EKSISTENSI TARI MANIMBONG DALAM UPACARA RAMBU TUKA’ MASYARAKAT TORAJA

Indry Ayu Novita, Wahyu Lestari

Abstract


Abstrak: Melihat dari keberagaman kebudayaan yang ada Indonesia, menjadikan Toraja menjadi salah satu wilayah atau suku yang memiliki keunikan tersediri bagi Indonesia. Dalam kebudayaan Toraja khususnya upacara adat Rambu Tuka’ atau syukuran, banyak kesenian yang ditampilkan saat upacara ini berlangsung, salah satunya ialah Tari Manimbong. Tari Manimbong merupakan tarian yang diperankan oleh kaum laki-laki yang dipentaskan bersamaan dengan Tari Ma’dandan (diperankan oleh kaum wanita). Tari Manimbong sudah mulai termasuk dalam kategori kesenian yang cukup eksis dikalangan masyarakat Toraja. Namun, melihat banyak hal yang terjadi yang kemudian mempengaruhi hal perlahan-lahan kurangnya pegelaran kesenian ini, mulai dari keadaan pandemi Covid-19 saat ini yang cukup mempengaruhi keberadaan semua kesenian yang ada serta sulitnya mementaskan tarian ini yang hanya boleh dilaksanakan pada upacara adat rambu tuka’ saja. Melihat kondisi tersebut, tentu harus ada upaya yang harus dilakukan pemerintah daerah dalam melestarikan tarian ini. Salah satu yang bisa dilakukan ialah dengan menggelar konser kesenian yang mungkin bisa dirangkaikan dengan kegiatan dalam Kabupaten contohnya seperti HUT. Maka dapat disimpulkan bahwa keberadaan Tari Manimbong jangan sampai mulai memudar, untuk itu mesti ada usaha untuk melestarikan Tari Manimbong ini, agar nantinya tarian ini tetap mengambil peran penting di masyarakat. 

 


Keywords


Kata Kunci: Tari Manimbong, Rambu Tuka’, Toraja

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari (ed.); Edisi ke-1). Jejak.

Gasong, D. (2015). Kearifan Lokal Dalam Cerita Rakyat Toraja Tulangdidi’. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 941–945. http://ukitoraja.ac.id/journals/index.php/jkip/article/view/51

Jazuli, M. (2014). Sosiologi Seni; Pengantar dan Model Studi Seni Edisi 2 (Edisi 2). Graha Ilmu.

Nugroho, F. (2019). Kebudayaan Masyarakat Toraja (R. Masita (ed.); Cetakan ke). JP Books.

Parapat, L. H., & Aritonang, D. R. (2019). Buku Ajar Sastra & Budaya Lokal Untuk Perguruan Tinggi (E. M. Harahap & K. Lubi (eds.); Cetakan Pe). Uwais Inspirasi Indonesia.

Pradewi, S., & Lestari, W. (2012). Eksistensi Tari Opak Abang Sebagai Tari Daerah Kabupten Kendal. Eksistensi Tari Opak Abang Sebagai Tari Daerah Kabupten Kendal, 1(1), 1–12.

Rahim, A. R. (2020). Mengenal Lebih Dekat Tana Toraja (N. Qaldy (ed.); Edisi Ke-1). Pustaka Taman Ilmu.

Rohidi, T. R. (2011). Metodologi Penelitian Seni (Edisi ke-1). Cipta Prima Nusantara.

Sakanthi, A. L., & Lestari, W. (2019). JURNAL SENI TARI Nilai Mistis pada Bentuk Pertunjukan Kesenian Kuda Lumping Satrio Wibowo di Desa Sanggrahan Kabupaten Temanggung. 8(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v6i1.11268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387