GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA PENYINTAS COVID-19 SAAT MENGHADAPI KEMBALI PROSES PEMBELAJARAN

Putri Dian Dia Conia

Abstract


Terdapat banyak perubahan setelah pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Begitupun juga pada dunia Pendidikan, khususnya pada perguruan tinggi yang juga mengalami perubahan. Terdapat berbagai perubahan yang juga memunculkan ketidakpastian, yang pada akhirnya dapat berdampak terhadap kecemasan pada mahasiswa. Kecemasan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan dari para penyintas Covid-19 saat menghadapi kembali proses pembelajaran di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) selama masa pandemi dan maraknya kasus Covid-19 yang meningkat. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk memperluas informasi mengenai perbedaan tingkat kecemasan antara mahasiswa Laki-laki dan Perempuan. Penelitian ini menggunakan metode  survei  dengan  teknik  pengumpulan  data  menggunakan angket  yang  didistribusikan secara daring kepada  156  mahasiswa perempuan dan 110 mahasiswa laki-laki, dengan total 266 responden. Hasil penelitian didapatkan temuan mahasiswa penyintas Covid-19 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mengalami kecemasan dengan presentase tingkat kecemasan ringan sebanyak 86,6%, kecemasan sedang sebanyak 12,7%, dan kecemasan berat sebanyak 0,7%. Simpulan, tingkat kecemasan mahasiswa penyintas Covid-19 di Untirta sebagian besar masuk ke dalam kategori kecemasan ringan.

Kata kunci : penyintas covid-19, mahasiswa, tingkat kecemasan.


Full Text:

PDF

References


Budiharto, S., Himam, F., Riyono, B., & Fahmi, A. (2019). Membangun KOnsep Organisasi Autentik: Kajian Meta-Etnografi. A Meta-Ethnography Study of Authentic Organization. Buletin Psikologi, Vol. 27, No. 2, 159-172.

Canadian Mental Helath Association. (2015). What’s the difference between anxiety and an anxiety disorder? [Halaman web]. Diakses pada tanggal 17 Maret 2020 dari https://www.heretohelp.bc.ca/q-and-a/whats-the-difference-between-anxiety-and-an- anxiety-disorder.

Chrisnawati, G. & Aldino, T. (2019). Aplikasi Pengukuran Tingkat Kecemasan Berdasarkan Skala Hars Berbasis Android. Jurnal Teknik Komputer, 13(3), 277– 282.

Febriyanti, E., & Mellu, A. (2020). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 di Kota Kupang. Jurnal Nursing 11 (3).

Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid -19. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 1. https://doi.org/10.29210/120202592.

Grupe, D. & Nitschke, J. (2013). Uncertainty and anticipation in anxiety: An integrated neurobiological and psychological perspective. Nature reviews. Neuroscience. 14. 488-501. 10.1038/nrn3524

Ihsanuddin. (2020). Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap- kasus-pertama-virus-corona-di-indonesia?page=all

McDowell, Ian. (2006). Measuring Health : A Guide to Rating Scales and Questionnaires. New York : Oxford University Press.

Moana, N. (2020). Konsep Isolasi dalam Jaringan Sosial untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 117–125. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.86.

Nechita, D., Nechita, F. & Motorga, R. (2018). A review of the influence the anxiety exerts on human life. Romanian journal of morphology and embryology, 59. 1045-1051

Nevid, Jeffrey S., Rathus, Spencer A., & Greene Beverly.(2005). Pengantar Psikologi Abnormal.Bandung: Erlangga.

Safaria, T. & Nofrans, E. S. (2012). Manajemen Emosi: Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.80

Stuart, Gail W. (2006). Buku Saku Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Suwandi, G. R., & Malinti, E. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Terhadap Covid-19 Pada Remaja Di SMA Advent Balikpapan. Malahayati Nursing Journal, 2(4), 677–685. https://doi.org/10.33024/manuju.v2i4.2991

Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (COVIR19): Sebuah tinjauan literatur. Wellness And Healthy Magazine, 2(February), 187–192.

Hakim, M. A. (2020). Profiling Risiko Psikologis COVID-19 di Indonesia. Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

WHO, W. H. O. (2020). What we know about Long-term effects of COVID-19 (hlm. 1–20). World Health Organization.

Vibriyanti, D. (2020). Kesehatan Mental Masyarakat Mengelola Kecemasan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kependudukan Indonesia, 1 (7), 69-74.

Zulva, T. N. I. (2020). Covid-19 Dan Kecenderungan Psikosomatis. J. Chem. Inf. Model, 1-4.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v7i1.14609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By