INTERVENSI BIMBINGAN KONSELING PADA KEKERASAN SEKSUAL ANAK

Lulut Wulan Jati

Abstract


Kekerasan seksual merupakan masalah global yang perlu diperhatikan. Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah menyatakan Indonesia darurat kekerasan seksual terhadap anak karena adanya peningkatan jumlah kasus di 2022, dari 4.162 kasus pada 2021 menjadi 9.588 kasus. Korban kekerasan seksual pada anak (KSA) mengalami berbagai hal tidak mengenakkan. Masih ditemui juga kendala dalam pendampingan korban. Dampak yang harus ditanggung korban KSA sangat besar, sehingga perlu tindakan intervensi. Artikel ini akan mengkaji intervensi BK pada kasus KSA menggunakan metode kajian literatur. Perkembangan peserta didik dapat dioptimalkan dengan BK terlibat langsung dalam mengintervensi KSA. Tindakan yang dapat dilakukan berupa tindakan preventif dan tindakan kuratif.


Keywords


kekerasan seksual; tindakan preventif; bimbingan konseling

Full Text:

PDF

References


Adiani, N. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Menggunakan Boneka Cerita Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa Sekolah Dasar (SD) Tentang Pencegahan Kekerasan Seksual Anak. In Skripsi. Universitas Gadjah Mada.

Agustina, I., & Noviasari, I. (2022). Pengaruh Konseling Behavioral Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Kasus Kekerasan Seksual. Indonesian Journal of Professional Nursing, 3(2), 152. https://doi.org/10.30587/ijpn.v3i2.4922

Albertin, N., & Rahmat Hidayat, D. (2020). Penerapan Kompetensi Konselor Dalam Membantu Korban Pelecehan Seksual Dengan Konseling Traumatik. Psikologi Konseling, 17(2), 778. https://doi.org/10.24114/konseling.v17i2.22081

Andresen, S. (2023). Testimonies about child sexual abuse in the family. Challenges of addressing the private sphere. Child Abuse and Neglect, 144. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2023.106352

Anikmatul, K. (2021). Bimbingan dan Konseling Keagamaan Bagi Wanita Korban Kekerasan Seksual. Dakwatuna Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 7(1), 116–134. https://doi.org/10.54471/dakwatuna.v7i1.925

Banvard-Fox, C., Linger, M., Paulson, D. J., Cottrell, L., & Davidov, D. M. (2020). Sexual Assault in Adolescents. Primary Care - Clinics in Office Practice, 47(2), 331–349. https://doi.org/10.1016/j.pop.2020.02.010

Blakey, J. M., Glaude, M., & Jennings, S. W. (2019). School and program related factors influencing disclosure among children participating in a school-based childhood physical and sexual abuse prevention program. Child Abuse and Neglect, 96. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2019.104092

Bright, M. A., Roehrkasse, A., Masten, S., Nauman, A., & Finkelhor, D. (2022). Child abuse prevention education policies increase reports of child sexual abuse. Child Abuse and Neglect, 134. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2022.105932

Carolina, N., Saputra, W. A., Nafi’ah, H. H., Merkuri, Y. G., & Bakti, C. P. (2022). Strategi Intervensi Untuk Menekan Kasus Kekerasan Seksual: Isu Dan Tren. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 60. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i2.7098

CNN Indonesia. (2023). KemenPPPA: RI Darurat Kekerasan Seksual Anak, 9.588 Kasus Selama 2022. CNN. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230127173509-20-905780/kemenpppa-ri-darurat-kekerasan-seksual-anak-9588-kasus-selama-2022

Collin-Vézina, D., Daigneault, I., & Hébert, M. (2013). Lessons learned from child sexual abuse research: Prevalence, outcomes, and preventive strategies. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 7(1). https://doi.org/10.1186/1753-2000-7-22

Dewi, L. P. Y. S., Suranata, K., & Gading, I. K. (2022). Pengembangan Panduan Konseling Cognitive Behavioral dengan Teknik Mindfulness untuk Mengatasi Trauma pada Anak-anak Korban Kekerasan Seksual. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 190. https://doi.org/10.29210/1202222629

Dewi, N. K. C. P., & Remaja, I. N. G. (2021). Efektivitas Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak Kabupaten Buleleng Dalam Penanggulangan Tindak Pidana Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Sebagai Korban Tindak Pidana Kekerasan Di Kabupaten Buleleng. Kertha Widya, 8(1), 156–175. https://doi.org/10.37637/kw.v8i1.643

Dewi, V. N. L., Sitaresmi, M. N., & Dewi, F. S. T. (2021). What Forms of Media Do We Need for Preventing Child Sexual Abuse? A Qualitative Study in Yogyakarta Special Region, Indonesia. Journal of Child Sexual Abuse, 30(5), 511–523. https://doi.org/10.1080/10538712.2021.1898510

Edwards, D., Collin-Vézina, D., Danbrook, M. C., & Wekerle, C. (2022). Longitudinal trajectories of depressive symptoms among sexually abused adolescents involved in child protection services. Child Abuse and Neglect, 131. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2022.105742

Erooga, M., Kaufman, K., & Zatkin, J. G. (2020). Powerful perpetrators, hidden in plain sight: an international analysis of organisational child sexual abuse cases. Journal of Sexual Aggression, 26(1), 62–90. https://doi.org/10.1080/13552600.2019.1645897

Ferragut, M., Ortiz-Tallo, M., & Blanca, M. J. (2021). Victims and perpetrators of child sexual abuse: Abusive contact and penetration experiences. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(18). https://doi.org/10.3390/ijerph18189593

Fitra, N. A., Karneli, Y., & Netrawati. (2023). Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Person Centered Therapy dalam Membantu Trauma Pada Korban Kekerasan Seksual. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(4), 519–525. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.120

Gerke, J., Gfrörer, T., Mattstedt, F. K., Hoffmann, U., Fegert, J. M., & Rassenhofer, M. (2023). Long-term mental health consequences of female- versus male-perpetrated child sexual abuse. Child Abuse and Neglect, 143. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2023.106240

Hasibuan, L. (2022). Peran Profesional dalam Membantu Mengatasi Gangguan Psikologis pada Anak Korban Kekerasan Seksual. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 109–124. https://doi.org/10.24952/bki.v4i1.5808

Humaira, D. B., Rohmah, N., Rifanda, N., Novitasari, K., H, U. D., & Nuqul, F. L. (2015). Kekerasan Seksual pada Anak: Telaah Relasi Pelaku Korban dan Kerentanan pada Anak. Psikoislamika, Jurnal Psikologi Islam, 12(2), 5–10. http://repository.uin-malang.ac.id/880/7/kekerasan-seksual.pdf

Kellogg, N., & Comittee on Child Abuse and Negrect. (2005). The evaluation of sexual abuse in children. Pediatrics, 116(2), 506–512. https://doi.org/10.1542/peds.2005-1336

KEMDIKBUDRISTEK. (2020). Implementasin Bimbingan dan Konseling untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. In Jurnal Prosiding: Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) (Issue ISSN 2720-9148).

Kementrian Pemeberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2023). Sebaran Kasus Kekerasan. https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan

Knack, N., Winder, B., Murphy, L., & Fedoroff, J. P. (2019). Primary and secondary prevention of child sexual abuse. International Review of Psychiatry, 31(2), 181–194. https://doi.org/10.1080/09540261.2018.1541872

Lidiawati, K. R., Simanjuntak, E. J., & Dewi, W. P. (2020). Psikoedukasi Pendidikan Seksualitas: “Love, Sex And Dating” Pada Remaja. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 440–445. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.1004

Maimunah, S. (2019). Implementasi pendidikan seks berbasis sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(2), 225–234. https://doi.org/10.22219/jipt.v7i2.8989

Mariyona, K. (2020). Dampak Kekerasan Seksual Pada Remaja Putri Dalam Proses Pembelajaran Di Smps Psm Kota Bukittinggi. MIKIA: Mimbar Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak (Maternal and Neonatal Health Journal), 16–21. https://doi.org/10.36696/mikia.v4i2.13

Mariyona, K. (2022). Upaya Pencegahan Dampak Kekerasan Seksual Terhadap Remaja Putri Usia 13-15 Tahun Di Smps Psm. Human Care Journal, 7(2), 425. https://doi.org/10.32883/hcj.v7i2.1727

Marlina, T. (2019). Pelaksanaan Pendampingan Psikososial Sebagai Perlindungan Khusus Terhadap Anak Korban Kejahatan Seksual (Studi di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Kuningan)”. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(8).

Masruroh, F., Putri, E. I. E., Hidayah, F., & Faishol, R. (2022). Psikoedukasi Pendidikan Seks Kepada Guru Dan Siswa Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Siswa Sd. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 216–222. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/Abdi_Kami/article/view/1783

Mathews, B., & Collin-Vézina, D. (2016). Child sexual abuse: Raising awareness and empathy is essential to promote new public health responses. Journal of Public Health Policy, 37(3), 304–314. https://doi.org/10.1057/jphp.2016.21

Mathews, B., & Collin-Vézina, D. (2019). Child Sexual Abuse: Toward a Conceptual Model and Definition. Trauma, Violence, and Abuse, 20(2), 131–148. https://doi.org/10.1177/1524838017738726

McKibbin, G., & Humphreys, C. (2020). Future directions in child sexual abuse prevention: An Australian perspective. Child Abuse and Neglect, 105, 104422. https://www.elsevier.com/locate/chiabuneg%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&PAGE=reference&D=emed21&NEWS=N&AN=2005098250

Merry Fridha, & Haryanti, A. (2020). Comprehensive Sexuality Education Sebagai Pencegahan Terhadap Kekerasan Seksual Pada Siswa-Siswi SMP 8 Surabaya. Jurnal Penamas Adi Buana, 4(1), 53–60. https://doi.org/10.36456/penamas.vol4.no1.a2382

Nito, P. J. B., Fetriyah, U. H., & Malisa Ariani. (2021). Sex Education ”Kekerasan Seksual Pada Anak “ Upaya Preventif Tindak Kekerasan dan Pelecehan Seksual Pada Anak. Jurnal Suaka Insan Mengabdi (JSIM), 3(2), 83.

Ochoa, M. K., & Constantin, K. (2023). Impacts of child sexual abuse: The mediating role of future orientation on academic outcomes. Child Abuse and Neglect, 145. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2023.106437

Prabowo, M. L. H., Hidayatullah, H., & Suyoto, S. (2019). Pelaksanaan Perlindungan Hak Anak Korban Kejahatan Seksual Dalam Memperoleh Pendampingan Psikososial Di Kabupaten Kudus. Jurnal Suara Keadilan, 20(2), 101–115. https://doi.org/10.24176/sk.v20i2.5573

Ratnasari, D., & Solehuddin, M. (2022). Bimbingan Dan Konseling Bermain Pendekatan Client Centered Sebagai Upaya Preventif Tindakan Kejahatan Seksual Child Grooming Pada Anak. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 18. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6130

Reingold, O. H., & Goldner, L. (2023). “It was wrapped in a kind of normalcy”: The lived experience and consequences in adulthood of survivors of female child sexual abuse. Child Abuse and Neglect, 139. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2023.106125

Robertson, A. L., Harris, D. A., & Karstedt, S. (2023). “It’s a preventable type of harm”: Evidence-based strategies to prevent sexual abuse in schools. Child Abuse & Neglect, 145, 106419. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2023.106419

Rudolph, J. I., Zimmer-Gembeck, M. J., & Walsh, K. (2022). Recall of sexual abuse prevention education at school and home: Associations with sexual abuse experience, disclosure, protective parenting, and knowledge. Child Abuse and Neglect, 129. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2022.105680

Russell, D., Higgins, D., & Posso, A. (2020). Preventing child sexual abuse: A systematic review of interventions and their efficacy in developing countries. Child Abuse and Neglect, 102. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2020.104395

Safriyana, A., & Maulia, D. (2019). Keefektifan Penerapan Layanan Dasar Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Tentang Kekerasan Seksual. EMPATI-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2). https://doi.org/10.26877/empati.v6i2.4284

Sari, D. R., & Wulandari, M. D. (2022). Media Papan Bimbingan Untuk Meningkatkan Perlindungan Diri Dari Pelecehan Seksual Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 781–787. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2549

Situmorang, P. S. (2020). Pengaruh Pendidikan Seks Anak Usia Prasekolah Dalam Mencegah Kekerasan Seksual. Jurnal Masohi, 1(2), 2020. https://doi.org/10.36339/jmas.v1i2.355

Sri, M. A. (2021). Peran Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (P2TP2A) Dalam Pemberdayaan Perempuan. Universitas andalas.

Suhadianto, S., & Ananta, A. (2023). Pencegahan Kekerasan Seksual pada Remaja di Sekolah Menengah Pertama melalui Pemberian Psikoedukasi. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1), 177–186. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/amalee.v4i1.2056

Sulastri, E., & Astuti, D. P. (2020). Pendidikan Kesehatan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Dan Penyakit Menular Seksual. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 16(1), 93. https://doi.org/10.26753/jikk.v16i1.427

Tener, D., Lusky-Weisrose, E., Roe, D., Mor, R., Sigad, L. I., Shaharabani, M., Yahia-Zetawy, Y., Qwekiss-Halabi, S., & Rozenfeld-Tzafar, N. (2022). School principals coping with child sexual abuse in their schools. Child Abuse and Neglect, 129. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2022.105656

Triwahyuni, A. (2022). Evaluasi Proses Bimbingan dan Konseling Dalam Kegiatan Pendidikan Seksualitas Pada Remaja di SMP Regina Pacis Bogor [UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/59682%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/59682/1/ALVIA TRIWAHYUNI-FDK.pdf

Walsh, K., Brandon, L., & Kruck, L. A. J. (2019). Audit tool for assessing child sexual abuse prevention content in school policy and curriculum. Heliyon, 5(7). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02088

Wulandari, R., & Suteja, J. (2019). Konseling Pendidikan Seks dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Anak (KSA). Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 2(1), 61. https://doi.org/10.24235/prophetic.v2i1.4751

Zakaria, S. (2023, September 20). 11 Kasus Kekerasan Seksual Anak Terjadi di Bogor, 5 di Antaranya Terjadi di Sekolah. Republika. https://news.republika.co.id/berita/s1a0f8330/11-kasus-kekerasan-seksual-anak-terjadi-di-bogor-5-di-antaranya-terjadi-di-sekolah

Zulfahmi, A., Billah, M., & Erfantinni, I. H. (2021). Peran BK dalam Memberikan Pemahaman Pendidikan Seks kepada Siswa. Konseling: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 2(4), 111. https://journal.ilininstitute.com/konseling




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v9i1.23293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By