PENINGKATAN KECAKAPAN KOMUNIKASI SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BILINGUAL PREVIEW REVIEW DENGAN SETTING JIGSAW PADA KONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN

Indah Juwita Sari, Dewi Murni, Sjaifuddin Sjaifuddin

Abstract


Abstract

 

This study aims to determine the increase students' communication skills using bilingual preview review with setting jigsaw learning in the class VII SMPN 1 Tangerang on the concept of environmental management. The method used in this research was quasi-experimental research with one group pretest posttestdesign. In this research, the sample was class VII I, there are 30 student participant by purposive sampling. The instruments used the observation paper and written communication ability test. The result of the research is t-test result get tcount= 11.41 and ttable at α = 0.05 is 1,69. tcount= 11,41 > ttable=1.69 which indicates that there is an increase students' communication skills using bilingual preview review with setting jigsaw learning in the class VII SMPN 1 Tangerang on the concept of environmental management.

 

Keywords: Bilingual Preview Review Learning, Setting Jigsaw, Students’ Communication Ability

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecakapan komunikasi siswa menggunakan pembelajaran bilingual preview review dengan setting jigsawkelas VII SMPN 1 Tangerangpada konsep pengelolaan lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Sampel penelitian adalah kelas VII I berjumlah 30 siswa yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan soal kecakapan komunikasi tulisan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil uji-t didapat thitung = 11,41 dan ttabel pada α = 0,05 adalah 1,69. thitung = 11,41 > ttabel = 1,69 yang menunjukan bahwa terdapat peningkatan kecakapan komunikasi siswa menggunakan pembelajaran bilingual preview review dengan setting jigsaw berpengaruh pada konsep pengelolaan lingkungan di SMPN 1 Tangerang.

 

Kata kunci :  Pembelajaran Bilingual Preview Review, Setting Jigsaw, Kecakapan Komunikasi Siswa


Keywords


Pembelajaran Bilingual Preview Review; Setting Jigsaw; Kecakapan Komunikasi Siswa

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Amri, S dan I.K. Ahmadi,.2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya terhadap Mekanisme dan Praktikum Kurikulum.PT. Prestasi Pustakarya. Jakarta.

Arnyana, I. B. P. 2008.Pengembangan Model Pembelajaran BilingualPreview-Review dipandu Strategi Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Sains di SMA.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA (2): 239-255.

Aryana, I. B. P, W. S. Warpala, dan M.H. Santosa. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual Preview Review dengan Setting Kooperatif GI pada Mata Pelajaran Biologi Siswa SMA BI. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (UNDIKSHA). 42 (3): 178-186.

Asniar. 2016. Profil Penalaran Ilmiah dan Kemampuan Berargumentasi Mahasiswa Sains dan Non-Sains. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 2(1): 30-41.

Baker, C. 2000. A Parents' and Teachers' Guide to Bilingualism (Second Edition).WBC Book Manufacturers.Canada.

Bramantyo, R dan A. T.,Prasetyo.2007. Interpersonal Skill. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan BPKP. Bogor.

Depdiknas.2007.Konsep Pengembangan Model Integrasi Kurikulum Pendidikan Kecakapan Hidup.Balitbang. Jakarta.

Depdiknas.2009. Panduan Penyelenggaraan Program Rintisan R-SMA BI.Depdiknas. Jakarta.

Djamarah, S.B., & A. Zain. 2005. Guru dan Peserta Didik Interaksi Edukatif . Rineka Cipta. Jakarta.

Effendy, O. U. 2006. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Rosdakarya. Bandung.

King, L. 2004. Seni Berbicara (Rahasia-rahasia Komunikasi yang Baik). PT Gramedia. Jakarta.

Lestari, E. I. 2009. Kajian Tentang Kecakapan Komunikasi Lisan Siswa Pada Konsep Sel Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.Skripsi.Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.Tidak diterbitkan.

Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Sunarto dan A. Hartono,. 2006. Perkembangan Peserta Didik. PT Asdi Mahasatya. Jakarta.

Tarigan, H G. 2008. Menyimak (Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa).Angkasa. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v2i2.741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (Journal of Research and Science Learning)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2021 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. All rights reserved.