MOTIVASI DAN MINAT MAHASISWA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN PRODI PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN (Studi Kasus Mahasiswa PSP FKIP Untirta Angkatan 2022)
Abstract
Abstract : The purpose of this study was to determine the motivation and interest of Pendidikan Seni Pertunjukan (PSP) students in making decisions regarding the selection of the Pendidikan Seni Pertunjukan Study Program at Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, with a total population of 56 students in class 2022 with a total sample (Total Sampling). The research was carried out using surveys, meanwhile data collection was carried out by filling out questionnaires via the Google form, which were then analyzed by means of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that student motivation and interest are factors in determining student decision making in choosing a Pendidikan Seni Pertunjukan study program. This is shown from the answers of students where 42% of students have very high motivation, 52% have high motivation, 5% have low motivation and 1% have very low motivation. While 42% of students have very high interest, 54% have high interest and 4% have low interest. Meanwhile, in decision making, students agreed that the decision they made was right with a score of 25% very right, 64% right and 11% not right. The results of the respondents' answers show that student motivation and interest tend to be in the high category and student decision making in choosing a PSP study program is felt to be appropriate and in line with expectations. Because the decision to choose a study program in tertiary institutions is the result of the best consideration of each individual to prepare for the future.
Keywords : Motivation, Interests, Decision Making, Pendidikan Seni Pertunjukan
Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi dan minat mahasiswa PSP dalam pengambilan keputusan pemilihan prodi Pendidikan Seni Pertunjukan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dengan jumlah populasi seluruh mahasiswa angkatan 2022 sebanyak 56 orang dengan sampel keseluruhan (Total Sampling). Penelitan yang dilakukan menggunakan survey, sementara itu pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuisioner melalui google form, yang kemudian di analisis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Motivasi dan minat mahasiswa menjadi factor dalam penentuan pengambilan keputusan mahasiswa dalam memilih prodi Pendidikan Seni Pertunjukan. Hal ini ditunjukan dari jawaban mahasiswa dimana 42% mahasiwa memiliki motivasi yang sangat tinggi, 52% motivasinya tinggi, 5% motivasinya rendah dan 1% motivasinya sangat rendah. Sementara 42% Mahsiswa memiliki minat sangat tinggi, 54% minatnya tinggi dan 4% minatnya rendah. Sedangkan dalam pengambilan keputusan mahasiswa setuju bahwa keputusan yang mereka ambil tepat dengan nilai 25% sangat tepat, 64%Tepat dan 11% Tidak Tepat. Hasil jawaban responden menunjukan Motivasi dan Minat mahasiwa cenderung berada pada kategori tinggi dan pengambilan keputusan mahasiswa dalam memilih prodi PSP dirasa tepat dan sesuai dengan ekspektasi. Karena keputusan memilih program studi di perguruan tinggi merupakan hasil pertimbangan terbaik dari setiap individu untuk mempersiapkan masa depan.
Kata Kunci : Motivasi, Minat, Pengambilan Keputusan, Pendidikan Seni Pertunjukan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriska, A.E. (2015). Pengaruh Minat dan Motivasi Siswa Terhadap Keputusan Memilih Program Lintas Minat Ekonomi SMA N 1 Binangun Kabupaten Cilacap (Studi Pada Kelas X Tahun Ajaran 2014/2015). Semarang, FE UNNES.
Fitrawan, A. (2020). Pengaruh Minat Mahasiswa Terhadap Keputusan Dalam memilih Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Angkatan 2019). Makassar, FEB UMM.
Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2019). Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Seni Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Online (E-Learning & Mobile Learning). JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 4(2).
Fujiawati, F.Si; Raharja, R M; Iman A, (2020) “Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. FKIP UNTIRTA, vol. 3, no. 1, pp. 120–126,.
Fujiawati, F.S, Raharja, R.M (2022). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Seni Pertunjukan Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 7 (1)
Mahanani, S. (2018). Pengaruh Motivasi dan Sikap Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan Dengan Minat Sebagai Variabel Moderating Pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Makasasn UIN Alauddin.
Raharja, R.M, Wardhani, Rr, D.K, Rosidah, L. (2021). Kinerja Guru PAUD Di Kota Serang Pada Masa Pandemi Covid 19. Murhum (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini) 2 (1)
Raharja, R.M (2014). Pemanfaaran Sistem Informasi Manajemen dan Strategi Penambilan Keputusan Terhadap Efektivitas Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah. Bandung SPS UPI.
Tulhalim, R, Bakkareng, Delvianti. (2021). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Manajemen Pada Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti Padang (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen). 3(3)
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v7i2.17780
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My StatsThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387