Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Drumbannd di Sekolah Dasar Negeri Mekarsari II Kabupaten Tangerang

Eka Yulyawan Kurniawan

Abstract


Sekolah merupakan tempat formal untuk siswa belajar, yang didalamanya ada kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan untuk pengembangan minat ataupun wadah untuk membina karakter siswa yang tidak bisa dilakukan secara maksimal didalam kelas pada kegiatan intrakurikuler, salah satu ekstrakurikuler yang menjadi minat utama siswa sekolah dasar adalah ekstrakurikuler drumband, di Sekolah Dasar Negeri Mekarsari II terdapat ekstrakurikuler drumband yang terkenal dilingkungan Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang. Dalam kegiatan ekstrakurikuler drumband terdapat nilai-nilai pendidikan karakter seperti bekerjasama, disiplin, toleransi, dan lain sebagainya, untuk itu proses pembelajaran drumband seharusnya tidak asal-asalan, harus memiliki program yang jelas, tidak hanya psikomotorik tapi afektif dan kognitif harus mencakup didalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dimana peneliti memaparkan kejadian nyata sesuai fakta dilapangan. Diharapkan nantinya ekstrakurikuler drumband mampu menjadi tempat mengembangkan bakat dan karakter siswa sekolah dasar yang sesuai dengan tujuan ekstrakurikuler.

 


Keywords


Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler, Drumband

Full Text:

PDF

References


Banoe, Pono.(1989). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2002). Jakarta: Balai Pustaka.

Lutan, Rusli. (1986). Interaksi Kegiatan Intrakurikuler, Ko-kurikuler dan

Ekstrakurikuler. Bandung: Depdikbud.

Nasution, S. (1996). Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito

Sinaga, Syahrul. (1993) Beberapa Metode Pengajaran Drumband di Sekolah

Taman Kanak – kanak. Semarang : FPBS IKIP Semarang Press

Soharto, M .(1989) Pelajaran Seni Musik. Jakarta : Gramedia

Sugiyono , (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Trisanto Koerniawan. (2007) Pelaksanaan Pembelajaran Musik Drum Band Di Smp Negeri 1kedungjat. 2007. Universitas Negeri semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v3i2.4575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387