PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Abdurrohim Abdurrohim, Tonih Feronika, Evi Sapinatul Bahriah

Abstract


Abstract

This research is aimed  to produce Student’s Activity Sheet (LKS)  based on guided inquiry on salt hydrolysis and to know the students’ response on developed Student’s Activity Sheet. The method used in this research is Descriptive Study through three phases: preparation, development, and evaluation. An analysis of Basic Competence (KD) with indicators that had been integrated with Guided Inquiry stage for being used as reference in developing Student’s Activity Sheet had been produced during the preparation stage.  The development stage had produced worksheets that had been validated by 3 lecturers and 3 chemistry teacher. On the evaluation stage, the worksheets that had been validated was tested on 41 students of XI MIA 2 of SMAN 1 Parung. Products were validated and were responded basen on properness of contents, design, language, and guided inqury. The results showed that the worksheets had ben developed based on four aspects: 84,39% on design aspect, 81,47% on properness of contents aspects, 81,22% on guided inquiry aspect and 79,39% on language aspect. Overall, the average percentage of the worksheets that had been developed was 81,62%.  That value included in the proper category with the very well criteria.

 

Keywords: LKS; Guided Inquiry; Salt Hydrolysis; Descriptive.

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam serta mengetahui respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif melalui tiga tahap yaitu tahap persiapan, pengembangan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan dihasilkan analisis kompetensi dasar (KD) dengan indikator pembelajaran yang telah diintegrasikan dengan tahapan inkuiri terbimbing untuk dijadikan acuan dalam mengembangkan LKS. Pada tahap pengembangan dihasilkan LKS yang telah divalidasi oleh 3 orang dosen dan 3 orang guru kimia. Pada tahap evaluasi, LKS yang telah divalidasi diuji cobakan kepada 41 orang siswa kelas XI MIA 2 SMAN 1 Parung. Produk divalidasi dan direspon berdasarkan aspek kelayakan isi, kegrafisan, bahasa, dan inkuiri terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan berdasarkan 4 aspek yaitu aspek kegrafisan memperoleh persentase sebesar 84,39%, aspek kelayakan isi memperoleh persentase sebesar 81,47%, aspek inkuiri terbimbing memperoleh persentase sebesar 81,22% dan aspek bahasa memperoleh persentase sebesar 79,39%. Secara keseluruhan, rata-rata persentase LKS yang dikembangkan sebesar 81,62% termasuk dalam kategori layak dengan kriteria sangat baik.

 

Kata kunci: LKS; Inkuiri Terbimbing; Hidrolisis Garam; Deskriptif.

 


Keywords


LKS; Guided Inquiry; Salt Hydrolysis; Descriptive.

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Andarwati, D., & Hernawati, K. 2013. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra untuk Membelajarkan Topik Trigonometri pada Siswa Kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 166-174.

Arafah, S. F., Priyono, B., & Ridlo, S. 2012. Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Animalia. Unnes Journal of Biology Education, 1(1), 75-81.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu: Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assriyanto, K. E., Sukardjo, J. S., & Saputro, S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kreativitas Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 2 SUKOHARJO Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3 (3), 89-97.

Direktorat Pembinaan SMA. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Jannah, D. F., & Dwiningsih, K. 2013. Kelayakan Buku Ajar Kimia Berorientasi Quantum Learning Pada Materi Pokok Kimia Unsur Untuk Siswa Kelas XII SMA. Unesa Journal of Chemistry Education, 2 (2), 173-180.

Kurnia, F., Zulherman., & Fathurohman, A. 2014. Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1 (1), 43-47.

Margono, S. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Pratiwi, D. M., Saputro, S., & Nugroho, A. 2015. Pengembangan LKS Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 4 (2), 32-37.

Riduwan & Sunarto. 2010. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rohaeti, E., Widjajanti, E., Padmaningrum, R. T. 2009. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia Untuk SMP. Inovasi Pendidikan, 10 (1), 1-11.

Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyanti, R. D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah yang disampaikan dalam Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan Judul “Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK/MAK” Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA UNY.

Widoyoko, S. E. P. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yaumi, M. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Zulfiani., Feronika, T., & Suartini, K. 2009. Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v2i2.895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (Journal of Research and Science Learning)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2021 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. All rights reserved.