MAKNA DISTURBING VIDEO MELALUI TAYANGAN YOUTUBE BERBASIS ANIMASI PADA ANAK USIA DINI

Tasha Pramilenia Risnaldi

Abstract


Seiring berkembangnya teknologi, penggunaan sosial media sering disalahgunakan oleh individu atau kelompok. Seringkali para creator video Youtube membuat tayangan yang tidak sesuai, seperti video yang berbasis animasi yang menampilkan kekerasan. Disturbing video adalah sebuah video yang apabila diamati dapat mengakibatkan para penonton video tersebut merasa terganggu atau merasa gelisah. Salah satu tayangan tersebut adalah video “Spongebob Squarepants – Plankton Wins” yang diunggah dalam kanal Youtube Pamtri. Dalam video ini terdapat tindak kekerasan seperti pembunuhan dengan cara menusuk badan karakter dengan pisau sampai mati. Hal ini sangat tidak mengedukasi dan tidak baik bagi psikologis anak. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui Aspek Makna pengertian (sense), perasaan (feeling), nada (tone) dan tujuan (intention) dalam tayangan “Spongebob Squarepants – Plankton Wins”. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teori Aspek Makna Pateda. Untuk mendapatkan hasil penelitian dilakukan wawancara kepada beberapa informan berupa perspektif dan pengalaman anak usia dini, orang tua, dan warga yang sudah menonton tayangan tesebut. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aspek makna dari video “Spongebob Squarepants – Plankton Wins” berdasarkan informan tidak pantas ditonton anak usia dini dan tidak unsur edukasi. 


Full Text:

PDF

References


Akram, W. (2017). A Study on Positive and Negative Effects of Social Media on Society. INTERNATIONAL JOURNAL OF COMPUTER SCIENCES AND ENGINEERING (IJCSE), 79–95, https://www.researchgate.net/publicat ion/323903323_A_Study_on_Positive_and_Negative_Effects_of _Social _Media_on_Society

Bungin, Burhan. (2006). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada

Moleong, Jexy J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.Media.

Mulyana, Deddy & Solatun. (2013). Metode Penelitian Komunikasi: Contoh- Contoh Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rezi, Maulana. (2018). Psikologi Komunikasi. Yogyakarta: Phoenix Publisher.

Rohim, Syaiful. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta: PT. Rineka

Cipta. Satori, D., & Komariah, A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit Alfabeta. Sobur, Alex. 2016. Psikologi Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Wildawati. (2019). Peran Orang Tua dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Handphone terhadap Perkembangan Kepribadian Anak di Desa Bontolohe Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repositori.uin- alauddin.ac.id/16449/1/WILDA-10100111.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v12i2.12345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats