PENGARUH BIOPSIKOLOGI DALAM PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU BK BAGI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH
Abstract
Abstrak: Layanan bimbingan dan konseling adalah proses pemberian bantuan yang diberikan oleh guru BK kepada peserta didik secara menyeluruh agar mempunyai kemampuan mengenal, menghadapi, dan memecahkan berbagai masalah yang dihadapi dalam hidupnya. Guru BK (Bimbingan Konseling) memiliki peran penting dalam sekolah untuk memantau, membuat dan memastikan siswa berperilaku baik. Setiap sekolah mempunyai guru BK untuk menangani berbagai kasus yang terjadi di lingkungan sekolah, khususnya yang melibatkan siswa dan siswi di sekolah. Guru BK yang memahami biopsikologi artinya memahami peserta didik secara lebih komprehensif untuk perkembangan peserta didik secara optimal. Biopsikologi merupakan istilah yang dikembangkan oleh para ilmuwan yang berhubungan dengan studi tentang hubungan biologi dan perilaku. Dengan memahami biopsikologi guru BK dapat memahami persoalan atau kelebihan peserta didik dengan lebih komprehensif, karena ada hubungan erat antara biologi dengan psikologi. Masalah sistem biologis individu yang kurang sempurna dapat menjadi penyebab, misalnya organ-organ tubuhnya mengalami kekurangan zat besi. Pemahaman terhadap konsep biopsikologi akan dapat membuat individu lebih melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang, yaitu dari segi biologi dan psikologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan-kesulitan belajar siswa dalam perspektif biopsikologi yang harus dilakukan oleh guru BK. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, sehingga jenis penelitian ini berdasarkan metodenya termasuk penelitian survei.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, G.J., & McLaren, G.D. (2012).Iron Physiology and Pathophysiology in Humans. Totowa, NJ: Humana Press.
Bean, A., & Cracknell, J. (2009). Sports Nutrition. Londres: A & C Black.153
German, J.B.,Gershwin, M.E., & Keen, C.L. (2000). Nutrition and Immunology: Principles and Practice. Totowa, N.J: Humana Press.
Peran Biopsikologi untuk Bimbingan dna Konseling (Ahmad Muhammad Diponegoro)
Insel, P.M., & Insel, P.M. (2011). Nutrition. Sudbury, Mass: Jones and Bartlett Publishers.
Jacoby, D.B., Youngson, R.M., & Marshall Cavendish Corporation. (2004). Encyclopedia of Family Health. Tarrytown, NY: Marshall Cavendish.
Manu, Rabia. 2013. Analisis Tentang Pemanfaatan Tentang Layanan Bimbingan dan Konseling oleh Siswa Di SMA Negeri 1 Talaga. (Skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Gorontalo.
Muzaki, Lubis. 2013. Pengertian Layanan Bimbingan dan Konseling. (Selasa, 03 Juli 2012)
Prayitno, Erman Amti. 2013. Dasar Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Pinel, John P.J. (2008). Biopsychology. Boston, Mass: Pearson Allyn and Bacon, hlmn.578.
N.L., & Mandleco, B.L. (2012). Pediatric Nursing: Caring for Children and Their Fanilies. Clifton Park, NY: Delmar Cengage Learning. H919.
Tripathy, S.N. (1999). Tribals in Transition. New Delhi: Discovery Pub. House.
Yehuda, S., & Mostofsky, D.I. (2010). Iron Deficiency and Overload: from basic Biology to Clinical Medicine. New York, N.Y: Humana Press
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v7i2.17600
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By