Perancangan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook Pada Mata Kuliah Kajian Instrumen Kendang

Tri Suhatmini Rokhayatun, Setya Rahdiyatmi Kurnia Jatilinuar, Ipuk Widyastuti, Farid Azzani Prasanaya

Abstract


ABSTRAK

Pembatasan kapasitas belajar pada pembelajaran luring pasca pandemi Covid-19 atau era new normal berdampak pada perubahan metode pembelajaran mata kuliah praktek menjadi blended learning, termasuk pada mata kuliah Kajian Instrumen Kendang. Belum tersedianya materi dan media pembelajaran blended learning yang variatif bagi mata kuliah praktek di Jurusan Karawitan ISI Yogyakarta menjadi faktor pendukung pentingnya penelitian ini dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah merancang e-modul interaktif berbasis flipbook pada mata kuliah Kajian Intrumen Kendang. Penelitian ini menggunakan teori sistem simbol, e-learning, dan klasifikasi media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) karena model yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan prinsip ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development or Production (Pengembangan), Implementation or Delivery (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi). Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan diskografi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan penyajiannya dideskripsikan melalui pendekatan kualitatif.  Hasil dari penelitian ini berupa laporan, jurnal, dan e-modul interaktif berbasis flipbook. Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) penelitian ini diharapkan mampu mencapai level 6 dengan produk e-modul interaktif mata kuliah Kajian Instrumen Kendang.

Kata kunci:

E-modul, flipbook, media pembelajaran.


Keywords


E-modul, flipbook, media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Asmi, A. R., Surbakti, A. N., & C, H. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Materi Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Mata Kuliah Pancasila MPK Universitas Sriwajaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 1-10.

Arsyad. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Crozier, G., Denzin, N., & Lincoln, Y. (1994). Handbook of Qualitative Research. British Journal of Educational Studies, 42(4), 409. https://doi.org/10.2307/3121684

Denzin, Norman K., Y. S. L. (2009). Handbook of Qualitative Research. Pustaka Pelajar.

Istiningsih, S., & Hasbullah, H. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 1(1), 49. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.79

Jatilinuar, S. R. K. (2021). Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Smartphone pada Mata Kuliah Praktek di Jurusan Karawitan ISI Yogyakarta. Sajojo, 1(1), 11–19.

Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5.

Lionar, U. (2017). Identifikasi Nilai Multikulturalisme dalam Buku Teks Pelajaran Sejarah Indonesia Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1).Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Academia.Edu.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Academia.Edu.

Sari, I. P. (2018). Implementasi Model ADDIE dan Kompetensi Kewirausahaan Dosen Terhadap Motivasi Wirausaha Mahasiswa. Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6. No.1, 83–94. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jepk.v6n1

Ramli, Muhammad. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Rasyid, Magfirah., Azis, Andi Asmawati., dan Saleh, Andi Rahmat Saleh. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Konsep Sistem Indera Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Negeri Makasar. Vol. 7.

Yulinar. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Kvisoft Berbasis Androind Kelas X SMAN 4 Jeneponto. Makassar: UIN Alauddin Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v8i1.19316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387