IMPROVISASI MELODI INSTRUMEN FLUTE DALAM MUSIK KERONCONG

Abdul Rachman, Sahora Dina Pangesty, Slamet Haryono, Sunarto Sunarto, Wahyu Lestari

Abstract


Flute merupakan salah instrumen melodi yang penting dalam musik keroncong selain biola. Flute pada musik keroncong sangat identik dengan improvisasi dalam setiap pembawaan lagu. Keberadaan improvisasi dalam musik keroncong menjadi ciri khas setiap pemain keroncong khususnya improvisasi flute. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas improvisasi melodi pada instrumen flute dalam musik keroncong. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, sajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Improvisasi flute dilakukan pada empat bagian yaitu improvisasi prospel, middle spell, filler, dan coda. Ditemukan pola dan teknik yang hampir  sama dari setiap pemain flute, namun demikian keindahan hasil improvisasi bergantung pada feeling, pengalaman bermain, Teknik, dan wawasan dari masing-masing pemain.


Keywords


Improvisasi, Melodi, Flute, Keroncong, Instrumen

Full Text:

PDF

References


A’yun, W. Q., & Rachman, A. (2019). “Keroncong in Jamaican Sound” Sebuah Inovasi Dalam Melestarikan Musik Keroncong di Bandung. Jurnal Seni Musik Unnes, 8(1).

Arikunto, S. (1992). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka CIpta.

Asriyani, N., & Rachman, A. (2019). Enkulturasi Musik Keroncong oleh O.K Gema Kencana Melalui Konser Tahunan di Banyumas. In Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik (Vol. 1, Issue 2, pp. 74–86). Universitas Negeri Padang (UNP). https://doi.org/10.24036/musikolastika.v1i2.27

Ferzacca, S. (2015). Learning How to Listen : Kroncong Music in a Javanese Neighborhood Learning How to Listen. The Senses and Society, 8927(October). https://doi.org/10.2752/174589206778476207

Ferzacca, S., Hickey, M., & Bunnell, T. (2012). Deep Sound , Country Feeling : Kroncong Music in a Javanese Neighbourhood. 180.

Ganap, V. (2006). Pengaruh Portugis pada Musik Keroncong (Portuguese Influence to Kroncong Music). Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 7(2).

Ganap, V. (2011). Krontjong Toegoe. Badan Penerbit Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Ganap, V. (2020). Krontjong Toegoe: Asal-usul Musik Keroncong (I. Suhanda (ed.)). PT Kompas Media Nusantara.

Harmunah. (1987). Musik Keroncong: Sejarah, Gaya, dan Perkembangan. Pusat Musik Liturgi.

Harmunah. (1996). Musik Keroncong. Pusat Musik Liturgi.

Kratus, J. (1996). A Developmental Approach to Teaching Music Improvisation. International Journal of Music Education, 26(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1177/025576149502600103

Kusumah, A. (2021). Teknik Improvisasi Gitar dalam Musik Keroncong. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 4(2), 263–277.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda.

Pambajeng, N. R. S., Suryati, S., & Musmal, M. (2019). Teknik Vokal dan Pembawaan Lagu Keroncong Stambul “Tinggal Kengangan” Ciptaan Budiman BJ oleh Subarjo HS. In PROMUSIKA (Vol. 7, Issue 1, pp. 29–37). Institut Seni Indonesia Yogyakarta. https://doi.org/10.24821/promusika.v7i1.3166

Patricia, J. (2001). The Function of Non-Functional Harmony. Jazz Educator Journal. https://www.patriciajulien.com/non-functional-harmony-patricia-julien.pdf

Prakosa, G. R., & Haryono, S. (2012). Improvisasi Permainan Cello Pada Permainan Irama Jenis Langgam Jawa Grup Orkes Keroncong Harmoni Semarang. Jurnal Seni Musik, 1(1), 68–76.

Qurrata A’yun, W., & Rachman, A. (2019). “Keroncong in Jamaican Sound” Sebuah Inovasi dalam Melestarikan Musik Keroncong di Bandung. Jurnal Seni Musik Unnes, 8(1).

Rachman, Abdul; Utomo, U. (2018). “Sing Penting Keroncong”: Sebuah Inovasi Petunjukkan Musik Keroncong Di Semarang. JPKS: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(1).

Rachman, A. (2013). Bentuk dan Analisis Musik Keroncong Tanah Airku Karya Kelly Puspito. HARMONIA - Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 13(1), 69–77.

Rachman, A., & Pribadi, S. E. (2019). Kroncong Music in Semarang: A Process of Enculturation. IJAL: IC ADRI 23- ICUTK, June Pattaya – Thailand, 4(2), 1–9. https://drive.google.com/drive/folders/1vlRHgCoi07hYzJnY3T9ywS8VjWSJdB8d

Rachman, A., & Utomo, U. (2018). “Sing Penting Keroncong”: Sebuah Inovasi Pertunjukkan Musik Keroncong di Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(1).

Rachman, A., & Utomo, U. (2019). The Rhythm Pattern Adaptation of Langgam Jawa in Kroncong. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 276 2nd International Conference on Arts and Culture (ICONARC 2018), 276(Iconarc 2018), 99–101.

Rachman, A., Utomo, U., & Asriyani, N. (2019). Penciptaan lagu keroncong berbasis kearifan lokal di kota semarang. JPKS: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 4(2), 101–114.

Ramadhani, F. A., & Rachman, A. (2019). Resistensi Musik Keroncong di Era Disrupsi: Studi Kasus pada O.K Gita Puspita di Kabupaten Tegal. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 1(1), 41–51.

Soeharto; Soenardi, Achmad; Sunupratomo, S. (1996). Serba Serbi Keroncong (Muchlis (ed.); September). Musika Jakarta Pusat.

Soeharto, D. (1996). Serba-Serbi Musik Keroncong. Musika.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasinya (Mixed Methods). CV. Alfabeta.

Wijayadi, A. S. (2007). Mendayung di antara tradisi dan modernitas: sebuah penjelajahan ekspresi budaya terhadap musik keroncong. Hanggar Kreator.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v7i2.16685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387