PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI ABDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI DINAMIKA

Dea Annisa Utami, Taufik Ramlan Ramalis, Duden Saepuzaman

Abstract


Abstract

 

The aims of this study to determine the increase in critical thinking skills and mastery of the concept after the application of abductive inquiry learning model at high school students. This research is motivated by the lack of mastery of concepts and critical thinking skills of the preliminary study in the same school. This study used a pre-experimental research design and one-group pretest-posttest design involving 33 students of class X in one high school in Bandung. Aspects of critical thinking skills measured is the interpretation, analysis, evaluation, inference, and explanatory, while the measured aspects of mastery of concepts is remain, understanding and analalisis. The results of analysis of pretest-posttest scores showed that abductive inquiry learning model can improve critical thinking skills with an average value of 0.47 with a normalized gain medium category. If considered each aspect, all aspects of critical thinking skills with moderate category, explanatory aspects showed the greatest increase is 0.68. Abductive inquiry learning model can also improve the mastery of concepts with an average value of 0.62 normalized gain. All aspects of the concept of mastery increases the medium category, the aspect of the analysis showed the greatest increase in the amount of 0.65

 

Keywords : abductive inquiry learning model, critical thinking skills, and mastery of the concept

 

Abstrak

 

 

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep setelah penerapan model pembelajaran inkuiri abduktif pada siswa SMA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis dari hasil studi pendahuluan di sekolah yang sama. Penelitian ini menggunakan pre eksperimen dan desain penelitian one-group pretest-posttest design yang melibatkan 33 siswa kelas X di  salah satu SMA di kota Bandung. Aspek keterampilan berpikir kritis yang diukur adalah interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, dan eksplanasi, sedangkan aspek penguasaan konsep yang diukur adalah mengingat, pemahaman dan analalisis. Hasil analisis dari skor pretest-posttest didapatkan bahwa model pembelajaran inkuiri abduktif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan nilai rata-rata gain yang dinormalisasi 0,47 dengan kategori sedang. Jika ditinjau tiap aspek, semua aspek keterampilan berpikir kritis dengan kategori sedang, aspek eksplanasi menunjukan peningkatan paling besar yaitu 0,68. Model pembelajaran inkuiri abduktif juga dapat meningkatkan penguasaan konsep dengan nilai rata-rata gain yang dinormalisasi 0,62. Semua aspek penguasaan konsep meningkat dengan kategori sedang, aspek analisis menunjukan peningkatan yang paling besar yaitu sebesar 0,65.

 

 

Kata Kunci :  Model Pembelajaran Inkuiri Abduktif, Keterampilan Berpikir Krtis, Penguasaan Konsep

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Bumi Aksara. Jakarta.

Dahar, R. W. 1996. Teori-teori Belajar. Erlangga. Jakarta.

Facione, Peter A. 1990. “Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction”. California Academic Press.

Facione, Peter A. 2013. “Critical Thinking: What It Is and Why It Counts”. Insight Assessment.

Joyce, B., Marsha W, dan Emily C. 2009. Models of Teaching edisi kedelapan. Yogyakarta: Putaka Pelajar.

Karno To. 1996. Mengenal Analisis Tes (Pengantar ke Program Komputer ANATES). Bandung: FIP IKIP Bandung

Makmun, Abin Syamsudin. 2004. Psikologi Kependidikan. Bandung: Rosda.

Oh, Jun-Young. 2013. “Understanding Natural Science Based on Abductive Inference: Continental Drift”. Springer Science+Business Media Dordrecht 2013

Pemerintah Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri PendidikanNo. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta

Pemerintah Republik Indonesia. 2013. Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta

Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana Pradana

Silberman, M. 2009. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Gauderis, Tjrerk, Van de Putte, Frederik. 2012. Abduction of Generalizations. Theoria 75 : 345-363.

Hake, Richard R. 1999. “Analyzing Change/Gain Scores”. Dept. of Physics, Indiana University.

Hakiim, Azafilmi. 2012. “Konsep Dasar Berfikir Ilmiah dengan Penalaran deduktif, Induktif, dan Abduktif”.Jurnal Pendidikan Program Pasca Sarjana Magister Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Juhji.2016. Peningkatan keterampilan proses Sains Siswa Melalui pendekatan inkuiri terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. Vol. 2, No. 1, Juni 2016, Hal. 58-70.

Oh, Phil Seok. 2010. “How can Teachers Help Students Formulate Scientific Hypotheses? Some Strategies Found in Abductive Inquiry Activities of Earth Science”. International Journal of Science Education.

Schurz, G. 2008. “Patterns of Abduction”.Springer Synthese 164:201-234.

Maulana, 2011. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa. Skripsi Pendidikan Fisika UPI. Bandung.

Hafsah, Elly. .2013. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis.Skripsi. Bandung.

Hanadawanuri, 2011. Pengaruh Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Inquiry. Skripsi Pendidikan Fisika UPI. Bandung.

Mulyani, Desy. 2013. Penggunaan Strategi Predict-Observe-Explain untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP pada Materi Tekanan. Skripsi Pendidikan Fisika UPI. Bandung.

Nugraha, Muhammad Gina. 2011. Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Korelasinya dengan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Pokok Bahasan Fluida Statis. Tesis Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam UPI. Bandung.

Putri, Finoli Marta. 2013. Pengaruh Penerapan Kombinasi Metode Inkuiri dan Pengajaran Timbal Balik terhadap Capaian Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Dinamika Partikel. Tesis Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung.

Ridwan, Muhammad. 2010. Penerapan Teknik Pembelajaran Aktif pada Materi Hukum Gravitasi Newton untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Tesis Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam UPI. Bandung.

Saepuzaman, Duden. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Kombinasi Eksperimen Nyata-Virtual pada Materi Rangkaian Listrik Arus Searah untuk Meningktakan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Tesis Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam UPI. Bandung

Wijaya, Agus Fanny Chandra. 2009. Collaborative Ranking Task (CRT) Berbantuan e-Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Generik Sains IPBA Mahasiswa Calon Guru Fisika. Tesis Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam UPI. Bandung.

Sumber Rujukan dari Website

Kusdiyono. Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model dalam Pembelajaran. https://kusdiyono.wordpress.com/2011/12/05/pendekatan-strategi-metode-teknik-taktik-dan-model-dalam-pembelajaran/. Diakses tanggal 15 Maret 2014.

Ennis, R. H. 2000. At Outline Goals for a Critical Thinking Curriculum and its Assessment.. Tersedia: http://criticalthinking.net

Liew, C.W. 2004. The Effectiveness of Science and Identifyng Their Level of Archivement. [Online]. Tersedia: http://adt.curtin.edu.au/these/avaible/adt-WCU20050228.145638/unrestricted/01Front.pdf di akses Maret 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v2i2.943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (Journal of Research and Science Learning)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2021 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. All rights reserved.