Tubuh, Rupa, dan Busana: Eksplorasi Body Painting Dayak dalam Tata Rias dan Busana di Pendidikan Sendratasik UPR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aghnia, I. M., Na’am, M. F., & Sinaga, S. S. (2023). Bentuk Visual Patung Macan Kurung Kabupaten Jepara: Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 13(1), 27–34. https://doi.org/10.23887/jjpsp.v13i1.60969
Barthes, R. (t.t.). Elemen-Elemen Semiologi. Basabasi.
Dahlin, J., & Svensson, E. (2021). Revitalizing Traditional Agricultural Practices: Conscious Efforts to Create a More Satisfying Culture. Sustainability, 13(20), 11424. https://doi.org/10.3390/su132011424
Domingo Sanz, I., Fiore, D., & May, S. K. (2008). Archaeologies of art: Time, place, and identity. Left Coast Press.
Elements of Semiology by Roland Barthes. (t.t.). Diambil 18 Februari 2025, dari https://www.marxists.org/reference/subject/philosophy/works/fr/barthes.htm
Girindraswari, N. A. (2023). Meneroka Motif Kuda Lumping Antara Surealisme Dan Realisme. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 8.
Girindraswari, N. A., Hidayatullah, M. A., Astuti, A. A., Samosir, H. T. G., & Mayangsari, M. A. (2024). Benang Bintik: Batik Motif Babukung sebagai Pilar Ekonomi Kreatif Lamandau. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 7(2), 1680–1688. https://doi.org/10.31539/kaganga.v7i2.12707
Hall, S., Nixon, S., & Evans, J. (2024). Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. SAGE Publications.
Jung, C. G. (2018). Manusia dan Simbol-simbol. BASABASI.
Kanzunnudin, M. (2022). Analisis Semiotik Roland Barthes Pada Puisi ‘Ibu’ Karya D. Zawawi Imron (Semiotic Analysis Of Roland Barthes At “Ibu” Poetry By D. Zawawi Imron) | Kanzunnudin | Sawerigading. SAWERIGADING, 28(2). https://doi.org/10.26499/sawer.v28i2.1040
Masturoh, A. (2021). Pembuatan Kosmetik Pidih Hijau (Lotho) Menggunakan Pewarna Alami Ekstrak Daun Pandan Dan Daun Suji. Beauty and Beauty Health Education, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/bbhe.v10i1.44597
Miroto, M. (2022). Dramaturgi Tari. BP ISI Yogyakarta. http://digilib.isi.ac.id/11154/
Novriadi, F., & Mayar, F. (t.t.). Memperkenalkan Drama Musikal Untuk Membangun Kreativitas Dan Kepercayaan Diri Di Sekolah Dasar.
Olong, H. A. K. (2006). Tato. Lkis Pelangi Aksara.
Phillips, P. P., Phillips, J. J., & Ray, R. (2020). Proving the Value of Soft Skills: Measuring Impact and Calculating ROI. Association for Talent Development.
Restian, A. (2019). Koreografi Seni Tari Berkarakter Islami untuk Anak Sekolah Dasar. UMMPress.
Sulistyanto, B. (2022). Transformasi Seni Gores Tato: Kajian Semiotik Dan Maknanya. AMERTA, 40(2), 109–124. https://doi.org/10.55981/amt.2022.46
Tinarbuko, S. (2017). Semiotika Tanda Verbal dan Tanda Visual Iklan Layanan Masyarakat. Panggung, 26(2). https://doi.org/10.26742/panggung.v26i2.175
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Bumi Aksara.
Vahini Kumara, P. P., & Westra, I. K. (2021). Perlindungan Motif Tato Suku Dayak dalam Dimensi Hukum Hak Cipta di Indonesia. Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 10(3), 655. https://doi.org/10.24843/JMHU.2021.v10.i03.p16
Wicaksana, I. D. K. (2025). Makna Dan Nilai Seni Rupa Papua Sebagai Bentuk Identitas Budaya Berbasis Kearifan Lokal: Suatu Tinjauan Interdisipliner. Prosiding Seminar Nasional Pusaran Urban, 4, 98–120.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v10i1.31363
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My StatsThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387