MANAJEMEN PENGASUHAN DAN PERILAKU DISIPLIN ANAK

nandang faturohman, Evi Afiati

Abstract


Perilaku disiplin sangat perlu dilatih dan dibiasakan dalam aktifitas sehari-hari, karena dengan berdisiplin individu akan benar-benar terlatih dan dapat merasakan hidup berarti dan teratur, dengan berdisiplin individu juga akan mendapatkan kepercayaan dari orang disekitarnya, hal ini akan menumbuhkan rasa kepuasan dan kebahagiaan bagi individu tersebut. Manajemen pengasuhan yang tepat diperlukan untuk melatih dan membiasakan perilaku disiplin dalam kehidupan sehari-hari yang di mulai dari kehidupan keluarga. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen pengasuhan dan dampaknya terhadap perilaku disiplin anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional, di mana penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara manajemen pengasuhan dengan perilaku disiplin anak. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket, sedangkan penelitian mengambil lokasi di SMAN 1 Cilegon. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara manajemen pengasuhan dengan perilaku disiplin anak, di mana anak yang mendapat pengasuhan dengan penuh kasih sayang, pemberian bimbingan dan arahan menunjukkan perilaku disiplin yang tinggi. Penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapat pengasuhan demokratis menunjukkan perilaku disiplin yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak dengan pengasuhan otoritatif dan permisif.

 

ABSTRACT

Disciplined behavior needs to be trained and accustomed to daily activities, because with disciplined individuals will be truly trained and can feel a meaningful and orderly life, with disciplined individuals will also gain the trust of those around them, this will foster a sense of satisfaction and happiness for those around them. the individual. Proper parenting management is needed to train and familiarize disciplined behavior in everyday life starting from family life. This study aims to determine the relationship between parenting management and its impact on children's disciplinary behavior. The research method used is correlational research, where the research is intended to determine whether or not there is a relationship between parenting management and child discipline behavior. The study used a quantitative approach with data collection techniques through questionnaires, while the research took place at SMAN 1 Cilegon. The results showed that there was a relationship between parenting management and child discipline behavior, where children who were cared for with love, guidance, and direction showed high disciplinary behavior. Research also shows that children who receive democratic parenting exhibit better-disciplined behavior than children who receive authoritative and permissive parenting.

Full Text:

PDF

References


Aisyah. St. (2010). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap tingkat agresivitas siswa. Jurnal MEDTEK 1 (2).1-7.

Al. Tridhonanto. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia

Atika, A. N., Darmawati, L.E.S., dan Supriadi, B. (2019). Enam Metode Pola Asuh Orang tua untuk Peningkatan Social Skills di Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan. 20(1), 18-37.

Daryanto. (2013). Implementasi pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Djamarah. (2014). Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam keluarga. Jakarta:Rineka Cipta.

Halawa. (2015). Hubungan pola asuh orang tua terhadap kedisplinan remaja di smpk santo surabaya. Surabaya : Akper William Booth.

Hawari, D. (1997). Al Qur’an Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Jiwa. Yogyakarta: Dana Bhakti Proma Yasa.

Mustari, M. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rostiani, I. (2015). Hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi anak untuk bersekolah di kelurahan sukagalih kecamatan sukajadi kota Bandung. Bandung: Sosietas Volume 5, no. 2 (2015): Jurnal pendidikan sosiologi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Santrock, John W. 2002. Life-span development perkembangan masa hidup edisikelima.Penerjemah: Juda Damanik & Achmad Chusairi. Jakarta: Erlangga.

Santrock, W, J.2007. Perkembangan siswa. Jakarta: Erlangga.

Schneider, A.A., (1964). Personal Adjusment and Mental Health. New York: Winston.

Septiari, B. (2012). Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua.Yogyakarta. Nuha Medika.

Sera, S. (2013). Hubungan antara pola asuh orang tua dengan disiplin siswa di sekolah. Padang: Jurnal Ilmiah Konseling, Volume 2 Hal. 174-181 http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor

Syamaun, N (2012). Dampak Pola asuh Orang Tua dan Guru terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Vegas, C. (2010). Perceived Parenting Styles Influence on Contraceptive Use Among Adolescents: a Retrospective Study on Young Adults’ Behavior. Florida: University of Florida.

Wang, X., Bernas, R., & Eberhard, P. (2012). When a lic is not a lic: Undertanding Chinese working-class mother’ moral teaching and moral conduct. Social Development, 21(1), 68-87.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v7i1.14613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By