The Effects of Emotional Intelligence, Self-Efficacy, and Online Learning on College Stress, with Motivation as an Intervening Variable (Study on Accounting Study Program Students at Muhammadiyah University of Sidoarjo)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alkadri, T., Dahen, L. D., & Verawati, R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri, Penguatan Positif, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening Di SMAN 1 Airpura Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Horizon Pendidikan, 1(2), 232–249.
Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395
Ardianti, F. F., & Rosy, B. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas 12 otkp 2 di SMKN 1 Surabaya. EcoSocio : Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi-Sosial, 5(2), 73–83. Retrieved from http://194.59.165.171/index.php/ECS/article/view/710
Asmoro, T. A. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Perilaku Belajar Terhadap Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawatimur) (UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR). UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR. Retrieved from http://eprints.upnjatim.ac.id/5671/1/file_1.pdf
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. Journal of Cognitive Psychotherapy, Vol. 13, pp. 158–166. New York: Freeman and Company. https://doi.org/10.1891/0889-8391.13.2.158
Burhanudin, B. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Stres. Efektif Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1). Retrieved from http://e-journal.janabadra.ac.id/index.php/jurnalefektif/article/download/427/317
Dussakur, Junaidi, & Hariri. (2022). Pengaruh Kode Etik Belajar, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi. E-Jra, 11.
Fitriah, M. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Retrieved January 22, 2022, from www.liputan6.com website: https://www.liputan6.com/citizen6/read/4248063/opini-transformasi-media-pembelajaran-pada-masa-pandemi-covid-19
Hermawan, S., & Amirullah. (2016). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. In Metode Penelitian Bisnis Bandung.
Hermawan, S., & Biduri, S. (2019). Akuntansi Keperilakuan. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
Indriyani, S., & Handayani, N. S. (2018). Stres Akademik Dan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Yang Bekerja Sambil Kuliah. Jurnal Psikologi, 11(2), 153–160. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2260
Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31–39. https://doi.org/10.30872/psikostudia
Lutfianawati, D., Dalfian, D., & Kahar, M. M. (2021). Hubungan Stres Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2018. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 1(2), 92–100. https://doi.org/10.33024/mahesa.v1i2.3763
Manizar, E. (2016). Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 198–213.
Maulida, R. I., & Darminto, E. (2022). Hubungan Antara Stres Akademik Covid-19 , Self - Efficacy dan Motivasi Belajar di Sekolah Menengah Atas. 6(2), 261–272. https://doi.org/10.26539/teraputik.621183
Nafiati, D. A. (2015). Lingkungan Belajar dan Kecerdasan Emosional Sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Stres Kuliah Mahasiswa. Cakrawala : Jurnal Penelitian Dan Wacana Pendidikan, 9(1), 8–12.
Ningtyas, D. W. (2012). Pengaruh Perilaku Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi (Studi Kasus:Mahasiswa Akuntansi Universitas Kristen Petra Surabaya). UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “ VETERAN” JAWA TIMUR.
Nizam. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Daring dalam Merdeka Belajar. Retrieved January 22, 2022, from dikti.kemdikbud.go.id website: https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/optimalisasi-pembelajaran-daring-dalam-merdeka-belajar/
Nurlaeliah, R., Prasetyo, T., & Firmansyah, W. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Caringin. Edukasi, 13(01), 37–54.
Puspitasari, Y., Lasan, B. B., & Setiyowati, A. J. (2021). Hubungan Dukungan Sosial dan Efikasi Diri terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 838–846. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p838-846
Rahmawati, R. A. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Psikologi UIN Malang. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.
Rofiah, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Stres Akademik Siswa Di SMA Negeri 1 Kepanjen. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36835/jcbkp.v4i1.970
Sari, Y. I., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Pengaruh E-Learning dan Kesiapan Belajar Terhadap Minat Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Mahasiswa Program Beasiswa FLATS di Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 346. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3736
Seto, S. B., Wondo, M. T. S., & Mei, M. F. (2020). Hubungan Motivasi Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Dalam Menulis Tugas Akhir (Skripsi). Jurnal Basicedu, 4(3), 733–739. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.431
Subagiyo, E. P. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa SMA. Universitas Muhammadiyah Malang.
Sulistyowati, M. (2016). Hubungan Self Efficacy Dengan Stres Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG; Vol. 152). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. Retrieved from file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.
Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi Self-Efficacy Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 Periode April-Mei 2020. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.26539/teraputik.41294
Wijanarko, T. N., & Fachrudin, K. A. (2018). Kajian Empiris Atas Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri Terhadap Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi Pada Universitas Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal REKSA: Rekayasa Keuangan, Syariah Dan Audit, 3(1), 88. https://doi.org/10.12928/j.reksa.v3i1.29
Yulyani, R. D. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. 6(1).
Zakiah, F. (2013). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi. Universitas Jember.
DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jrat.v16i2.19300
Refbacks
- There are currently no refbacks.
pISSN 1979-682X eISSN 2528-7443
Jurnal Riset Akuntasi Terpadu (JRAT) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License