Implementasi Pembelajaran Tari dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Usia 4-6 Tahun (Penelitian Kualitatif Deskriptif di Sanggar Raksa Budaya Kota Serang - Banten)

Tineung Arum Purnamasari, Alis Triena Permanasari

Abstract


Abstract : This research is motivated by the self-confidence of children aged 4-6 years who have developed well in Sanggar Raksa Budaya. This confidence can develop due to dance learning conducted at Sanggar Raksa Budaya. Target of Cultural Mercury and to study supporting and inhibiting factors in developing self-confidence of children aged 4-6 years at Sanggar Raksa Budaya. In this study, researchers used a qualitative descriptive method. The subjects of this study were children of Group A Sanggar Raksa Budaya who supported 15 children. Data collection techniques obtained in research obtained from observations, interviews, field notes and documentation. Upon approval, the researcher analyzed the data as expected. Based on the results of research that can be obtained from the learning process for children aged 4-6 years, it is done through the planning stage with the preparation of syllabus, the implementation stage with motion training, renewal carried out to learn learning. Child's self-confidence develops well because at the time of assessment the child is required to demonstrate the dance in front of other group friends without being exemplified by the trainer. While the supporting factors of dance learning are the willingness to participate in learning activities that arise from children without coercion from other parties and the availability of infrastructure facilities. As for the inhibiting factors, namely the feeling of boredom that arises when learning takes place.

 

Abstrak : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa percaya diri anak usia 4–6 tahun yang berkembang baik di Sanggar Raksa Budaya. Rasa percaya diri ini dapat berkembang karena disebabkan oleh pembelajaran tari yang dilakukan di Sanggar Raksa Budaya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tari dalam mengembangkan rasa percaya diri anak usia 4-6 tahun di Sanggar Raksa Budaya dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat impelementasi dalam mengembangkan rasa percaya diri anak usia 4-6 tahun di Sanggar Raksa Budaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak-anak Kelompok A Sanggar Raksa Budaya yang berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dalam penelitian berasal dari pengamatan (observasi), wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penulisan laporan, peneliti menganalisa data sesuai dengan aslinya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa proses pembelajaran tari untuk anak usia 4-6 tahun dilakukan melalui tahapan perencanaan dengan menyiapkan silabus, tahapan pelaksanaan dengan melatih gerak, tahap evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui pencapaian pembelajaran. Rasa percaya diri anak berkembang dengan baik karena pada tahap evaluasi anak dituntut untuk memperagakan tarian didepan teman-teman kelompok yang lain tanpa dicontohkan pelatih. Adapun faktor pendukung dari pembelajaran tari yaitu kemauan mengikuti kegiatan pembelajaran yang muncul dari dalam diri anak tanpa paksaan pihak lain dan tersedianya sarana prasarana. Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu rasa bosan yang muncul saat pembelajaran berlangsung.


Keywords


Implementasi Pembelajaran Tari, Rasa Percaya Diri, Anak usia 4-6 Tahun

Full Text:

PDF

References


Afiatin, T. & Martaniah, S.M. 2000. Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Melalui Konseling Kelompok. Jurnal Psikologika, No. 6. Tahun III.

Alwisol.2007. Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press

Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta:Penerbit Erlangga

Elisabeth B. Hurlock.2003. Perkembangan Anak II. Jakarta: Penerbit Erlangga

Ghufron, M. N. dan Risnawati, S. R. 2011. Teori-teori Psikologi.Jogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hibbana S. Rahman. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Yogyakarta: PGTKI Press.

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar)

Sekarningsih, Frahma dan Rohayani, Heny. 2006. Pendidikan Seni Tari dan Drama. Bandung: UPI Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v4i1.6844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387