MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIKAL MELALUI BERMAIN ALAT MUSIK ANGKLUNG (Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui proses penerapan kegiatan bermain alat musik angklung, (2) untuk mengetahui peningkatan kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang Melalui bermain alat musik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan yang menggunakan model kemmis dan MC Taggart. Subjek penelitian adalah 15 anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten. Objek penelitian yaitu kecerdasan musikal anak. metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 60%. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan musikal anak meningkat menjadi 68% dari hasil pra penelitian sebesar 26% naik di siklus I sebesar 42% dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain alat musik angklung dapat meningkatkan kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiningsih, Neni Utami. 2008. Permainan kreatif asah kecerdasan musik balita. Bandung : Karya Kita.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hopkins, David. 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kamtini. Tanjung, Husni Wardi. 2005. Bermain melalui gerak dan lagu di taman Kanak-kanak. Jakarta: DEPDIKNAS.
Kubarsah, R Ubun. 1995. Waditra Mengenal Alat-alat Kesenian Daerah Jawa Barat. Bandung: Beringin Sakti.
Latief, Mukhtar. Et al. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Lwin, May. Et al. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai komponen Kecerdasan. Jakarta: Indeks.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E, 2013. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musbikin, Imam. 2009. Kehebatan Musik Untuk Mengasah Kecerdasan Anak. Jogjakarta: Power Books
Musfiroh, Takdiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecredasan (Stimulasi Multiple Intellegences Anak Usia Taman Kanak-kanak ). Jakarta: Universitas Terbuka.
Musfiroh, Takdiroatun. 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ningsih, Murni, I. 2008. Alat Musik Tradisional Nusantara. Bandung: Pringgandani.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2010. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Syahroni. 2008. Aplikasi Praktis Pengajaran Seni Musik. Bandung: Karsa Persada.
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana
Yaumi, M. dan Ibrahim N. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intellegences). Jakarta : Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v2i1.2503
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My StatsThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387