EFEKTIVITAS RESTRUKTURISASI KOGNITIF DALAM MENANGANI STRES AKADEMIK SISWA

Yuli Nurmalasari, Yusi Riksa Yustiana, Ilfiandra Ilfiandra

Abstract


Siswa yang mengalami stres akademik memiliki persepsi yang maladaptif terhadap tuntutan akademik.Tujuan penelitian mengetahui efektivitas restrukturisasi kognitif dalam menangani stres akademik.Penelitian menggunakan metode pra-eksperimen dengan one group pretest-posttest design.Hasil penelitian: (1) stres akademik siswa sebagian besar termasuk kategori sedang; (2) rancangan intervensi berfokus pada reduksi indikator stres akademik; (3) restrukturisasi kognitif efektif menangani stres akademik.

Keywords


stres akademik, restrukturisasi kognitif, modifikasi pikiran negatif.

Full Text:

PDF

References


ABKIN. 2007. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal: Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Arikunto, S. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta.Jakarta.

Beck, J. S. 1995.Cognitive Therapy : Basics and Beyond. The Guilford Press.New York.

Cherniss. 1980. Staff Burn Out Job Stress in The Human Services. Sage Publications.London.

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi anak Usia SD, SMP, dan SMA. PT Remaja Rosdakarya.. Bandung.

Dobson, K. S. 2001. Hand Book of Cognitive-Behavioral Therapies. Second Edition, The Guilford Press. New York.

Dobson, D. & Dobson, K. S. 2009.Evidence-based Practice of Cognitive Behavioral Therapy. The Guilford Press. New York.

Greenberger, D. dan Padesky, C. A. 2004.Manajemen Pikiran. Penerbit Kaifa. Bandung.

Hurlock, E. B. 1980. Development Psychology: A Life Span Approach. Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga. Jakarta.

Lazarus, R. S dan Folkman, S. 1984. Stress, Appraisal, and Coping.Springer Publishing Company.New York.

Mckean, M. dan Misra, R. 2000.CollegeStudents’ Academic StressAnd Its Relation To Their Anxiety, Time Management, And Leisure Satisfaction. American Journal Of Health Studies. 16.1.23-29.

Nurdini, K. 2009. Efektivitas Konseling Kognitif Perilaku untuk Mengelola




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v1i1.1897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By