FAKTOR KEGAGALAN REPRESENTASI GAMBAR POSTER SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) NEGERI II MALANG
Abstract
Artikel ini mengkaji faktor yang membuat kegagalan representasi visual gambar poster siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Malang Jawa Timur. Poster yang dimaksud adalah gambar yang pemilihan objek dan pesan tertulis. Kajian ini bertujuan mendiskripsikan faktor penyebab gagal merepresentasikan visual gambar poster. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan subjek poster siswa Mts. Karya dilukis oleh 125 siswa pada kelas paralel. Analisis menggunakan seleksi berkriteria atas kemampuan analisis estetik guru pengampu. Analisis pada tingkat pertama adalah memilih objek visual yang sesuai dengan dengan pesan. Kedua menganalisis aspek teknik trampil memvisualisasikan bentuk dan pewarnaan, ketiga memilahkan kesuaian serasi antara visual dengan pesan tulisan. Hasil penelitian ini menunjukan (1) karya siswa mengalami kegagalan pada aspek representasi objek secara teknis, baik bentuk atau warna, (2) mengalami kegagalan karena faktor ketepatan merepresentasikan gagasan dalam poster, dan, (3) Mengalami kegagalan karena faktor representasi pesan dalam bentuk tulisan, baik pemilihan font atau penempatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. dan Sholeh M. 2005. PSIKOLOGI PERKEMBANGAN. PT. Rineka
Cipta: Jakarta.
Alvin, Brian Hananto. 2019. TINJAUAN KARYA DESAIN POSTER QUOTES DALAM
MATA KULIAH TIPOGRAFI DASAR. Jurnal Desain. Vol.6, No.3, Mei
, pp. 195-206.
Chabeli, MM. 2002. A POSTER PRESENTATION AS AN EVALUATION METHOD
TO FACILITA TE REFLECTIVE THINKING SKILLS IN NURSING
EDUCATION. Jurnal Curationis. Vol.25. No 3, 2002.
Darmalaksana, Wahyudin. 2017. LOMBA POSTER ILMIAH PADA EXPO HASIL
PENELITIAN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG. Jurnal
Informasi Riset dan Inovasi Edisi November-Desember. 2017.
Dewi, Lestika. 2013. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH
SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 RANTAU UTARA TAHUN
PEMBELAJARAN 2012/2013. Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra
Indonesia. Vol.2. No 2, 2013.
Faris, Muhammad Maharizky. 2019. PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR
POSTER DENGAN MEDIA KAYU PADA SISWA KELAS VIII DI SEMP
NEGERI 14 SURABAYA. Jurnal Seni Rupa. Vol.7. no.03, 2019.
Gefen, David; Arinze, Bay; Arinze, Bay. 2006. PSYCHOLOGICAL BARRIERS:
LURKER AND POSTER MOTIVATION AND BEHAVIOR IN
ONLINE COMMUNITIES. Jurnal Communications of the Association
for Information Systems. Vol.18. No. 16, 2006.
Hajar, Siti. 2008. HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN
KREATIVITAS SENI TARI DENGAN MINAT BELAJAR MATA KULIAH
KOREOGRAFI DI ISI SURAKARTA. TESIS. UNIVERSITAS
SEBELAS MARET SURAKARTA.
Hoed, Benny H. 2011. SEMIOTIK & DINAMIKA SOSIAL BUDAYA. Komunitas
Bambu: Jakarta.
Jaya, Safitri. Anwar, Chaerul dan Hermawan, Hendi. 2017. SISTEM PEMILIHAN
PROGRAM STUDI BERDASARKAN BAKAT, MINAT DAN
KECERDASAN CALON MAHASISWA BERBASIS. Seminar Nasional
Sains dan Teknologi. Universitas Muhammadiyah Jakarta , 1-2
November 2017.
Kartini, Kartono. 1995. PSIKOLOGI ANAK; PSIKOLOGI PERKEMBANGAN.
Mandar Maju: Bandung.
Mulyani, Dessy. 2013. HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR SISWA DENGAN
PRESTASI BELAJAR. Jurnal Konselor. Vol 2, No 1 (2013).
Niska, Bakhiti. 2013. PENGGUNAAN MEDIA POSTER UNTUK PENINGKATAN
HASIL BELAJAR SISWAPADA PELAJARAN PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal PGSD. Vol. 01.
no. 02, 2013.
Nur, Nunuk Shokiyah. 2014. ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN MELUKIS
DENGAN KEBUTUHAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA. Acintya Jurnal
Penelitian Seni Budaya. Vol. 6, No. 2 (2014).
Priyono, Arif Susilo Ahmad. 2016. KREATIVITAS DESAIN POSTER DALAM
KOMPETISI DESAIN POSTER NASIONAL. Jurnal Humaniora. Vol.3
No.1 April 2012: 232-245.
Pujiyanto. 2018. KARAKTER ANAK BANGSA. Universitas Negeri Malang: Malang.
Putu, Ni Veni Antasari. 2019. ANALISIS POSTER HSIL KREATIVITAS SISWA KELAS
VII A SMP NEGERI 3 SINGARAJA DARI ASPEK BAHASA DAN ISI.
Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Vol.9. no.2, Agustus
Rusliwa, Gumilar Somantri. 2005. MEMAHAMI METODE KUALITATIF. MAKARA,
SOSIAL HUMANIORA, VOL. 9, NO. 2, DESEMBER 2005: 57-65
Sarwa, I Nengah. 2012. PERANAN BAKAT KINESTETIK DALAM
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA
FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN INSTITUT SENI INDONESIA
DENPASAR. Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya. Vol 8, No 14 (2012).
Setiawan, Deka. 2016. PENDEKATAN BELAJAR MELALUI KARYA POSTER DALAM
MENGENALKAN MATERI GLOBALISASI PADA MATA PELAJARAN
PKN UNTUK SISWA KELAS IV SD 1 NGEMBALREJO KABUPATEN
KUDUS. Jurnal Refleksi Edukatika. Vol. 6 No. 2 Juni 2016
Sheehan, Ryan Nababan. 2016. ESENSI DAN NILAI SENI POSTER PAGELARAN
WAYANG KULIT KARYA GESTISUTIS. GELAR, Jurnal Seni Budaya.
Vol. 16, No.1, Juli 2016.
Sudaryono. 2018. METODOLOGI PENELITIAN. Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Sulistyowati, Dewi Anggreini. 2013. Hubungan Antara Bakat Numerik Dengan
Prestasi Belajar Matematika. Thesis. Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
Surya, Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Pustaka Quraisy:
Bandung.
Wulandari, Rita. 2017. POSTER SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal
Media Pendidikan Karakter. 2017.
Wulandari, Sari. 2013. BEDAH KARYA POSTER DESAIN UNTUK DIFABEL
MENGGUNAKAN TEORI SEMIOTIKA. Jurnal Humaniora. Vol.4 No.1
April 2013: 556-566.
Yuniarti, Fitria. 2009. HUBUNGAN ANTARA BAKAT MUSIK DENGAN MINAT
SISWA KELAS X TERHADAP EKSTRAKURIKULER BAND DI SMA
NEGERI 2 PEKALONGAN. Under Graduates thesis: Universitas Negeri
Semarang.
Yeomans, Christopher L. 2013. TALENTS AND INTERESTS: A HEGELIAN MORAL
PSYCHOLOGY. Hegel Bulletin. Volume 34, Issue 01 May 2013
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v5i2.7653
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My StatsThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387