ILUSI OPTIS KARYA SENI LUKIS AT SITOMPUL DI YOGYAKARTA

Raden Angga Bagus Kusnanto, Dedy Firduansyah, Willy Lontoh

Abstract


Penelitian ini berfokus pada kecenderungan seniman At. Sitompul memilih ilusi optik (Op Art) dalam berkarya, perkembangan teknik karya At. Sitompul serta karakteristik karya lukis seniman At. Sitompul. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif dengan teknik pengumpulan datat meliputi observasi, InDepth Interview dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pertama, daya pukaunya yang optis dimana dinamis visualnya. Kedua, Perkembangan teknik diantaranya Psikovisual, Ekspresif, Bordes, Alfabetis dan Ketiga, karakteristik yang terkandung pada lukisan At. Sitompul adalah tema yang diangkat berawal dari buah pemikiran apa yang sedang dirasakan, menggunakan tekstur semu dan nyata pada karyanya, warna yang fleksibel yang dapat menyesuaikan dengan apa yang ingin dicapai dalam karyanya, bentuk geometris yang acapkali hadir pada karyanya serta gaya ilusi optis yang hampir ditampilkan pada seluruh karyanya.


Keywords


Ilusi Optik (Op Art), Seni Lukis, Karakteristik,

Full Text:

PDF

References


Kartika, D, S. (2004). Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.

Kusnanto, R. A. B. (2019). Paradigma Pendidikan Seni; Belajar Melalui Seni Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 6(2), 155-162.

Kusnanto, R. A. B., & Frima, A. (2022). Perspektif Belajar Dengan Seni Di Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Pendidikan, 16(2), 286-295.

Sumaryadi, S. (1987). Seni dan Ilmu: sebuah Sorotan Kecil. Cakrawala Pendidikan, 85107.

Qowy, S. A. (2020). Penciptaan Ilusi Optik Dalam Karya Kriya (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v8i1.19273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387