KONTRIBUSI PENGASUHAN ORANGTUA DAN SELF ESTEEM TERHADAP PERILAKU BULLYING

Raudah Zaimah Dalimunthe

Abstract


Perilaku bullying dipengaruhi oleh banyak faktor. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) pengasuhan orangtua, self esteem dan perilaku bullying, 2) pengasuhan orangtua dan self esteem baik secara individual maupun bersamaan berkontribusi pada perilaku bullying. Populasi penelitian adalah fokus pada siswa SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan, dengan sampel 193 siswa, dengan menggunakan teknik multistage random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan model Likert Skala dan persediaan (CFSEI). Hasil uji reliabilitas tentang pengasuhan orangtua 0.901 dan 0.938 untuk perilaku bullying. Validitas instrumen pada orangtua adalah 16,28 dan 0,54 untuk perilaku bullying. Hasil ini menunjukkan bahwa orangtua dalam cukup baik kategori dan self esteem berada pada kategori rendah, bullying. dalam kategori menengah, dan pengasuhan dan self esteem baik secara tunggal atau bersamaan yang berkontribusi terhadap perilaku bullying.

Kata Kunci : Perilaku bullying, self esteem, pengasuhan orangtua


Keywords


Self esteem

Full Text:

PDF

References


Achroni, K. 2012. Ternyata Selalu Mengalah itu Tidak Baik. Yogyakarta: Javalitera.

Andri, P. 2010. Let’s and Bullying: Memahami, mencegah, dan mengatasi bullying. Jakarta: Gramedia.

Astuti, R. P. 2008. Meredam Bullying: 3 Cara efektif menanggulangi kekerasan pada anak. Jakarta: Grasindo. Friedman. 1998. Keperawatan Keluarga : Teori dan Praktik. Jakarta : EGC.

Feriyal, Fera. 2014. “Perilaku Bullying Ditinjau Dari Regulasi Emosi Dan Self-Esteem Pada Siswa Kelas Xi Jurusan Otomotif Stm Yudya Karya Magelang”. Jurnal Pascasarjana. (Online). Vol. 5 No. 1 Hal. 1-11. (http://dglib.uns.ac.id/dokumen/det ail/41101/Perilaku-BullyingDitinjau-Dari-Regulasi-EmosiDan-Self-Esteem-Pada-SiswaKelas-Xi-Jurusan-Otomotif-StmYudya-Karya-Magelang, diakses 10 Januari 2016).

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hurlock, E. B. 2004. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga

Lestari, S. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarata: Kencana.

Musbikin, I. 2013. Mengatasi Kenakalan Siswa Remaja: Solusi mencegah tawuran pelajar, siswa bolos sekolah hingga minum-minuman keras, dan penyalahgunaan narkoba. Madiun: Zanafa Publishing.

Novan, A. W. 2012. Save Our Children from School Bullying. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Sanders, C. E., & Phye, G. D. 2004. Bullying Implications for the Classroom. Amsterdam, Boston, & Heidelberg: Elsevier Academic Press.

Santrock, J. W. 1996. Remaja. Terjemahan oleh Juda Damanik dan Achmad Chusairi. 2007. Jakarta: Erlangga.

Sejiwa. 2008. Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v1i1.1861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By