IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KARIER BERBASIS TEORI PILIHAN KARIER JOHN L. HOLLAND PADA SISWA SMA

maya masyita suherman

Abstract


   Adanya ketidaksamaan pada  layanan bimbingan dan konseling karier yang diberikan oleh Guru BK di sekolah, menjadi salah satu hal yang melatar belakangi perbedaan perencanaan karier pada siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa layanan bimbingan dan konseling karier yang ada di sekolah memiliki peran penting dalam membantu siswa merencanakan kariernya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program bimbingan dan konseling berbasis teori pilihan karir John L. Holland pada siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi dokumentasi/literature review. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa program bimbingan dan konseling karier yang disusun secara komprehensif akan dapat membantu siswa dalam perencanaan masa depan sehigga siswa memiliki kemampuan serta kematangan untuk mengambil keputusan karier.

Kata Kunci: Program bimbingan dan konseling karier, teori pilihan karier john L. Holland

Full Text:

PDF

References


Dasmin. (2014). Ananilis Pengaruh Kesesuaian Hubungan antara Tipe Kepribadian dengan Kemantapan Pilihan Karir Siswa di SMK. tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Herr, Edwin L., Cramer, Stanley H., Niles,

Spencer G. (1984). Career Guidance and Counseling Through the lifespan. Boston: Allyn And bacon

Holland, J.L. (1985). Making Vocational Choices: Theory of Vocational Personalities & Work Environments. (2nd . Ed). Englewood Cli

Manrihu, Muhammad Thayeb. 1992 . Pengantar Bimbingan dan Konseling Karier . Jakarta. Bumi Aksara

Winkel, W.S & Sri Hastuti . 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan . Jakarta: PT. Grasindo.

Winkel, W.S dan M.M. Sri Hastuti. (2010). Bimbingan dan konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v7i1.14612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By