ANALISIS LITERATUR MOTIVASI BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PROFIL PELAJAR PANCASILA
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi motivasi belajar siswa dalam konteks kemandirian belajar Profil Pelajar Pancasila menggunakan metode kualitatif melalui studi literatur. Fokus penelitian ini adalah menganalisis permasalahan, terutama sikap malas yang menurunkan motivasi belajar. Dengan mengkaji teori motivasi dan kemandirian belajar, penelitian ini menemukan bahwa pemahaman nilai-nilai Pancasila, seperti kemandirian dan tanggung jawab, meningkatkan kesadaran diri untuk bersikap mandiri pada siswa. Dampaknya, siswa menjadi lebih proaktif dan terlibat dalam pembelajaran. Kesimpulannya, penerapan prinsip Profil Pelajar Pancasila mampu meningkatkan motivasi belajar secara signifikan, mengurangi kemalasan, dan menciptakan lingkungan belajar produktif mandiri pada siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah Khonsa Nazari, Ratnasari Dyah Utami. 2020. “Peran Guru Dalam Melaksanakan Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5):3(2), 524–32.
Amani. 2017. “Peran Gutu Bimbingan Dan Konseling Dalam Memotivasi Belajar Siswa SMP N 15 Yogyakarta.” Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam 14(1):50–61.
Astuti, Yeni Dwi. 2023. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Identitas Nasional Era Revolusi Industri 4.0.” 1–9.
Basompe, Chintia Kurniasih, and Christiana Hari Soetjiningsih. 2023. “Pola Asuh Demokratis Dan Motivasi Belajar Siswa Sma Di Tentena Poso Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Cakrawala Ilmiah 2(5):1735–42. doi: 10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i5.4586.
Cahyono, Dedi Dwi, Mohammad Khusnul Hamda, and Eka Danik Prashastiwi. 2022. “Pemikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi Dalam Belajar.” Tajdid Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 6(1):37–48.
Emda, Amna. 2018. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 5(2):172. doi: 10.22373/lj.v5i2.2838.
Fadli, Muhammad rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21(1):33–54. doi: 10.21831/hum.v21i1.
Hariyadi, Misnawati, and Yusrizal. n.d. “MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MERDEKA BELAJAR SEBAGAI KUNCI SUKSES MAHASISWA JARAK JAUH.”
Juliartawan, I. G. N. Kade Angga, and Nanci Putu Riastini. 2022. “Teacher as a Motivator: Gender, Ownership of Educator Certificates, and Age of Elementary Teachers in Improving Student Motivation during Online Learning.” International Journal of Elementary Education 6(2):195–204.
Kemdikbudristek. 2021. Profil Pelajar Pancasila.
Lutfiwati, Sri. 2020. “Motivasi Belajar Dan Prestasi Akademik.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 10(1):54–63.
Making, Elisabeth kewa. 2023. “Studi Kasus Mengenai Strategi Belajar Pada Mahasiswa Yang Aktif Dalam Organisasi BEM FIS UNJ.” 1–10.
Masni, Harbeng. 2015. “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa.” Dikdaya 5(01):35.
Ningsih, Puji Rahayu, and Hadi Warsito Wiryosutomo. 2022. “Studi Kepustakaan Peran Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Saat Pandemi.” Jurnal BK UNESA 12(3):938–46.
Nursalim, Mochammad. 2022. “Peran Dosen Dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Perspektif Filsafat Pendidikan.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 7(desember):4.
Nursyaidah. 2017. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Siswa.” Forum Paedagogik Khusu Juli Samapi Desember 2014 70–79.
Pandia, Weny Savitry S., Agustina Hendriati, and Yapina Widyawati. 2022. Menilik Lebih Dalam Pendidikan Anak Usia Dini ( Peran Orang Tua, Guru Dan Institusi).
Putri, Novia Dumewa. 2019. “PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PERENCAAN KARIR SISWA KELAS Xl DI SMA NEGERI 1 JARAI MELALUI MEDIA POHON KARIR.” Jurnal Wahana Konseling 2(2):158. doi: 10.31851/juang.v2i2.4833.
Rahmadania, Anisyah, and Hery Noer Aly. 2023. “Implementasi Teori Hirarchy Of Needs Maslow Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Yayasan Cahaya Generasi Islam Kota Bengkulu.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5(4):261–72. doi: 10.31004/jpdk.v5i4.17456.
Rahman, Sunarti. 2021. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (November):289–302.
Rahmatullah, Azmi, and Sutama Sutama. 2021. “Pengelolaan Waktu Belajar Siswa Berprestasi Berbasis Smartphone Di Masa Pandemi Covid-19.” Manajemen Pendidikan 16(1):46–56. doi: 10.23917/jmp.v16i1.11357.
Sa’diyah, Rika. 2017. “Pentingnya Melatih Kemandirian Anak.” Kordinat 31–46.
Saptono, Yohanes Joko. 2016. “Motivasi Dan Keberhasilan Belajar Siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen.” Volume I | Nomor 1 | Maret 1(1):181–204.
Sholeh, Muh Ibnu. 2023. “Pengakuan Dan Reward Dalam Manajemen SDM Untuk Meningkatkan Motivasi Guru.” 10–23.
Wathon, A. 2018. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran.” 7–19.
Yanti, Silvia, and Edy Surya. 2022. “Kemandirian Belajar Dalam Memaksimalkan Kualitas Pembelajaran.” Kemandirian Belajar Dalam Memaksimalkan Kualitas Pembelajaran (December 2017).
Yulika, Rian. 2019. “Pengaruh Kecerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Sengkang.” Journal Uin Aluddin Makassar 8(2):252–70.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v10i1.30485
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By