PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING MAHASISWA FKIP UNTIRTA BERBANTUAN SOFTWARE ANALISIS TUGAS PERKEMBANGAN

Deasy Yunika Khairun, Meila Dwi Nurmala

Abstract


The aim of research is for desaigning guidance and counseling program based on description of 5th grade student’s development step in all of study program in FKIP Untirta by using Inventori Tugas Perkembangan (ITP) and Analisis Tugas Perkembangan (ATP) software. This research was held in FKIP University of Sultan Ageng Tirtayasa. Subject of this research is 5th grade of students of all study program in FKIP University of Sultan Ageng Tirtayasa 2019/2020 academic year. Research using descriptive quantitave methods and using Inventory Tugas Perkembangan (ITP) instrument.

Keywords


Students, development task analysis

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2013). Psikolohi Sosial (edisi revisi). Jakarta : PT.Rineka Cipta .

Alfian, A. et.al. (2016). Profil Pencapaian Tugas Perkembangan Remaja di Kelas VII MTSN model padang. Artikel Mahasiswa STKIP. 02. Tidak Diterbitkan.

Ali,M.dan Ansori. (2006). Psikologi Remaja dan Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Bumi Aksara.

Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. (2006). Naskah Akademik Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Bandung: ABKIN.

Darlianis (2016). Profil Pencapaian Tugas Perkembangan Siswa di SMP Negeri 8 Teluk Kuantan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora . 2. (2). 61.

Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal : Jakarta.

Gumilang,G.S. (2017). Niche Konselor Indonesia dalam Pendidikan Formal. Jurnal Fokus Konseling. 2(1).32-40.

Gunarsa, S.D. & Gunarsa, Y.S.D. (2010). Psikologi Masalah Perkembangan Anak dan remaja. Jakarta : BPK Gunung Mulia.

Hartaji, D.A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Hermawan, Asep. (2005). Penelitian Bisnis Pragdigma Kuantitatif. Jakarta : Gramedia Sarana Indonesia.

http :// Kamus Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar.Web.id. Online. Di unduh pada kamis, 13 september, pukul 21.19.

Kartadinata,S.,dkk. (2003). Inventori Tugas Perkembangan Siswa SLTP LPBB-FIP dan Program Pascasarjana. UPI BANDUNG.

Khoiriyah, A. (2010). Pemanfaatan Inventori Tugas Perkembangan (ITP) dalam Pembuatan Program Bimbingan dan Konseling di SMPN 21 Pekanbaru. Skripsi pada Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. Tidak Diterbitkan.

Nurihsan, A.J. (2009). Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Paramita.V.G. 2010. Studi Kasus Perbedaan Karateristik Mahasiswa di Universitas ‘X’Indonesi dengan mahasiswa ‘Y’ Australia. Journal of humanora. 1(2).630-640.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.27 Tahun 2008. Tentang Standar Kualifikasi Akademik Kompetensi Konselor :Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014. Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi : Jakarta.

Santrock, J.W. (2013). Adolescense (Perkembangan Remaja). Terjemahan Jakarta : Penerbit Erlangga.

Saprudin, U.&Hunainah. (2015). Manajmen Bimbingan dan Konseling. Serang : Rizqi Press.

Sarumpaet. T.IR. (2017). hhtp://sarumpaet word press-. Inventori-tugas-perkembangan-itp.html?m=1. Diunduh pada selasa, 02 oktober 2018. Pukull 19.58 wb.

Sedanayasa, G. (2014). Pengembangan Pribadi Konselor. Singaraja : Graha Ilmu.

Setiawan, D.& Sitorus, J. (2017). Urgensi Tuntutan Profesionalisme dan Harapan Menjadi Guru Berkarakter. Journal Cakrawala.4.(3).122-129.

Siswoyo, D. (2012). Ilmu Pendidikan . Yogyakarta : UNY Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung : Alfabeta.

Sundari, T. (2018). Hubungan Bakat Dengan Kematangan Karir Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Cilegon. Skripsi Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tidak Diterbitkan.

Takwin (2008). Pengertian Mahasiswa. Jurnal Pendidikan : Tidak diterbitkan.

Tutiona ,Y.M. et al. (2016). Upaya Mengurangi Perilaku Membolos Melalui Konseling Individual Dengan Teknik Behavior Contract Pada Siswa SMP Negeri 6 Palu. 01. (01), 71.

UCC. (2018). Program Unit Counseling Center (UCC) Layanan Bimbingan dan Konseling. Serang : Untirta.

UPT LBK UPI BANDUNG (2012). Program Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. Bandung : UPI Bandung.

UU No.12 Tahun 2012. Tentang Pendidikan Tinggi : Jakarta .

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdikbud.

UPT LBK. (2012). Program Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. Bandung : UPI Bandung.

Widiyasputri, A.S. (2012). Tingkat Pencapaian Tugas-tugas Perkembangan Siswa, Faktor Pendukung dan Penghmabat, Serta Alternatif Pengatasannya, Pada Siswa Kelas VIII SMP N 3 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi Mahasiswa Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Tidak Diterbitkan.

Yukie. 2012. (http://bimbingan dan konseling-di-perguruan tinggi.html?m=1). Diunduh pada minggu, 30 september 2018 pukul 13.24 wb.

Yusuf, S. (2004) . Landasan Bimbingan dan Konseling. Upi Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yusuf, S. (2012). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung. Penerbit Usaha Nasional : Rizki Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v5i1.7915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By