Pengembangan Modul Makrame Mata Kuliah Kriya Anyam S1 Jurusan Seni Rupa

Siti Mutmainah, Asidigisianti Surya Patria, Imam Zaini

Abstract


Abstract : The Basic Craft Course already has student textbook  that is relevant to the sylabus as a result of the Fine Arts Research Department. Because of the broadness of the material in the textbooks, students become less profound in Macramé material, it needs to develop a module to provide students with depth of insight into the Macrame. The objectives of this study are: 1) Describe the module development process. 2) Describe the quality of the Macrame Module. This is a development research using 4D models. To determine the validity of the module, it is used questionnaire in terms of Indonesian and Graphic. Data analysis technique is done descriptively. This research resulted in Madul Makrame which was validated by Indonesian language experts with a score of 66% while graphic experts 91%, so that the average score was 84%. Students gave a positive response with a score of 79.6%. This Macrame Module is accordance with the material needs and characteristics of Fine Arts Education students, while this Module is already feasible to be produced and used by Fine Arts Education students who program Kriya Anyam courses.

 

Keywords : Macrame, weaving, module, craft 

 

 

Abstrak : Mata Kuliah Kriya Anyam Dasar telah memiliki Buku Ajar Mahasiswa yang relevan dengan RPS hasil dari Penelitian Swadana Jurusan Seni Rupa. Dengan keluasan materi dalam buku ajar terebut, materi anyam yang diperoleh mahasiswa menjadi kurang mendalam sehingga perlu adanya modul untuk memberikan kedalaman wawasan kepada mahasiswa mengenai Makrame. Tujuan Penelitian ini adalah:  1) Mendeskripsikan proses pengembangan Modul. 2) Mendeskripsikan kualitas Modul Makrame. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D. Untuk mengetahui kevalidan modul menggunakan angket penilaian kelayakan modul ditiinjau dari Bahasa Indonesia dan Kegrafikan. Teknik penganalisaan data dilakukan secara deskriptif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan Madul Makrame ini yang telah tervalidasi oleh ahli Bahasa Indonesia dengan skor 66% sedangkan ahli kegrafikan 91% Sehingga dirata-rata skor 84%. Mahasiswa memberikan respon positif dengan skor 79,6%. Modul Makrame ini sesuai dengan kebutuhan materi dan karakteristik mahasiswa Pendidikan Seni Rupa sedangkan Modul ini sudah layak diproduksi dan digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Seni Rupa yang memprogram mata kuliah Kriya Anyam.

 

Kata Kunci: Kriya Anyam, Makrame, Modul


Keywords


Kriya Anyam, Makrame, Modul

Full Text:

PDF

References


Akbar, S., 2013. Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S., 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI.. Jakarta: Rineka Apta.

Mutmainah, S. & Ahmad, A. S. E., 2017. Pengembangan Buku Aajar Kriya Anyam untuk Mahasiswa S1 Jurusan Seni Rupa. Surabaya, Fakultas Bahasa dan Seni UNESA.

Mutmainah, S. & Subagio, A. A., 2018. Pengembangan Buku Suplemen Kriya Anyam Berbahan Alami Untuk Mahasiswa S1 Jurusan Seni Rupa. Surabaya, Fakultas Bahasa dan Seni UNESA, pp. 128-133.

Pustaka, B., 2019. KBBI Daring. [Online]

Available at: https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Putra, N., 2012. Research and Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Rahdiyanta, D., 2012. Teknik Penyusunan Modul, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta .

Setyosari, P., 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sobandi, B., 2006. Makrame: Kerajinan Dengan Teknik Simpul, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UNESA, 2016. Buku Pedoman Akademik Mahasiswa UNESA. Surabaya: UNESA.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v5i1.8106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387