Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Muatan Pelajaran SBdP

Ana Novitasari, Liya Pebriyanti, Moh rosyid Mahmudi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini berdasarkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran SBdP di kelas III SD Negeri 10 Koto Baru. Rendahnya hasil belajar peserta didik dikarenakan peserta didik kurang memperhatikan pada saat proses pembelajaran, maka menyebabkan banyaknya nilai peserta didik masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum KKM yang harus dicapai peserta didik pada muatan pelajaran SBdP adalah 70. Penelitin ini bertujuan untuk menegtahui pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar peserta didik muatan pelajaran SBdP kelas III SD Negeri 10 Koto Baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Dalam penelitan yang digunakan yaitu penelitian pre-eksperimental designs (non-designs). Pada penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest Designs. Tahapan penelitian ini adalah persiapan, pelaksanaan dan peneyelesaian. Dan teknik analisis data yang peneliti lakukan yaitu uji normalitas dan uji non parametrik. Hasil penelitian ini terlihat hasil pretest dengan nilai rata-rata 55,38 sedangkan nilai posttest dengan rata-rata 74,66. Pada uji normalitas untuk data pretest berdistrbusi normal dan untuk data posttest berdistribusi tidak normal. Karena data berdistribusi tidak normal maka dilakukan uji hipotesis non parametrik. Dengan hasil uji non parametrik menggunakan wilcoxon SPSS 20 diperoleh hasil signifikasi sebesar 0,000. Karena nilai signifikasi 0,000 <0,5, dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar peserta didik muatan pelajaran SBdP kelas III SD Negeri 10 Koto Baru.

 

Kata Kunci : Hasil belajar, Model Student Team Achievement Division (STAD), SBdP.


Keywords


Hasil belajar; Model Student Team Achievement Division (STAD); SBdP

Full Text:

PDF

References


Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82

Asmedy, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.41

Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siwa. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 16. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2

Febryananda, I. P. (2019). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI OTKP PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PELAYANAN PRIMA KEPADA PELANGGAN DI SMKN 2 KEDIRI. Pendidikan Administrasi Perkantoran, 07(04), 170–174.

Fitrianingtyas, A., & Radia, A. H. (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning siswa kelas IV SDN Gedanganak 02. Mitra Pendidikan, 1(6), 708–720. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/141/65

Handayani, S. S. E., Suherman, S., & Masnur, M. (2021). Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran SBdP Di KelasV SDN 123 Banti. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(2), 26–37. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i2.2806

Irawana, T. J., & Desyandri, D. (2019). Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222–232. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47

Irsyanuna. (2021). model pembelajaran kooperatif dalam menubuhkan keatifan belajar siswa. 1(1), 1–13.

Khoiriyah, Niswati, S. S. S. (2017). PEMANFAATAN PEMUTARAN MUSIK TRHADAP PSIKOLOGIS PASIEN PADA KLINIK ELLENA SKIN CARE DI KOTA SURAKARTA. 6(2), 81–90.

Ma’rifah, S. S. (2018). 'HELPER” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46.

Mareza, L. (2003). Cultural Art And Craft Education As A General Intervention




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v8i2.21275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387