IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KARIR DALAM MERENCANAKAN PEMILIHAN STUDI LANJUT SISWA DI SMAN 13 PANDEGLANG

Nur Alfiani, Siti Hajar

Abstract


Salah satu problem yang dihadapi lulusan di SMAN 13 Pandeglang karena kurangnya minat siswa dan keterbatasan ekonomi atau finansial keluarga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program BK Karir dalam pemilihan studi lanjut dan permasalahan siswa terkait merencanakan pemilihan studi lanjut. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Dengan informan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum & kesiswaan, guru bk dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi. Proses pengolahan data menggunakan aplikasi NVivo berupa project map dan word cloud, hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa program program BK Karir terkait pemilihan studi lanjut telah dilakukan dengan baik dengan diadakannya konseling individu, layanan informasi, karir day, sosialisasi dari universitas, adanya MOU, menyediakan pohon karir, melaksanakan psikotes minat dan bakat, serta permasalahan siswa terkait pemilihan studi lanjut yaitu kurangnya minat dan bakat siswa untuk melanjutkan studi dan factor ekonomi. Kata Kunci: Program Bimbingan dan Konseling karir, Pemilihan Karir, Studi Lanjut


Keywords


Program Bimbingan dan Konseling karir, Pemilihan Karir, Studi Lanjut

Full Text:

PDF

References


Amundson, E. N. (2016). Elemen - Elemen Dalam Konseling Karier. Pustaka Pelajar.

Anna Lastya Tenaga Listrik Masuk Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Faktor Internal Dan Eksternal Di SMK Negeri, H., & Anna Lastya, H. (2019). Minat Siswa SMK Kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Minat Siswa Smk Kelas Xii Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Masuk Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Faktor Internal Dan Eksternal Di Smk Negeri 2 Langsa. In Jurnal Ilmiah Didaktika Februari (Vol. 19, Issue 2). www.google.com,

Asih Apriyani, W., Sastrawan, A., & Rosyid Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Untan Pontianak, R. (n.d.). Analisis Faktor Penyebab Siswa Lulusan Sma Tidak Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Di Sintang.

Dr. Amir Hamzah, M. (2020). Kematangan Karir dan Pengukurannya. Literasi Nusantara.

Ginsburg, S. W., & Axelrad John Herma, S. L. (1951). OCCUPATIONAL CHOICE An Approach To A General Theory.

Hardani, Andriani, H., dan Sukmana, D. . (2020). Buku Metodologi Penelitian Kualitatif &Kuantitatif. CV Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Merawati, D. (2019). Penerapan Data Mining Penentu Minat Dan Bakat Siswa Smk Dengan Metode C4.5. In Jurnal Algor (Vol. 1, Issue 1). https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/algor/index

Program, E. T., Bimbingan, S., Fakultas, K., Pendidikan, I., & Sosial, P. (2016). Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Orientasi Karir Remaja. In Jurnal Pendidikan Sosial (Vol. 3, Issue 1).

Tohirin 2014. (n.d.).

Wahidah, N., Cuntini, C., Fatimah, S., & Studi Bimbingan dan Konseling, P. (n.d.). Peran Dan Aplikasi Assessment Dalam Bimbingan Dan Konseling.

Walgito (dwi veronika septianti 2019). (n.d.).

Yuliani, W. (2018). Quanta Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. 2(2). https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642

Yunika Khairun, D., Sri Sulastri, M., & Hafina, A. (n.d.). Layanan Bimbingan Karir Dalam Peningkatan Kematangan Eksplorasi Karir Siswa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v9i2.25994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By