RETRACTED ARTICLE: THE CORRELATION OF LEARNING INDEPENDENCE ATTITUDES AND STUDENT’S LEARNING ACHIEVEMENT ON PHYSICS LEARNING BASED-PORTFOLIO
Abstract
Abstract
This study aimed to determine correlation between learning independence attitudes and student’s learning achievement. Type of this research is a correlation study to detect the connection of learning independence attitude’s variance in relation to learning achievement variance. This study used an attitude scale to measure the student’s learning independence attitude and objective multiple-choice questions to measure the student’s learning achievement. The results showed that there is a positive correlation (unidirectional) and significant betweenthe learning independence attitude and learning achievement. This means that the better student’s learning independence attitude, it will be the better students learning achievement. The attitude of learning independence contributed to 40.96% of students learning achievement.
Keywords: Learning Independence Attitude, Learning Achievement.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, T. 2011. Aplikasi Model Pembelajaran Berbasis Portofolio (Portfolio Based Learning) Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa : Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Lembang.Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Aisah, S. N. 2001. Program Pelatihan untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan : Penelitian Pra-Eksperimen terhadap Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Sumedang Tahun Ajaran 2010/2011.Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Arikunto, S. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik).Rineka Cipta. Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Pengembangan Portofolio untuk Penilaian. Depdiknas. Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya.Depdiknas. Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2011. Latar Belakang Pendidikan Karakter. Depdiknas. Jakarta.
Hesti, W. 2011. Pembelajaran Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Khasanah, N . 2009. Pengaruh Sikap Belajar Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009.Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Listyani. 2010. Improving instruments of students’ self-regulated learning.Tersedia:http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Kana%20Hidayati,%20M.Pd./Pengembangan%20Instrumen.pdf. Accessed on 19th September 2011.
Munaf, S. 2001. Individual Textbook Evaluasi Pendidikan Fisika. JICA. Bandung
Panggabean, L P. 1996. Penelitian Pendidikan. IKIP Bandung. Bandung.
Panggabean, L. P. 1996. Individual Textbook Statistika Dasar. Jica. Bandung.
Panggabean, L. P . 1989. Kontribusi Relatif Sikap Siswa SMA pada Bimbingan Konseling Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia,Bandung.
Permendiknas. 2007. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Depdiknas. Jakarta.
Pujiati, I. N.2011. Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa : Studi terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rajapolah Kab.Tasikmalaya Tahun Ajaran 2010/2011.Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Purba, D. S. 2003. Aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa dengan pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran sains fisika SMP.JPP Unnes.
Ramdhani, N. 2008. Sikap dan Beberapa Definisi untuk Memahaminya.Tugas Mata Kuliah Independent Study. Program Doktor pada Fakultas Psikologi UGM. Yogyakarta
Ridwan, A. M. 2011. Implementasi Pembelajaran Berbasis Portofolio pada Mata Pelajaran PKN dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Analitis terhadap Siswa Kelas VII B Di SMP Negeri 2 Ujungjaya,Sumedang).Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Suardana, I. K. 2007. Penilaian portofolio dalam pembelajaran Fisika berbasis inkuiri terbimbing di SMP Negeri 2 Singaraja. JPP Undikhsa.
Tahar, I. 2006. Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh.Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 7(2): 91-101
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v3i1.1741
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (Journal of Research and Science Learning)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. All rights reserved.