PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN ASPIRASI PENDIDIKAN SISWA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN LATAR BELAKANG BUDAYA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Ninil Endriani

Abstract


Penelitian ini berlatar belakang budaya yang mempengaruhi perilaku siswa dalam belajar dan inkonsistensi temuan penelitian tentang motivasi berprestasi dan aspirasi pendidikan siswa laki-laki dan perempuan dari berbagai ras. Ini merupakan penelitian metode deskriptif komparatif yang menerapkan metode kuantitatif, dengan menggunakan stratified sampling, 350 siswa terpilih sebagai sampel di SMA Negeri 1 Batusangkar dan SMA Negeri 1 Balige. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian motivasi dan aspirasi pendidikan dari siswa dalam kategori tinggi, dan (2) tidak ada perbedaan yang signifikan dalam motivasi berprestasi dan aspirasi pendidikan antara siswa latar belakang budaya Minangkabau dan Batak, ada yang signifikan perbedaan motivasi berprestasi dan aspirasi pendidikan antara lakilaki dan siswa perempuan latar belakang budaya Minangkabau, di mana motivasi berprestasi dan aspirasi pendidikan siswa perempuan Minangkabau lebih tinggi dari siswa laki-laki Minangkabau

Kata kunci: Motivasi Berprestasi, Aspirasi Pendidikan, Gender, dan Budaya


Keywords


motivasi

Full Text:

PDF

References


Atmazaki. 2002. Dinamika Jender dalam Konteks Adat dan Agama. UNP Press. Padang.

Bandaro, L., Alma, B., Jalal, F., Azmi, L., & Irwandi. 2004. Minangkabau yang Gelisah. Lubuk Agung. Bandung.

Dwija, I. W. 2008. “Hubungan antara Konsep Diri, Motivasi Berprestasi, dan Perhatian Orangtua dengan Hasil Belajar Sosiologi pada Siswa Kelas II Sekolah Menengah Atas (SMA) Unggulan di Kota Amlapura”. Tesis tidak diterbitkan. Bali: PPs UNDIKSA.

Eryanto, T. 2005. “Kedudukan Anak Perempuan dalam Hukum Waris Adat pada Masyarakat Batak Toba”. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Program Pascasarjana UNDIP.

Gutman, L. M., & Akerman, R. 2008. “Determinants of Aspiration”. Reaserch Report. London: Institute of Education University of London.

Hadikusuma, H. 1994. Hukum Waris Adat. Citra Aditya Bakti. Bandung.

Hakimy, I. 1994. Pokok-pokok Pengetahuan Adat Alam Minangkabau. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Hikmah, R. 2003. “Etos Kerja Pedagang Perantau Minangkabau dalam Perspektif Nilai Budaya Minangkabau”. Jurnal Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret.

Irmawati. 2007. “Keberhasilan Suku Batak Toba: Tinjauan psikologi ulayat”. Disampaikan pada Seminar Psikologi dan Budaya. Medan.

Jenny, K. 2001. “Self Regulated Strategies in Achievement Settings Cukture and Gender Differences”. Universitas of Haifa: Journal of Cross Cultural Phychology, 32.

Latief. 2002. Etnis dan Adat Minangkabau: Permasalahan dan masa depannya. Angkasa. Bandung.

Mau, W. C., & Bikos, L. H. 2000. “Educational and Vocational Aspirations of Minority and Female Student”. Journal of Counseling & Development, 1 (78): 186-193.

McClelland, D. 1987. Human Motivation. Scott Foreman. Glenview.

Nagarathnamma, B., & Rao, V. T. 2007. “Achievement Motivation and Academic Achievement of Adolescent Boys and Girls”. Indian Psychology Review, 68 (5): 131136.

Nirwana, H. 2003. “Hubungan Tingkat Aspirasi dan Persepsi tentang Belajar dengan Hasil Belajar

Matematika Siswa Sekolah Menengah Umum yang Berlatar Belakang Budaya Minangkabau dan Batak”. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana UNM.

Rahayu, M. D. 2009. “Pola Asuh Anak Ditinjau dari Aspek Relasi Gender: Kasus pada keluarga etnis Minang, Jawa dan Batak”. Jurnal Fakultas Ekologi Manusia: Institut Pertanian Bogor.

Shekar, C., & Devi, R. 2012. “Achievement Motivation Across Gender and Different Academic Majors”. Journal Education and Development Psychology, 2 (2): 105-109.

Triandis, H. C. 1994. Culture and Social Behaviour. University of Illionis. Urbana.

Zainuddin, M. 2010. Pelestarian Eksistensi Dinamis Adat Minangkabau. Penerbit Ombak. Yogyakarta.

Zuldafrial & Buchari. 2014. “Pengaruh Heterogenitas terhadap Hasil Belajar Program Studi Sejarah”. Laporan Penelitian. Pontianak: STKIP PGRI Pontianak




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v1i2.1869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By