PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016
Abstract
This study aims to determine the effect of the size of the company on corporate social responbility disclosure by profitability as a moderating variable. This research was conducted on manufacturing companies in the otomotif sub sector listed on Indonesia Stock Exchange (BEI) period 2012-2016. The population in this study amounted to 13 companies. The sample was chosen by purposive sampling technique, so that the total sample was 9 companies. Data testing method used is linier regression analysis and moderated regression analysis (MRA). The results of this research show that the size of the company has positive effect on corporate social responbility disclosure with a significance level of 0,001. The profitability has significant of moderating but able to weaken the relationship between size of the company to corporate social responbility disclosure with a significance level of 0,010.
Keyword : The size of company, profitability, corporate social responbility disclosure
Full Text:
PDFReferences
Abdul Raheman dan Mohamad Nasr. 2007. Working Capital Management and Profitability – Case of Pakistani Firms. International Review of Business Research Papers.
Adikara, Y.N. 2011.Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Dalam Laporan Tahunan Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.
Almar, Multafia. Rima Rachmawati. Asfia Murni. 2012. “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan”. Seminar Nasional Akuntansi dan Bisnis Universitas Widyatama, Bandung, 27 Maret; 514-526.
Amalia, D. 2013. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility di Bursa Efek Indonesia. Media Riset Akuntansi 3(1): 34-47.
Arief, Arfina. 2014. “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Manajemen Laba. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Djakman, Chaerul D. Dan N. Machmud. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (CSR Disclousure) pada Laporan Tahunan Perusahaan: Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.
Fahrizqi, Anggara. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia). Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.
Fariati dan Waseso Segoro. 2013. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2011”. Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.
Ghozali, Imam., Chariri, Anis. 2007. Teori Akuntansi Edisi 3. Semarang. Penerbit. Universitas Diponegoro.
Greuning. 2005. Standar Pelaporan Keuangan Internasional : Pedoman Praktis, (Penerjemah: Edward Tanujaya). Jakarta : Salemba Empat.
Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responbility. Salemba Empat. Jakarta
Hendra S. Raharja Putra. 2009. Manajemen Keuangan dan Akuntansi Untuk Eksekutif Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ihsan, Alifi Khoirul. 2014. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, dan Profitabilitas Terhadap Luas Pengungkapan Sosial dalam Laporan Tahunan Perusahaan. Skripsi Jember : Universitas Jember.
Indrawati, Novita. 2009. Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Annual Report serta Pengaruh Political Visibility dan Economic Performance. Jurnal Pekbis, 1(1), Maret 2009, hal: 1-11.
Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Satu, Cetakan Ketujuh. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Krisna, Aditya D, dan Novrys Suhardianto. 2016. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tanggung Jawab Sosial”. Surabaya: Jurnal Akuntansi dan Keuangan : Vol. 18, No. 2. 119-128.
Kusumadilaga, Rimba. 2010. “Pengaruh CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2006-2008”. Unpublished Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro. Diperoleh tanggal 20 Oktober 2014.
Maiyarni, Reka., Susfayetti dan Misni Erwati. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likkuiditas dan Leverage terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2012. ISSN: 1979-4851. Jurnal Cakrawala Akuntansi. Volume 6. Nomor 1. Halaman: 79-94.
Nugraha, S.A. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dalam Laporan Tahunan Perusahaan. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya.
Oktariani, N.W. dan N.P.S.H Mimba. 2014. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Dan Tanggung Jawab Lingkungan Pada Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. h: 402-418.
Okta Prastika P.P, 2014. Peran Profitabilitas Sebagai Moderating Variabel Dari Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro. Semarang
Putri, Rani Widyasari, Eko. 2013. Pengaruh Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility Sudi Empiris Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di BEI Tahun 2010-2012. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya.
Purnasiwi, Jayanti dan Sudarno. 2011. Analisis Pengaruh Size, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan CSR Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi S1 Universitas Diponegoro.
Purwanto, A. 2011. Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi dan Auditing 8(1): 12-29.
Rahayu, Sri. 2014. Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, danfinancial leverage terhadap income smoothing (studi kajian pada perusahaan yang terdaftar di indeks Kompas100 tahun 2010- 2012). Jurnal Universitas Telkom
Rofiqkoh, Esti dan Maswar Patuh Priyadi. 2016. “Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan”. Surabaya: Jurnal Imu dan Riset Akuntansi : Vol. 5, No 10, 119-128
Rudito, Bambang dan Melia Famiola.2013. CSR (Corporate Social Responsibility). Bandung. Rekayasa Sains.
Sari, M.P.Y. 2013. Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan dan Corporate Governance terhadap Pengungkapan Sustainability report. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.
Sari, R.A. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan terahadap Corporate Social Responsibility Disclousre pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal 1(1): 124-140.
Septiana, F. 2014. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya.
Suaryana, Agung, dan Febriana. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis Vol. 7 No.1 Januari 2012.
Sudana, I Made. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga
Sudarmadji, A.M dan L. Sularto. 2007. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan TanggungJawab Sosial Dalam Laporan Tahunan Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Prosiding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek dan Sipil). Auditorium Kampus Gunadarma: A53-A61.
Suta, A. Y. dan H. Laksito. 2012. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Informasi Sukarela Laporan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010), Jurnal Akuntansi Diponegoro. Volume 1, Nomor 1.
Untung, H.B. 2008. Corporate Social Responsibility. Cetakan Pertama. Sinar Grafika. Jakarta.
Utama, Sidharta, 2007. Evaluasi Insfrastruktur Pendukung Pelaporan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan di Indonesia.
Wahyutama, Ngabey Ryvandhi Ikko. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Media Exposure Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Fakultas Ekonomi UNEJ.
Wibowo, I. 2014. Dampak Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Kinerja Keuangan dan Kinerja Pasar Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XVII Mataram, Lombok.
www.finance.detik.com
www.globalreporting.org
DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jratirtayasa.v3i1.4995
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Akuntansi Tirtayasa disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.