PROFIL KECAKAPAN AKADEMIK SISWA MELALUI PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN

Sonia Baidar Aldilla, Pipit Marianingsih, Lukman Nulhakim

Abstract


Abstract

This research aimed to identify the profile of a student's academic skills through guided inquiry-based lab work on the concept of the respiratory system in the 11th grade students of SMAN 3 Serang. The methodologhy of this research is descriptive.  The population of this research is students of  11th grade IPA SMAN 3 Serang of the school year 2014/2015 and the sample of the research is 11th grade IPA 7th which obtained by simple random sampling technique. Data was obtained using test description. The results of this research showed that the average value of academic skills 11th grade IPA 7th of SMAN 3 Serang by 77, 7 (good categories), which consists of four aspects: aspects of identifying variables and describing relationship among them (76.5), aspects of formulating hypotheses (75.5), aspects of designing the research (78.4) and aspects of conducting research (80.4) were included in good categories.

Keywords: academic skills, guided inquiry-based lab work, respiratory system.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kecakapan akademik siswa melalui praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada konsep sistem pernapasan manusia di kelas XI SMA Negeri 3 Kota Serang. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 3 Kota Serang tahun ajaran 2014/2015 dan sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 7 yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kecakapan akademik siswa kelas XI IPA 7 SMA Negeri 3 Kota Serang sebesar 77, 7 (kategori baik), yang terdiri dari empat aspek yaitu aspek mengidentifikasi variabel dan menghubungkan antara satu dengan yang lainnya (76,5), aspek merumuskan hipotesis (75,5), aspek merancang penelitian (78,4) dan aspek  melaksanakan penelitian (80,4) yang termasuk ke dalam kategori baik.

Kata kunci: kecakapan akademik, praktikum berbasis inkuiri terbimbing, sistem pernapasan


Keywords


Kecakapan Akademik, Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing, Sistem Pernapasan

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Amilasari, A., A. Sutiadi. 2008. Peningkatan kecakapan akademik siswa SMA dalam pembelajaran fisika melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jurnal Pengajaran MIPA FPMIPA UPI. 12 (2): 1-8.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pengembangan model pendidikan kecakapan hidup. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Hanafiah, C. Suhana. 2009. Konsep strategi pembelajaran. PT. Refika Aditama. Bandung.

Hamalik, O. 2010. Proses belajar mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Iswari, M. 2007. Kecakapan hidup bagi anak berkebutuhan khusus. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Jumiyati, J. 2012. Kecakapan akademik siswa pada pembelajaran konsep pencemaran tanah dengan pendekatan inkuiri (studi pada siswa SMPN 2 Labuan kelas VII semester 2). Skripsi Pendidikan Biologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tidak diterbitkan.

Megawati, A. 2013. Penerapan prinsip pembelajaran andragogi pada program life skill di sanggar kegiatan belajar kabupaten pati. http://lib.unnes.ac.id/19281/1/1201409023.pdf. Diakses tanggal 7 Desember 2014.

Merdawati, C. 2013. Kecakapan akademik siswa pada praktikum fermentasi makanan melalui pembelajaran berbasis proyek. Skripsi Pendidikan Biologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tidak diterbitkan.

Rustaman, N. 2008. Strategi belajar mengajar biologi. Universitas Negeri Malang. Malang.

Saputra, A., S. Widoretno & S. Santosa. 2012. Peningkatan keterampilan merancang eksperimen siswa melalui penerapan strategi guided inquiry di smp negeri 5 surakarta kelas viii. http:// jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/ article/ view/1088/709, Diakses tanggal 25 Februari 2015.

Sagala, S. 2010. Konsep dan makna pembelajaran. Alfabeta. Bandung.

Samani, M., Hariyanto. 2011. Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sukardi. 2008. Metodologi penelitian pendidikan. Bumi Aksara. Yogyakarta.

Sanjaya, W. 2010. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Widoretno. 2011. Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Bumi Aksara. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v2i1.444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2021 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. All rights reserved.