Pengembangan Metode Journalling Sebagai Sarana Self Healing pada Mahasiswa UNMA Banten

Fadhila Malasari Ardini, Mualwi Widiatmoko, Septi Nurdiana, Mimin Saminah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan metode journalling sebagai sarana self healing pada mahasiswa Universitas Mathla’ul Anwar yang tepat guna dan memenuhi standar/kriteria kelayakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan melalui 9 tahap, yaitu: tahap penelitian dan pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk awal, validasi ahli, dua tahap uji coba, dan tiga tahap revisi. Validasi dilakukan dengan cara meminta saran dan masukan dari dua orang ahli. Uji coba terbatas dilakukan kepada 6 orang mahasiswa, dan uji coba produk akhir dilakukan kepada 23 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai program studi dan angkatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa rancangan metode journalling sebagai sarana self healing yang telah dikembangkan layak untuk digunakan.
Kata Kunci: self healing, mahasiswa, journalling


Full Text:

PDF

References


Bachtiar, M. A., & Faletehan, A. F. (2021). Self-Healing sebagai Metode Pengendalian Emosi. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(1), 41–54.

Bahrien, B., & Ardianty, S. (2017). Pengaruh Efektivitas Terapi Self Healing Menggunakan Energi Reiki terhadap Kecemasan Menghadapi Ujian Skripsi. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 141–148. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/article/view/1227

Crane, P. J., & Ward, S. F. (2016). Self-Healing and Self-Care for Nurses. AORN Journal, 104(5), 386–400. https://doi.org/10.1016/j.aorn.2016.09.007

Danarti, N. K., Sugiarto, A., & Sunarko, S. (2018). Pengaruh Expressive Writing Therapy Terhadap Penurunan Depresi, Cemas, Dan Stres Pada Remaja Di Panti Rehabilitasi Sosial Psmp Antasena Magelang. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 1(1), 48. https://doi.org/10.32584/jikj.v1i1.27

Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2016). Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall. International Seminar on Education (ISE) 2nd, 62–70. https://doi.org/10.31227/osf.io/zfajx

Hazizah, N. (2019). Permissive Parenting Effect toward Emotional Development of Early Childhood. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i1.17

Hongo, A., Miao, T., Hashimoto, R., Shibata, K., & Suzuki, M. (n.d.). Self-healing Method using a Healing Touch Meditation. 87–89.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri gorontalo. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 2(1), 73–80.

Jarnawi, J. (2020). Mengelola Cemas Di Tengah Pandemik Corona. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 3 (1), 60.

Kusumadewi, S., & Wahyuningsih, H. (2020). Model Sistem Pendukung Keputusan Kelompok untuk Penilaian Gangguan Depresii, Kecemasan dan Stress Berdasarkan DASS-42. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 219. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020721052

Musabiq, S., & Karimah, I. (2018). Gambaran stress dan dampaknya pada mahasiswa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 75–83. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/psikologi/article/view/240/524

Oktavia, Z. D., Setyowati, T., & Setyaningsih, W. E. (2020). Pengaruh Iklan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Susu Kental Manis Frisian Flag. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember, July, 1–23.

Pascasarjana, P., Administrasi, M., Uksw, P., Universitas, S., Satya, K., & Salatiga, W. (2020). Homepage: http://ejournal.uin-suka.ac.id/index.php/hisbah/index. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, Vol. 17(2), 222–246. https://doi.org/10.14421/hisbah.2020.172-05

Perianto, E. (2021). Self Healing Bagi Peserta Didik Dan Orangtua Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(4).

Rahmasari, D. (2020). Self Healing Is Knowing Your Own Self. Surabaya: Unesa University Press.

Rahmawati, M. (2014). Menulis ekspresif sebagai strategi mereduksi stres untuk anak-anak korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(2), 276–293.

Redho, A., Sofiani, Y., & Warongan, A. W. (2019). Pengaruh self healing terhadap penurunan skala nyeri pasien post Op. Journal of Telenursing (JOTING), 1(1), 205–214.

Rohmadani, Z. V. (2017). Relaksasi Dan Terapi Menulis Ekspresif Sebagai Penanganan Kecemasan Pada Difabel Daksa. Journal of Health Studies, 1(1), 18–27.

Saputra, T. A., & Hendrawan, F. (2022). Buku Bergambar “Self Healing” Sebagai Media Edukasi Untuk Remaja Pasuruan. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 6(01), 65. https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v6i01.728

Sukamto, R. N., & Fauziah, P. (2020). Identifikasi Pola Asuh di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 923–930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.638

Tas’adi, R., & Dewi, Y. S. (2019). Teknik “Journaling” Dalam Konseling. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 3(1), 243–246. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/viewFile/1314/1123

Wahyuningsih, P., & Handoyo, A. W. (2021). Hubungan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 39-45.

Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). METODE PENELITIAN PENGEMBANGAN (RND) DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING. QUANTA, 5(3), 111–118. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/quanta/article/view/3051




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v8i1.22734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By