dan Konseling. Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v6i2.13923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By