PROFIL PENILAIAN OTENTIK PADA KONSEP BIOLOGI DI SMA NEGERIKOTA TANGERANG SELATAN

Ella Nurlela Sari, Eny Supriyati Rosyidatun, Nengsih Juanengsih

Abstract


The objective of this study was to describe the  useof authentic assessment by tenth grade Biology teachers  of state senior high school in Tangerang Selatan. This study was  carried out in the first half year of 2014/2015, started from October to December 2014. The survey method was used in this study. The technique of sampling was purposive sampling. The samples were: SMAN 3, SMAN 5, SMAN 9, and SMAN 11 Tangerang Selatan. We used non-test instrumentswhich consisted of authentic assessment checklist sheet, teaching observation sheet, and questionnaire. By using descriptive percentage formula,we analyze quantitative data, and then the results were categorized according to parameter. The results showed that the worthiness level of attitude, knowledge, and skill assessment document of those research subjects were counted “suitable” category. The results of questionnaire and teaching observation showed that the use of authentic assessment in Biology teachingof state senior high school in Tangerang Selatan has beenincluded in “good” category.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran sistematis mengenai penggunaan penilaian otentik oleh guru biologi kelas X SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Penelitian dilaksanakan pada Semester  GasalTahun Pelajaran 2014/2015, dimulai pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode survei.Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling.Sampel penelitan ini berjumlah empat sekolah yaitu SMAN 3, SMAN 5, SMAN 9, dan SMAN 11 Tangerang Selatan.Instrumen yang digunakan adalah instrumen non-tes yang terdiri dari lembar analisis dokumen penilaian otentik, observasi pembelajaran, dan kuesioner.Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan rumus deskriptif persentase, kemudian hasil analisisdibandingkan dengan parameter.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan dokumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan subjek penelitian termasuk kategori “layak”.Hasil angket dan observasi pembelajaran menunjukkan bahwa penggunaan penilaian otentik dalam pembelajaran biologi SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan termasuk dalam kategori “baik”


Keywords


Penilaian otentik; Sikap; Pengetahuan; Keterampilan

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v1i1.325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. All rights reserved.