MELACAK PELAYANAN PUBLIK BERBASIS MEDIA SOSIAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PROVINSI BANTEN

Bambang Arianto

Abstract


Artikel ini bertujuan mengelaborasi pelayanan publik berbasis media sosial pada masa pandemi Covid-19 di Provinsi Banten. Kebermanfaatan media sosial telah banyak memberikan kontribusi bagi setiap sendi kehidupan bermasyarakat, termasuk dalam pengelolaan organisasi publik dan bisnis. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 publik sangat membutuhkan informasi dan pelayanan dengan cepat, mudah, efektif dan efisien. Hal itu yang menyebabkan peran media sosial semakin menjadi salah satu saluran penunjang utama dalam peningkatan pelayanan publik bagi masyarakat di Provinsi Banten. Penelitian ini ikut memperkuat model inovasi pelayanan publik era digital sebagai bagian dari pemerintahan digital (e-government). Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kualitatif eksplanatoris dengan wawancara mendalam (in-depth interview). Artikel ini menemukan bahwa kompetensi tata kelola media sosial masih kurang bagi para aparatur pemerintahan di Banten. Selain itu artikel ini juga menyatakan bahwa media sosial telah berperan aktif sebagai salah satu saluran penunjang utama bagi upaya memperkuat pelayanan publik di Provinsi Banten.


Full Text:

PDF

References


Arianto, B. (2021). Media Sosial dan Whistleblowing. Jurnal Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 6(1), 61-80.

Bertot, J. C., Jaeger, P. T., & Grimes, J. M. (2012). Promoting transparency and accountability through ICTs, social media, and collaborative e‐government. Transforming Government: People, Process and Policy, 6(1), 78–91. https://doi.org/. https://doi.org/10.1108/17506161211214831

Criado, J. I., & Villodre, J. (2021). Delivering public services through social media in European local governments. An interpretative framework using semantic algorithms. Local government studies, 47(2), 253-275.

Dreyer, S., & Ziebarth, L. (2014). Participatory transparency in social media governance: combining two good practices. Journal of Information Policy, 4(1), 529–546. https://doi.org/https://doi.org/10.5325/jinfopoli.4.2014.529

Hamid, V. (2014). Angin Harapan Demokrasi Digital, Nostalgia Demokrasi Klasik, Transformasi Ruang Publik dan Politisasi Media Sosial. In Merancang Arah Baru Demokrasi Indonesia Pasca Reformasi (pp. 721–746). Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Hardianto, W. T., & Rohman, A. (2022). Pelayanan Publik Berbasis Daring Dalam Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan E-KTP (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi).

Jalonen, H., & Helo, T. (2020). Co-creation of public service innovation using open data and social media: rhetoric, reality, or something in between?. International Journal of Innovation in the Digital Economy (IJIDE), 11(3), 64-77.

Katharina, R. (2021). Pelayanan Publik & Pemerintahan Digital Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Katadata.co.id. (2020). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/25/penduduk-indonesia-gunakan-media-sosial-33-jam-per-hari

Kompas.com. (2020a). https://www.kompas.id/baca/metro/2020/03/19/pelayanan-satu-pintu-dki-tutup-di-316-titik-diganti-layanan-daring/

Kompas.com. (2020b). https://tekno.kompas.com/read/2020/06/01/12424927/mencermati-pemanfaatan-teknologi-digital-di-era-normal-baru?page=all

Kompas.com. (2021a). https://www.kompas.id/baca/riset/2021/09/20/keamanan-data-dan-pelayanan-publik-berbasis-digital

Kompas.com. (2021b) https://www.kompas.id/baca/polhuk/2021/11/17/mal-pelayanan-publik-harus-ada-di-seluruh-daerah

Kompas.com. (2021c). https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta

Kompas.com. (2022). https://www.kompas.id/baca/polhuk/2022/03/14/mal-pelayanan-publik-jadi-pintu-masuk-revitalisasi-reformasi-publik

Mulgan, G. and Albury, D. (2003). “Innovation in the Public Sector”. Working paper version 1.9, October. London: Strategy Unit UK Kabinet Office

Pangestu, W. R. (2016). Inovasi Pelayanan One Stop Service ( Studi Peningkatan Kualitas Pelayanan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya ). Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 4, 1–7.

Ramdani, D. F., & Sufianti, E. (2019). Netizen sebagai Basis Citizen Power dalam Mengawasi Mutu Pelayanan Publik. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 3(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (Edisi 28). Penerbit Alfabeta. Bandung.

Suminto, A., & Al Farizi, A. (2020). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Twitter oleh Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil. Journal of Islamic Comunication, 2(2), 191–206. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21111/sjic.v2i2.nomor.4394

Sukarno, M., Winarsih, A. S., Wijaya, H. H., & Cahyani, P. S. (2021). Analisis Pelayanan Publik Berbasis Media Sosial: Studi Kasus Provinsi Jawa Tengah. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 3(1), 12-22.

Suparto, D., & Habibullah, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Sosial Media Twitter dalam Penyebaran Informasi dalam Pelayanan Publik. Indonesian Governance Journal: Kajian Politik Pemerintahan, 4(2), 161-172.

Utami, RA. (2020). Peningkatan KualitasPelayanan Publik Melalui Optimalisasi Media Sosial. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--peningkatan-kualitas-pelayanan-publik-melalui-optimalisasi-media-sosial

Wibowo, A. A., & Pratomo, S. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Dalam Mendukung Reformasi Birokasi di Era Masyarakat Informasi. Jurnal Media Administrasi, 3(1), 42-49.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v13i1.15788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats