ESTETIKA SENGGAKAN DALAM KARAWITAN JAWA : Studi Kasus Gending Widhanti

Andyarini Hibatussyam, Asep Saepudin

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji tentang estetika senggakan dalam sajian karawitan. Senggakan yang dikaji adalah senggakan yang terdapat dalam Gendhing Widhanti Laras Pelog Pathet Barang. Hal ini dibahas atau dikaji menggunakan metode deskriptif analisis. Tulisan ini membahas senggakan secara detail sesuai dengan aplikasinya dalam sajian karawitan. Senggakan adalah vokal yang menyela di dalam sindhenan atau gerongan yang berbentuk rangkaian kata-kata dengan makna tertentu. Senggakan pada umumnya dilakukan oleh sejumlah pengrawit atau wiraswara, bahkan oleh pesindhen yang bukan vokal tunggal. Kedudukan senggakan dalam gendhing karawitan adalah  untuk melengkapi teks atau cakepan yang pokok maupun yang tidak berkaitan. Namun, ada kalanya senggakan berfungsi memberi komentar atau jawaban terhadap teks pokok. Studi kepustakaan tersebut ditinjau dari konsep – konsep mengenai pembelajaran seni dan estetika seni. Estetika senggakan dalam Karawitan Jawa sangat menarik untuk dikaji secara mendalam pada penelitian ini.


Keywords


estetika, senggakan, tembang, karawitan.

Full Text:

PDF

References


Adzkia, Sagaf Faozata.2016. Kesenian Laras Madya sebagai Materi Pelajaran Seni Budaya dalam Lima Orientasi Nilai Pendidikan Gage dan Berliner. Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, Vol.1 No.71-80.

Budiarti, Muria.2013.Konsep Kepesindenan dan Elemen-elemen Dasarnya. HARMONIA, Vol.13 No.2.

Murwaning, Dyah.2013.Senggakan sebagai Permainan Vokal dalam Lengger Banyumas di Jawa Tengah”, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Prasasti, Tri Indah. Pembelajaran Parikan (Pantun Jawa) dalam Kearifan Lokal Budaya Jawa sebagai Pembentuk Karakter Siswa. E-Journal Universitas Negeri Medan.

Suparmi, 2011. Gerong dan Sindhenan Gendhing – gendhing Laras Pelog Pathet

Nem. Bantul : SMKN 1 Kasihan.

Rahayu, Sukesi.2018. Estetika Wangsalan dalam Lagu Sindhenan Karawitan Jawa. GELAR Jurnal Seni Budaya, Vol.16 No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v5i2.6920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387