PENINGKATAN HASIL LAYANAN KLASIKAL KONSEP PENGEMBANGAN KEHIDUPAN SOSIAL DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam penerapan model CTL meningkatkan hasil layanan klasikal siswa di SMAN 2 Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan tindakan kelas. Sumber data penelitian adalah guru, dan siswa kelas XI MIA. Pengambilan data menggunakan teknik observasi untuk mengetahui pelaksanaan layanan klasikal yang dilakukan guru BK/Konselor dan tes penilaian segera (laiseg) untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam konsep pengembangan kehidupan sosial melalui analisis tindakan pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian Model CTL dapat meningkatkan hasil layanan klasikal terhadap siswa. Hal ini berarti hipotesis terbukti.
Kata kunci: Layanan klasikal, model Contextual Teaching and learning (CTL).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dahlan, MD. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: CV Diponogoro
Kasbolah, Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Depdikbud
Maleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosadakarya
Permen Diknas. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Rahman. (2010). Alternatif Model Penelitian Tindakan Kelas. Panduan Seminar Nasional Pendidikan
Sadulloh, Uyih, dkk. 2007. Pedagogik. Bandung: Cipta Utama
Soedarsono. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Bagian Kedua Rencana, Desain, dan Implementasi. Yogyakarta: Depdikbud
Suparman, Atwi. 1997. Model-model Pembelajaran Interaktif. Jakarta: STIALAN Press
Sukmadinata, Nana. 2007. Bimbingan Konseling : Jakarta : Maestro
Suyatno. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Depdikbud
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v3i2.3930
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By