FAKTOR KEGAGALAN REPRESENTASI GAMBAR POSTER SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) NEGERI II MALANG

Siti Kholifatul Umaami, Imam Tri Laksono, Yudha Prihantanto, Robby Hidajat

Abstract


Artikel ini mengkaji faktor yang membuat  kegagalan representasi visual gambar poster siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Malang Jawa Timur. Poster yang dimaksud adalah gambar yang pemilihan objek dan pesan tertulis. Kajian ini bertujuan mendiskripsikan faktor penyebab gagal merepresentasikan visual gambar poster. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan subjek poster siswa Mts. Karya dilukis oleh  125 siswa pada kelas paralel. Analisis menggunakan seleksi berkriteria atas kemampuan analisis estetik guru pengampu. Analisis pada tingkat pertama adalah memilih objek visual yang sesuai dengan dengan pesan. Kedua menganalisis aspek teknik trampil memvisualisasikan bentuk dan pewarnaan, ketiga memilahkan kesuaian serasi antara visual dengan pesan tulisan. Hasil penelitian ini menunjukan (1) karya siswa mengalami kegagalan pada aspek representasi objek secara teknis, baik bentuk atau warna, (2) mengalami kegagalan karena faktor ketepatan merepresentasikan gagasan dalam poster, dan, (3) Mengalami kegagalan karena faktor representasi pesan dalam bentuk tulisan, baik pemilihan font atau penempatan.


Keywords


Keterampilan, Karya Poster, Objek Visual, Gambar Representatif

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. dan Sholeh M. 2005. PSIKOLOGI PERKEMBANGAN. PT. Rineka

Cipta: Jakarta.

Alvin, Brian Hananto. 2019. TINJAUAN KARYA DESAIN POSTER QUOTES DALAM

MATA KULIAH TIPOGRAFI DASAR. Jurnal Desain. Vol.6, No.3, Mei

, pp. 195-206.

Chabeli, MM. 2002. A POSTER PRESENTATION AS AN EVALUATION METHOD

TO FACILITA TE REFLECTIVE THINKING SKILLS IN NURSING

EDUCATION. Jurnal Curationis. Vol.25. No 3, 2002.

Darmalaksana, Wahyudin. 2017. LOMBA POSTER ILMIAH PADA EXPO HASIL

PENELITIAN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG. Jurnal

Informasi Riset dan Inovasi Edisi November-Desember. 2017.

Dewi, Lestika. 2013. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN

POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH

SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 RANTAU UTARA TAHUN

PEMBELAJARAN 2012/2013. Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra

Indonesia. Vol.2. No 2, 2013.

Faris, Muhammad Maharizky. 2019. PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR

POSTER DENGAN MEDIA KAYU PADA SISWA KELAS VIII DI SEMP

NEGERI 14 SURABAYA. Jurnal Seni Rupa. Vol.7. no.03, 2019.

Gefen, David; Arinze, Bay; Arinze, Bay. 2006. PSYCHOLOGICAL BARRIERS:

LURKER AND POSTER MOTIVATION AND BEHAVIOR IN

ONLINE COMMUNITIES. Jurnal Communications of the Association

for Information Systems. Vol.18. No. 16, 2006.

Hajar, Siti. 2008. HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN

KREATIVITAS SENI TARI DENGAN MINAT BELAJAR MATA KULIAH

KOREOGRAFI DI ISI SURAKARTA. TESIS. UNIVERSITAS

SEBELAS MARET SURAKARTA.

Hoed, Benny H. 2011. SEMIOTIK & DINAMIKA SOSIAL BUDAYA. Komunitas

Bambu: Jakarta.

Jaya, Safitri. Anwar, Chaerul dan Hermawan, Hendi. 2017. SISTEM PEMILIHAN

PROGRAM STUDI BERDASARKAN BAKAT, MINAT DAN

KECERDASAN CALON MAHASISWA BERBASIS. Seminar Nasional

Sains dan Teknologi. Universitas Muhammadiyah Jakarta , 1-2

November 2017.

Kartini, Kartono. 1995. PSIKOLOGI ANAK; PSIKOLOGI PERKEMBANGAN.

Mandar Maju: Bandung.

Mulyani, Dessy. 2013. HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR SISWA DENGAN

PRESTASI BELAJAR. Jurnal Konselor. Vol 2, No 1 (2013).

Niska, Bakhiti. 2013. PENGGUNAAN MEDIA POSTER UNTUK PENINGKATAN

HASIL BELAJAR SISWAPADA PELAJARAN PENDIDIKAN

KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal PGSD. Vol. 01.

no. 02, 2013.

Nur, Nunuk Shokiyah. 2014. ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN MELUKIS

DENGAN KEBUTUHAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA. Acintya Jurnal

Penelitian Seni Budaya. Vol. 6, No. 2 (2014).

Priyono, Arif Susilo Ahmad. 2016. KREATIVITAS DESAIN POSTER DALAM

KOMPETISI DESAIN POSTER NASIONAL. Jurnal Humaniora. Vol.3

No.1 April 2012: 232-245.

Pujiyanto. 2018. KARAKTER ANAK BANGSA. Universitas Negeri Malang: Malang.

Putu, Ni Veni Antasari. 2019. ANALISIS POSTER HSIL KREATIVITAS SISWA KELAS

VII A SMP NEGERI 3 SINGARAJA DARI ASPEK BAHASA DAN ISI.

Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Vol.9. no.2, Agustus

Rusliwa, Gumilar Somantri. 2005. MEMAHAMI METODE KUALITATIF. MAKARA,

SOSIAL HUMANIORA, VOL. 9, NO. 2, DESEMBER 2005: 57-65

Sarwa, I Nengah. 2012. PERANAN BAKAT KINESTETIK DALAM

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN INSTITUT SENI INDONESIA

DENPASAR. Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya. Vol 8, No 14 (2012).

Setiawan, Deka. 2016. PENDEKATAN BELAJAR MELALUI KARYA POSTER DALAM

MENGENALKAN MATERI GLOBALISASI PADA MATA PELAJARAN

PKN UNTUK SISWA KELAS IV SD 1 NGEMBALREJO KABUPATEN

KUDUS. Jurnal Refleksi Edukatika. Vol. 6 No. 2 Juni 2016

Sheehan, Ryan Nababan. 2016. ESENSI DAN NILAI SENI POSTER PAGELARAN

WAYANG KULIT KARYA GESTISUTIS. GELAR, Jurnal Seni Budaya.

Vol. 16, No.1, Juli 2016.

Sudaryono. 2018. METODOLOGI PENELITIAN. Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Sulistyowati, Dewi Anggreini. 2013. Hubungan Antara Bakat Numerik Dengan

Prestasi Belajar Matematika. Thesis. Universitas Muhammadiyah

Surakarta.

Surya, Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Pustaka Quraisy:

Bandung.

Wulandari, Rita. 2017. POSTER SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal

Media Pendidikan Karakter. 2017.

Wulandari, Sari. 2013. BEDAH KARYA POSTER DESAIN UNTUK DIFABEL

MENGGUNAKAN TEORI SEMIOTIKA. Jurnal Humaniora. Vol.4 No.1

April 2013: 556-566.

Yuniarti, Fitria. 2009. HUBUNGAN ANTARA BAKAT MUSIK DENGAN MINAT

SISWA KELAS X TERHADAP EKSTRAKURIKULER BAND DI SMA

NEGERI 2 PEKALONGAN. Under Graduates thesis: Universitas Negeri

Semarang.

Yeomans, Christopher L. 2013. TALENTS AND INTERESTS: A HEGELIAN MORAL

PSYCHOLOGY. Hegel Bulletin. Volume 34, Issue 01 May 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v5i2.7653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387