KOMUNIKASI DALAM BUDAYA POPULER KEDAI KOPI
Abstract
Komunikasi adalah salah satu kegiatan manusia yang tak pernah berhenti. Setiap saat manusia sebagai mahluk sosial selalu berkomunikasi dengan yang lainnya baik itu secara verbal maupun non-verbal, secara tatap muka maupun melalui medium. Disadari maupun tidak, kedai kopi telah menjadi salah satu medium komunikasi antara individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana budaya kopi pada saat ini menjadi media baru dalam cara melakukan komunikasi. Bagaimana nilai-nilai dalam komunikasi tertuang dalam kedai kopi yang menjadi sebuah ‘tempat ketiga’ bagi individu dan interaksi komunikasi yang terjadi dalam kebudayaan kopi ini.
Full Text:
PDFReferences
Agus M. Hardjana. (2003). Komunikasi Intrapersonal & Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Ellis, Markman 2004 The Coffee House: A Cultural History. Orion Publishing Group Ltd.
Garner, Benjamin 2015 Interpersonal Coffee Drinking Communication Rituals. International Journal of Marketing and Business Communication. Volume 4 Issue 4. University of North Georgia, United States.
Oldenburg, R. 1999. The Great Good Place. New York: Marlowe & Company.
Said, Graiouid 2007: A Place on the Terrace: Café Culture and the Public Sphere in Morocco. The Journal of North African Studies, 12(4), pp.531-550.
Tucker,Catharine 2011 Coffee Culture: Local experiences, global connections. Routledge.
Waxman, L. 2006. The Coffee Shop: Social and Physical factors Influencing Place Attachment. Journal of Interior Design 31(3), pp.35-53.
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v13i2.16490
Refbacks
- There are currently no refbacks.