PENGEMBANGAN SELF IMPROVEMENT BOOK UNTUK MENEMANI RASA LONELINESS

Ahmad Wildan Hilmi, Meilla Dwi Nurmala, Raudah Zaimah Dalimunthe

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena loneliness yang ada di sekolah. Berdasarkan need assessment yang telah dilakukan di MAN 2 Kota Serang menggunakan instrumen angket yang disebar kepada 30 siswa kelas X IPA 5 didapatkan hasil sebanyak 37% peserta didik mengalami loneliness dalam kategori rendah, 50% peserta didik mengalami loneliness dalam kategori sedang dan 13% peserta didik mengalami loneliness dalam kategori tinggi. Berdasarkan dari data tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan self improvement book untuk menemani rasa loneliness yang dimiliki oleh peserta didik. Adapun penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Produk yang dikembangkan akan dilakukan uji validitas produk oleh para ahli yaitu ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan ahli praktisi. Adapun hasil dari uji validitas mendapatkan presentase sebesar 92%. Maka produk self improvement book untuk menemani rasa loneliness dinyatakan sangat layak digunakan. Selanjutnya produk akan diuji coba dalam skala terbatas kepada peserta didik. Adapaun hasil dari uji coba terbatas memperoleh hasil N-Gain score dengan presentase sebesar 69% dan mendapatkan kategori cukup efektif.


Keywords


Book, Self Improvement, Bimbingan dan Konseling, Loneliness

Full Text:

PDF

References


Journals

Budiarta, I. W., Margi, K., & Sudarma, I. K. (2016).Pengembangan Multimedia Interaktif Model ADDIE untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X-1 Semester Genap di SMAN 1 Sukasada, Buleleng, Bali. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2).

https://doi.org/10.23887/jjps.v4i2.3620

Febriani, Z. (2021). Perbedaan Tingkat Kesepian pada Remaja Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7032–7037.

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2055

Fiqriyah, E., Afiati, E., & Psikolog, P. D. D. C. (2021). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling Tentang Bermain Peran Makro untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Equivalent : Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, 3, 92–112.

https://doi.org/10.46799/jequi.v3i2.45

Fitriana, R., Karsih, & Fitri, S. (2022). Pengembangan Self Help Book untuk Mengatasi Kesepian pada Remaja dengan Teknik Menulis Cerita. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 11(1), 81–92.

Hawkley, L. C., & Capitanio, J. P. (2015). Perceived social isolation, evolutionary fitness and health outcomes: a lifespan approach. Philosophical Transactions of the Royal Society B: Biological Sciences, 370(1669), 20140114.

https://doi.org/10.1098/rstb.2014.0114

Perlman, D., & Peplau, L. (1981). Toward a social psychology of loneliness Personal relationships 3. Personal relationships in disorder, 3, 31–43.

Sagita, D., & Hermawan, D. (2020). Kesepian Remaja Pada Masa Pandemi COVID-19. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam), 3, 122–130.

https://doi.org/10.32505/enlighten.v3i2.1892

Samhah, S., Mustaji, M., & Rusmawati, R. D. (2023). Pengembangan Modul Layanan Informasi Bimbingan Konseling Pencegahan Perilaku Pacaran Peserta Didik MTs. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 7(02), 120–135.

https://doi.org/10.26740/bikotetik.v7n02.p120-135

Sitompul, D. N. (2015). Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing terhadap Perilaku Solidaritas Siswa dalam Menolong Teman. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

https://doi.org/10.30596/edutech.v1i01.265

Tambunan, H. (2008). Self- improvement dan persepsi positif tentang teknologi informasi dalam meningkatkan kompetensi teknologi informasi guru. Tabularasa: Jurnal Pendidikan PPS UNIMED, 5(2), 213–230.

https://api.semanticscholar.org/CorpusID:112673267

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1).

https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145

Yanguas, J., Pinazo-Henandis, S., & Tarazona-Santabalbina, F. J. (2018). The complexity of loneliness. Acta Bio Medica : Atenei Parmensis, 89, 302–314.

https://doi.org/https://doi.org/10.23750/abm.v89i2.7404

Books

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Dalam Jakarta: Rineka Cipta.

Rineka Cipta. Santrock, J. (2002). Adolescence: Perkembangan Remaja (W. C. Kristiaji & Y. Sumiharti, Ed.; 6 ed.). Erlangga.

Santrock, J. W. (2007). Adolescene: Perkembangan Remaja (Jilid 2). Erlangga.

Santrock, J. W. (2013). Adolescene: Perkembangan Remaja. Erlangga.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Website and online resources

Self-improvement | Dictionaries and vocabulary tools for English language learners | Wordsmyth. (2008).

https://www.wordsmyth.net/?ent=self-improvement




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v9i1.24483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By