ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN ACTIVITY DAILY LIVING ABK MELALUI PROGRAM BK

Fahni Nurul Janah, Siti Hajar

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui Analisis kebutuhan, Kemampuan Activity Daily Living Siswa, serta program BK di sekolah. Metode yang digunakan yaitu kualitatif naratif. Dengan informan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum & kesiswaan, guru BK, siswa, teman siswa serta orang tua siswa. teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi. Proses pengolahan data menggunakan aplikasi Nvivo berupa project map dan word cloud. hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ABK mampu dalam melakukan kegiatan sehari-hari, namun ada beberapa siswa yang membutuhkan bantuan orang lain dalam melakukan aktivitas. program BK yang fokus kepada Activity Daily Living belum tersedia tetapi ada program untuk ABK yaitu mendeteksi dini dengan melihat siswa ABK sejauh mana perkembangan nya. Analisis kebutuhan berupa angket, daftar cek masalah, tes psikologis serta surat keterangan dari rumah sakit untuk ABK.


Keywords


Anak Berkebutuhan Khusus, Activity Daily Living (ADL), Program Bimbingan Konseling, Analisis kebutuhan

Full Text:

PDF

References


Abadi, R. F., Asmiati, N., & Elsa, D. S. (2021). Keterampilan Bimbingan Merawat Diri Pada Anak dengan Hambatan Intelektual Usia 12 Tahun di kp. Binuang Randu, Kec. Binuang, Kab. Serang-Banten. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 10–16.

Arafah, S. (2022). Pengembangan Pendidikan Inklusi: Argumentasi Dan Tantangan Di Era Modern. Mimikri: Jurnal Agama Dan Kebudayaan, 8(2), 450–504.

Faisah, S. N., Siregar, M. A., Firanda, Nandita, I., Mujahadah, Auliyah, A., Musdalifa, & Samsuddin, A. fFtrah. (2023). Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Belajar Mengenal Angka di SLB Bhakti Pertiwi Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 34–41.

Febrian, I. (2016). PSIKOLOGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. UNDIP Press Semarang.

Fiantika Rita Feny. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Mutia, S. (2021). Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Ar-Rainy, 1(1), 5–24.

Ningrum, N. A. (2022). Strategi Pembelajaranpada AnakBerkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(3), 181–196.

Pramudiana, I. D. (2017). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif untuk ABK di Surabaya Ika Devy Pramudiana Universitas Dr . Soetomo Surabaya Email : [email protected]. Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1–9.

Prastyo, E. K. (2021). Building At Home Anak Tunagrahita Pada Pembelajaran Adl ( Activity Daily Living ). 1(1), 1–18. https://doi.org/10.35719/sociocouns.vli2.xx

Pursitasari, I., & Allenidekania, A. (2019). Literature Review: Kemampuan Anak Berkebutuhan Khusus Melakukan Kebersihan Diri. Jurnal Kesehatan, 10(2), 305. https://doi.org/10.26630/jk.v10i2.1317

Ramadhana, R. N. (2020). Tantangan Pendidikan Inklusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lambung Mangkurat, 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v9i2.26548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By