PEMANFAATAN JEJARING FACEBOOK DALAM PEER ASSESSMENT ONLINE UNTUK MENILAI SIKAP ILMIAH SISWA

Peny Husna Handayani, Ana Ratna Wulan

Abstract


Abstract

 

The aim of this research is to describe facebook utilization in peer assessment online to assess pupil’s scientific attitude on laboratory report of environment pollution, to explain the benefit and the weakness, and also to get information about student’s and teacher’s response about peer assessment online by facebook. Collecting data are done by observation, questionnaire, interview, and documentation. The instruments which used were analysis form of implementation facebook utilization in peer assessment online, rubrict peer assessment to assess pupil’s scientific attitude, questionnaire, and manual teacher interview. The result show that many of pupil’s scientific attitude can be assessed by peer assessment online with utilization of facebook. The main weakness of facebook utilization in peer assessment online are technical problem such as unfluent internet network and a hacker. Benefits are free of time, low cost relatively, and comfortable in assess. The conclusion of this research is facebook can be used for peer assessment online to assess pupil’s scientific attitude.

 

Keyword: Facebook, Peer Assessment Online, Scientific Attitude, Laboratory Report.

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan jejaring facebook dalam peer assessment online untuk menilai sikap ilmiah siswa pada hasil kerja praktikum pencemaran lingkungan, mengungkap kelebihan dan kelemahannya, serta memperoleh informasi mengenai tanggapan siswa dan guru terhadap peer assessment online melalui facebook. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah format analisis pelaksanaan pemanfaatan jejaring facebook dalam peer assessment online, rubrik peer assessment untuk menilai sikap ilmiah, angket terbuka dan tertutup, serta pedoman wawancara guru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar sikap ilmiah siswa dapat ternilai atau terungkap melalui peer assessment online dengan memanfaatkan jejaring facebook. Kendala utama pemanfaatan facebook untuk peer assessment online adalah permasalahan teknis seperti jaringan internet yang kurang mendukung dan keberadaan  hacker. Kelebihannya adalah keleluasaan waktu, biaya yang rendah, kebebasan dan kenyamanan saat menilai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah jejaring facebook dapat digunakan dalam peer assessment online untuk menilai sikap ilmiah siswa.

 

Kata kunci: Facebook, Peer Assessment Online, Sikap Ilmiah, Hasil Kerja Praktikum.

 


Keywords


jejaring facebook, peer assessmnet online, sikap ilmiah, hasil kerja praktikum

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aryanti. A. 2005. Implementasi Peer Assessment dalam Menilai Kinerja Siswa pada Kegiatan Praktikum Materi Lingkungan. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Azwar, S. 2009. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2008. Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran. Jakarta. Depdiknas.

Emirianti, P. 2005. Pengaruh Sikap Ilmiah dan Konstruktif Mahasiswa pada Waktu Perkuliahan terhadap Prestasi Belajar Struktur Kayu Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil. Skripsi. UNS, Solo.

Ginanjar, I. 2008. Penerapan Peer Assessment Pada Pembelajaran Kooperatif Materi Alat Indera Untuk Mengungkap Kecakapan Berkomunikasi Siswa. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Iswari, S. 2008. Pembelajaran Biologi Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Lab Riil dan Lab Virtuil Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Gaya Belajar Siswa. Tesis UNS, Solo.

Perambahan, A. 2009. Facebook Data dan Fakta Sejarah.http://www.asal-usul.com/2009/03/facebook-data-dan-fakta-sejarah.html. Diakses tanggal 19 Maret 2010.

de Raadt, M., D. Lai., and R. Watson. 2008. An Evaluation of Individual Peer Assesment in an Introductory Programing Course. Makalah pada the Seventh Baltic Sea Conference on Computing Education Research (Koli Calling 2007), Conferences in Research and Practice in Information Technology, Vol. 88. http://crpit.com/confpapers/CRPITV88deRaadt.pdf Diakses tanggal 20 Maret 2010.

Rustaman, N.Y., dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.

Al-Smadi, M. and Gutl, C. 2008. “Past, Present, and Future of eAssesment: Towards a Flexible e-Assessment System”. Conference ICL.Villace. Austria. 24-26 September 2008, hal.1-9.

Soehartono, I. 2000. Metode Penelitian Sosial. Bandung. Rosda.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susianna, N. 2008. Program Pembelajaran Kimia Untuk Menumbuhkan Sikap Wirausaha Siswa SMA.http://puslitjaknov.org/data/file/2008/makalah_peserta/38_Dr.%20Nancy%20Susiana,%20MPd_%20Program%20Pembelajaran%20Kimia.pdf. Diakses tanggal 20 Febuari 2010.

Tsauri, A.S.2010. Fenomena Facebook di Dunia Pendidikan Kita.http://tsauri28.myhaley.com/blog/fenomena-facebook-di-dunia-pendidikan-kita/. Diakses tanggal 19 Maret 2010.

Yuwanisa, A.2010. Facebook Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Siswa.http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/02/08/46477/Facebook-Media-Pendukung-Pembelajaran-Siswa. Diakses tanggal 19 Maret 2010.

Zulharman.2007. Self dan Peer Assessment Sebagai Penilaian Formatif dan Sumatif.http://zulharman79.wordpress.com/2007/05/29/self-dan-peer-assessment-sebagai-penilaian-formatif-dan-sumatif/. Diakses tanggal 10 Maret 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v2i1.425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2021 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. All rights reserved.