IMPLEMENTASI CAREER PROFESSION CARD SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN KARIR PADA REMAJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan media career profession card terhadap wawasan karir siswa yang dilakukan di SMA Negeri 1 Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen one grup pre-test post-test design. Populasi pada siswa kelas XI SMA Negeri Cilegon tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan mendapatkan 7 siswa yang memiliki tingkat wawasan karir rendah yang kemudian diberikan treatment. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian dilihat dari pelaksanaan pretest dan posttest, diperoleh nilai rata-rata sebesar 57 menjadi 88. Kemudian hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,017. Nilai 0,017 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian bimbingan kelompok dengan media career professsion card dapat meningkatkan wawasan karir siswa SMA.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalina Zatil Aqmar, 2022. FAKTOR DETERMINAN KEMATANGAN PERENCANAAN KARIR SISWA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KERSANA). G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling 7, 01–11. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4406
Andriani, M.W., 2019. Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Papan Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Siswa Sekolah Dasar. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri 6, 68–77. https://doi.org/10.29407/nor.v6i2.13604
Daryanto, Farid, M., 2015. Bimbingan Konseling Panduan Guru Bk dan Guru Umum. Gava Media, Yogyakarta.
lissa, A.N.D., Budiningsih, T.E., 2020. Perlukah Perencanaan Karier pada Siswa SMA? Studi Korelasi Konsep Diri dan Perencanaan Karier Siswa SMA Negeri 1 Sulang. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah 11, 245–252.
Martunis, M., Bariah, K., Husen, M., 2017. Pengaruh Media Kartu dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Pengetasan Masalah Siswa, in: Proceeding Semianr Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017. pp. 110–121.
Nufus, A., 2017. Faktor Penentu Pemilihan Karir Siswa Smk Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal. E-Journal Bimbingan dan Konseling 3, 326–336.
Pambudi, P.R., Muslihati, M., Lasan, B.B., 2020. Strategi untuk Membantu Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa di Era Revolusi Industri 4.0. JKI (Jurnal Konseling Indonesia).
Priambodo, A., 2016. Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan media permainan kartu karir terhadap sikap pilihan karir siswa kelas XI di smp negeri 1 ungaran tahun ajaran 2015/2016. Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Purwaningrum, E.S., 2019. Efektivitas layanan bimbingan kelompok media kartu karier untuk meningkatkan kematangan karier. Prosiding SNBK 3, 124–129.
Rochani, R., Wibowo, B.Y., Prabowo, A.S., 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Career Profession Card Untuk Meningkatkan Wawasan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling 5.
Rohmah, U., 2018. Bimbingan Karir untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 16, 262. https://doi.org/10.21154/cendekia.v16i2.473
Setyo, G., 2014. Pengaruh Kematangan Karir Terhadap Pemilihan Karir Peserta Didik. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling 5, 647–658.
Sharf, R.S., 2014. Applying Career Development Theory To Counseling, 6th Editio. ed. Teresa Christie, MPS Limited, USA.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sulistiyanti, D., Fitria, E., 2020. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Kartu Uno Terhadap Eksplorasi Karier. PD ABKIN JATIM Open Journal 1, 29–49.
Ulul, A., 2016. Bimbingan dan Konseling Perkembangan di Sekolah (Teori dan Praktik). Ed 1.
Wicaksono, L., 2013. Pengaruh Informasi Karier Terhadap Pengambilan Putusan Karier Siswa SMA. Jurnal Guru Membangun 23.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v9i2.25012
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By