Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Pada Guru Seni Budaya MTs Se-Kota Malang
Abstract
Abstract : Learning media that are encouraged and facilitated by schools include the procurement of tape recorders, LCD projectors, and computers. In general, the supply of this equipment has been around for the last ten years. In the era of the industrial revolution, 4.0 all aspects of life, including education, should be encouraged to use information technology. Various types of information are spread on social media or prepared by the teacher as a substitute for natural learning resources, namely the teacher in the process of teaching and learning activities and asked a question, how to optimize the availability and use of media based on information technology in the current learning of Cultural Arts? The purpose of this study is to reveal the use of instructional media based on information technology at the MTs level in Malang. This study uses observational research methods with quantitative descriptive research approaches. Data was obtained by filling out a questionnaire that was distributed online through social media in the form of Whatsapp MGMP Arts and Culture MTs group. The results of this study found that not all schools provide information technology-based learning media to support the learning of Art and Culture.
Keywords : Learning media, learning resources, art learning, and technology
Abstrak : Media belajar yang didorong dan difasilitasi oleh sekolah meliputi pengadaan tape recorder, LCD proyektor, dan komputer. Pada umumnya pengadaan peralatan ini telah ada kurang lebih 10 tahun terakhir. Di era revolusi industri 4.0 harusnya semua aspek kehidupan termasuk pendidikan didorong untuk menggunakan teknologi informasi. Berbagai jenis informasi yang tersebar di sosial media atau disiapkan oleh guru sebagai pengganti sumber belajar alami yaitu guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Diajukan sebuah pertanyaan, bagaimana optimalisasi pengadaaan dan penggunaan media yang berbasis teknologi informasi pada pembelajaran Seni Budaya saat ini? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap penggunaan media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi di tingkat MTs se Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasional dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Data diperoleh melalui pengisian angket yang disebar secara online melalui media sosial berupa Whatsapp grup MGMP Seni Budaya MTs. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa tidak semua sekolah menyediakan media pembelajaran seni yang berbasis teknologi informasi untuk mendukung pembelajaran Seni Budaya.
Kata Kunci : media pembelajaran, sumber belajar, seni budaya, teknologi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badriyah. (2015). Efektifitas Proses Pembelajaran Dengan Pemanfaatan. Jurnal Lentera Komunikasi, 1(1), 21–36.
Dasar, J. P. (2017). Efektifitas Media Animasi Dalam Pencapaian Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 1–7.
Fitriani, Y. (2015). Model Pembelajaran Seni Musik melalui Lesson Study: Studi Kasus di SDN Jawilan, Serang. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 15(2), 126–138. https://doi.org/10.24821/resital.v15i2.847
Gultom, J. J. (2012). Pemanfaatan Media Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–13.
Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.20
Hanafy, M. S. (2014). KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Hariyanto, A. B., & Jannah, U. R. (2020). REVOLUSI GURU DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21. Sigma, 5(2), 77–84. https://doi.org/10.36513/SIGMA.V5I2.771
Hariyanto, A. B., Jannah, U. R., Matematika, P., & Madura, U. (2011). Revolusi guru dalam pembelajaran abad 21. 77–84.
Herianto, A. (2014). hEFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMPN 21 MATARAM. 9(1), 14–24.
Kusumadewi, L. F., & Suharto, S. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Seni Musik Dengan Media Audio Visual Melalui Metode Bervariasi. Harmonia - Journal of Arts Research and Education, 10(2). https://doi.org/10.15294/harmonia.v10i2.63
Muhson1, A. (2010). Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Ekonomi – Universitas Negeri Yogyakarta 1. Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII(2), 1–10.
Nurdyansyah, N. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya, 1–22. http://eprints.umsida.ac.id/1625/1/Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan.pdf
PENGEMB MEDIA BARU IRIAJI. (n.d.).
Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367
Semarang, U. N., Sekaran, K., & Semarang, G. (2012). Problematika Pelaksanaan Pendidikan Seni Musik Di Sekolah Kejuruan Non Seni. Harmonia - Journal of Arts Research and Education, 12(1). https://doi.org/10.15294/harmonia.v12i1.2221
Sinaga, I. S., Chan, F., & Sofwan, M. (2020a). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS OLEH GURU SEKOLAH DASAR. 4(1), 271–279.
Sinaga, I. S., Chan, F., & Sofwan, M. (2020b). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Guru Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 271–279. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.344
Steffi Adam, S.Kom., M. M., & Muhammad Taufik Syastra, S.Kom., M. S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran. In CBIS Journal (Vol. 3, Issue 2). http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article
Sudikin. (2002). Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Insan Cendekia.
Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0, 6(2), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Widiasmoro, E. (2018). Mahir Penelitian Pendidikan Modern: Metode Praktis Penelitian Guru, Dosen, dan Mahasiswa Keguruan. ARASKA.
Yulia Sari, L. (2016). Uji Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Konstruktivisme Pada Materi Neurulasi Untuk Perkuliahan Perkembangan Hewan. Bioconcetta, 2(1), 158–164. https://doi.org/10.22202/bc.2016.v2i1.1806
Yohana, A. (2011). Studi Tentang Media Pembelajaran Yang Digunakan Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Rupa Di Smp Negeri 1 Probolinggo. 11(2), 10–14. https://doi.org/10.16194/j.cnki.31-1059/g4.2011.07.016
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v5i1.7640
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My StatsThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387