MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL CLUBHOUSE DI KALANGAN ANGGOTA KLUB PHOTOGRAPHER INDONESIA

Muhammad Jaiz, Dhian Arofah, Darwis Sagita, Nurprapti Wahyu W.

Abstract


Teori New Media menyebutkan bahwa media selalu berkembang, selalu ada media baru untuk menunjang kehidupan manusia. Clubhouse merupakan aplikasi jejaring sosial yang diluncurkan pada tahun 2020. Media sosial berbasis audio live streaming ini mengalami peningkatan jumlah pengguna yang cukup drastis, hingga menempati posisi ke enam sebagai aplikasi media sosial terpopuler di App Store pada tahun 2020. Salah satu Klub yang dibuat oleh pegguna Indonesia di aplikasi Clubhouse adalah klub Photographer Indonesia.
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui motif penggunaan media sosial Clubhouse di kalangan anggota klub Photographer Indonesia berdasarkan 4 kategori motif menurut McQuail, yaitu 1) Motif Informasi; 2) Motif Identitas Pribadi; 3) Motif Integrasi dan Interaksi Sosial; 4) Motif Hiburan. Penulisan dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara pada lima orang anggota Photographer Indonesia. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa motif anggota Photographer Indonesia menggunakan Clubhouse yang paling dominan adalah Motif Informasi karena informasi adalah hal yang penting bagi manusia.
Kata kunci : Clubhouse, Motif Penggunaan Media, Media Sosial


Full Text:

PDF

References


Aripin, Z. (2021). E-Business : Strategi, Model dan Penerapannya (1st ed.). DEEPUBLISH.

Arung Triantoro, D. (2019). Konflik Sosial dalam Komunitas Virtual di Kalangan Remaja. Jurnal Komunikasi, 13(2), 135–150. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art2

Ayunatasya, I., & Rahmanto, A. N. (2021). MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KOMPAS.COM SEBAGAI PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI COVID-19 DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat. (2022, February 20). Kasus Konfirmasi COVID-19 Menurun Signifikan, Pemerintah Terus Mengimbau Disiplin Prokes dan Vaksinasi. Https://Sehatnegeriku.Kemkes.Go.Id/.

Herlambang, Y. (2014). Participatory Culture dalam Komunitas Online sebagai Representasi Kebutuhan Manusia. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi.

Herlina, N., & Lubis, E. E. (2017). Efektivitas Komunikasi Akun Instagram @sumbar_rancak Sebagai Media Informasi Online Pariwisata Sumatera Barat. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4.

Humaizi. (2018). Uses and Gratifications Theory (Vol. 128). USU Press.

Ikmal, N. M., & Noor, M. (2022). Kebijakan Pemerintah Indonesia Dalam Penanganan Covid-19. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 19(2), 155–167. https://doi.org/10.36762/jurnaljateng.v19i2.910

Irwansyah. (2011). Corporate & Marketing Communication. Puskombis Mercu Buana.

Khuriaturrosidah, I. (2019). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Surabaya .

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi (1st ed.). Kencana.

Kusumastuti, Y. I. (2009). Komunikasi Bisnis (D. S. Sardin, Ed.; 1st ed.). Gramedia.

Liani, D. N., & Rina, N. (2020). Motif Penggunaan Media Sosial Twitter (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Pengikut Akun Twitter @EXOind). Cakrawala : Jurnal Humaniora, 20(1).

Mulyana, D. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Nabila Abigail de Bell, & Krisnadi, I. (n.d.). Efektivitas Promosi Melalui Instagram Pada Umkm Sektor Makanan Dan Minuman Di Kota Jakarta.

Naja, S. (2018). KRITIK SOSIAL DALAM STAND UP SHOW SPECIAL MESAKKE BANGSAKU (Analisis Isi Materi Komika Pandji Pragiwaksono dalam Stand Up Show Special Mesakke Bangsaku Final di Jakarta) [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Malang.

Nanda, C. N., & Destiwati, R. (2018). Pola Komunikasi Virtual Grup Percakapan Komunitas Hamur “HAMURinspiring” Di Media Sosial Line. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 34–50.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi . Remaja Rosdakarya.

Octavia, M. S. (2021). Fenomena Pengguna Aplikasi Clubhouse Di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2). https://doi.org/10.35448/jte.v12i2.4456

Rakhmat, J. (2015). Psikologi Komunikasi (T. Surjaman, Ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Saputra, D. I. S., Handani, S. W., & Rosdiana, F. (2017). Membangun Channel Live Streaming YouTube Sebagai Alternatif Media Promosi Perguruan Tinggi. STMIK Amikom Purwokerto, 116–120.

Setiabudi, H. (2018). Motif Subscriber menonton Channel Youtube (Studi Deskriptif Kualitatif Motif Subscriber menonton channel Youtube Presiden Joko Widodo).

Shabrina, G., & Fatchiya, U. A. (2018). Efektivitas Instagram “Earth Hour Bogor” sebagai Media Kampanye Lingkungan. Jurnal Komunikasi Pembangunan IPB, 16.

Soekanto, S. (2005). Sosiologi Suatu Pengantar. PT Raja Grafindo Persada.

Strielkowski, W. (2021). The Clubhouse phenomenon: do we need another social network? Preprints.

Stuart, & Sundeen. (1991). Buku Saku Keperawatan Jiwa (1st ed.). EGC.

Sudarso, A., Purba, B., Ardiana, D. P. Y., Manullang, S. O., Karim, A., Purba, P. B., Muliana, Siagian, V., Siregar, M. N. H., Jamaludin, Sudarmanto, E., Ashor, M., Nugraha, N. A., & Septarini, R. S. (2020).

Konsep E-Bisnis (J. Simarmata, Ed.; 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Sulaiman, M. R. (2022, March 9). Kebijakan Penanganan Pandemi Mulai Longgar, Apakah Indonesia Sudah Siap Memasuki Fase Endemi Covid-19? Suara.Com.

Team Clubhouse. (2021, April 5). Community Guidelines. Community.Clubhouse.Com.

Wijaya, C. V., & Paramita, S. (2019). Komunikasi Virtual dalam Game Online (Studi Kasus dalam Game Mobile Legends). Koneksi, 3(1). https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6222

Wandra, Cikusin, Y., & Hayat. (2021). WABAH CORONA VIRUS (COVID-19) (Studi Pada Desa Pandansari Lor Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1627.

World Health Organization. (n.d.). Coronavirus disease (COVID-19). Https://Www.Who.Int/.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v13i2.16448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats